Yuk, Wisata Religi ke Masjid Keren di Bandung

bandungadvertiser.com – Apa sih yang ga unik di Kota Bandung ini ? Mungkin hampir semua fasilitas yang ada di Kota Bandung ini dibuat menarik, unik, dan beda dari yang lain. Dari tempat wisata, tempat belanja, tempat makan, sampat penginapan pun dibuat dengan unik. Bandung yang terkenal dengan kota kreatif ini juga menerapkannya di rumah ibadah, salah satunya adalah Masjid. Beberapa Masjid di Bandung ini punya desain yang keren dan bahkan jadi tujuan wisata religi. Penasaran ga sih, check this out !

Masjid Agung Trans Studio, megah dengan desain Timur Tengah

Masjid megah ini terletak di kompleks terpadu Trans Studio Bandung, atau persis di samping Trans Studio Mall dan Trans Luxury Hotel. Masjid dengan arsitektur khas Timur Tengah ini punya keunikan yaitu ukiran Asmaul Husna di bagian dindingnya dan juga detail masjid yang dibuat mirip dengan Masjid Al-Nabawi. Lantai marmer, pilar yang kokoh, dan jendela yang besar semakin mempercantik Masjid ini. Hampir setiap hari disini dipenuhi dengan berbagai kegiatan keagamaan dari berbagai Majelis Ta’lim di Bandung, salah satunya adalah Majelis Pemuda Hijrah yang kebanyakan pesertanya adalah para anak muda dan dengan bimbingan Ustad Hanan Attaki. Masjid Agung TSM

Lokasi : Kompleks Terpadu Transtudio,- Jalan Gatot Subroto No. 289 Bandung

Masjid Al-Irsyad, back to nature concept

Masjid Al-Irsyad

Pasti udah sering dengar kan nama Masjid ini ?! Walaupun masjid ini adanya di tetangga Bandung, yaitu Cimahi, tapi masjid ini jadi salah satu kebanggan warga Bandung. Yap, Masjid yang di desain oleh Bapak Walikota Bandung, Bapak Ridwan Kamil, ini jadi salah satu masjid dengan arsitektur unik. Masjid Al-Irsyad memiliki arsitektur bentuk kubus dengan gaya minimalis sederhana yang kebanyakan menggunakan ornamen batu dan dilengkapi 99 lampu yang didalamnya terdapat nama-nama Allah atau Asmaul Husna. Persis di bagian depan atau di tempat mimbar dan Imam, dibuat terbuka sehingga terlihat pemandangan gunung dan bukit. Dipercantik lagi dengan hiasan yang berbentuk bulat dengan nama Allah ditengahnya. MasyaAllah, cantik banget!

Lokasi :  Jl. Raya Cibabat No.310 , Kota Baru Parahyangan

baca juga Tempat Foto Ala Instagram di Jakarta

Masjid Agung / Masjid Raya Bandung, Icon Kota Bandung

Masjid Raya Bandung

Masjid Agung atau Masjid Raya Bandung jadi salah satu icon Kota Bandung. Masjid ini terletak di pusat kota yaitu di area Alun-Alun Bandung dan persis di depan Pendopo Walikota Bandung. Sebelumnya lingkungan Masjid Agung ini ramai dengan pedagang kaki lima dan terkesan “berantakan” karena belum dikelola dengan baik. Tapi sejak tahun 2014 , area halaman Masjid Agung disulap jadi tempat yang sangat nyaman dan jadi salah satu tempat favorite di Kota Bandung. Hamparan rumput sintetis hijau yang luas banget macam lapangan bola dan taman yang cantik melengkapi kenyamanan Masjid Agung. Menjelang sore disini akan ramai banget dengan anak-anak yang bermain atau sekelompok warga yang santai menunggu waktu Maghrib. Masuk ke area ini kamu mesti lepas alas kaki ya.. dan harus tetap jaga kebersihan.

Lokasi : Jl. Asia Afrika, Bandung

Masjid Raya Al-Ukhuwah, dulunya disebut “masjid ajaib”

Masjid Al-Ukhuwah

Masjid Raya Al-Ukhuwah terletak di Jalan Wastu Kencana berdekatan dengan Balai Kota Bandung. Masjid yang berada di sudut jalan ini adalah salah satu masjid dengan bangunan yang unik dan punya cerita tersendiri. Jadi, sebelum didirikan sebuah masjid tempat ini hanya berupa kawasan biasa yang sering digunakan untuk berkumpul suatu komunitas masyarakat. Setelah sekian lama, tiba-tiba saja tempat ini sudah berubah menjadi bangunan masjid yang megah tanpa diketahui mayarakat sekitar kapan dan bagaimana masjid ini dibangun. Karena keberadaannya yang tidba-tiba itulah awalnya masjid ini punya julukan “masjid ajaib” dan “rumah setan”. Hehe.. ada-ada aja ya. Tapi sekarang masjid ini sangat ramai dikunjungi dan bahkan sering dijadikan tempat untuk acara Tabligh Akbar Nasional.

Lokasi : Jl. Wastukencana no 27, Bandung

Masjid Junudurrahman, “Masjid Gaul” Bandung

Masjid Junudurrahman

Masjid Junudurrahman terletak di kawasan kompleks militer, yaitu Kodiklat TNI AD di Jalan Aceh. Lokasinya yang strategis dengan dengan pusat kota dan salah satu jalur ramai membuat masjid ini jadi pilihat favorite untuk melaksanakan ibadah. Dari sisi bangunan, masjid ini sebetulnya nampak seperti masjid pada umumnya. Ga ada desain yang mewah apalagi pilar-pilar besar dan area masjid pun ga begitu luas. Tapi ada satu hal yang menarik, yaitu masjid ini lebih sering dipenuhi oleh para anak muda yang cantik dan ganteng dan seringkali diadakan Majelis Ta’lim dari kalangan anak muda. Jadilah masyarakat Bandung menyebutnya dengan nama “masjid ganteng” atau “masjid gaul”. Selain itu di masjid ini disediakan minuman gratis. Ada beberapa dispenser yang dilengkapi juga dengan gelas plastik dan sendok plastik. Kamu bisa pilih mau seduh teh atau kopi yang sudah tersedia di sisi dispenser. Semakin betah deh berlama-lama di Masjid Junudurrahman ini.

Lokasi : Kompeks TNI AD – Jl. Aceh, Bandung

baca juga Pecenongan, Kawasan Kuliner yang Tak Pernah Sepi