Wisata Seru di Bird & Bromelia Pavilion Bandung

bandungadvertiser.com – Kota Bandung ga pernah ada habisnya deh buat urusan tempat wisata dan kuliner. Buat kamu yang hobi liburan ke Bandung, kita main ke taman burung yuk! Emang ada ? Ada doong. Sekarang nih Bandung punya tempat wisata taman burung yang wajib dikunjun  gi dan pastinya bikin liburan kamu bareng keluarga lebih seru , namanya Bird & Bromelia Pavilion.

Bird Bromelia Pav 4

Bird & Bromelia Pavilion ini adanya memang agak jauh dari pusat kota, lokasinya di kawasan elite Dago Giri yaitu di dalam Pramestha Resort Town yang juga termasuk kawasan resort terpadu di Bandung Utara yang sudah bertaraf international. Di kawasan ini lengkap banget, ada hunian resort premium, wisata alam dan wellness resort, dan ada juga wisata pertanian dan perkebunan. Hampir 80 persen wilayahnya adalah ruang hijau terbuka dengan gaya Eco-Tropical, jadi cocok banget kan tempat ini jadi semacam “healing trip” untuk menyegarkan diri dari rutinitas di kota. Nah, Bird & Bromelia Pavilion ini adalah salah satu fasilitas yang ada di area kawasan terbuka hijau tersebut.

Avari

Taman burung ini konsep utamanya adalah edukasi dan interaksi. Ini adalah prototype dari Bird Park yang ada di Bali, tapi karena belum seluas Bird Park jadilah dibuat skala kecilnya yaitu Bird Pavillion. Ada semacam avari besar atau bangunan besar tempat memelihara berbagai jenis burung yang dibiarkan lepas dari sangkarnya dan hanya dibatasi jaring. Disinilah kamu bisa berinteraksi langsung dengan para burung dan bisa juga langsung kasih makan burung nih. Eh, ternyata ada juga loh burung yang langka seperti Caique Parrot, Double Yellow Amazone dan burung Macaw Scarlet.

Bird Bromelia Pav 5

Memasuku area Bird & Bromelia Pavilion ini akan disambut dengan jalanan yang berpagar tanaman di sisi kanan kiri jalan. Sebelum masuk kamu beli tiket seharga Rp.35.000,- (weekday) / Rp.50.000,- (weekend) lalu akan dikasih tiket berupa gelang sebagai tanda masuknya. Tiket ini nantinya bisa kamu tukarkan dengan sebotol air mineral saat keluar area.

baca juga Artotel. Hotel dengan Desain Kamar Unik di Jakarta

Bird Bromelia Pav 2

Lalu kamu bisa memasuki area avari dimana terdapat berbagai jenis burung yang jumlahnya ada sekitar 600 ekor burung. Di dalam Avari terbagi manjadi 5 zona, yaitu Zona Burung Parkit yang masih keluarga “paruh bengkok”, Zona Burung Nuri, Zona Burung Darat, Zona Unggas Air dan Zona Burung Kicau. Wih, lengkap banget kan.

Bird Bromelia Pav 3

Selain burung-burung yang ada di avari, Bird & Bromelia Pavilion juga punya area burung di luar. Bedanya burung-burung yang diluar ini dikandangi dan serunya kamu bisa foto langsung dengan burung-burung cantik ini dibantu oleh pet keeper yang ramah. Salah satunya burung cantik ini adalah jenis burung Makaw dan jenis burung Kakaktua putih yang bernama Metta. Selain burung, sebagai pelengkapnya ada beberapa “teman-temannya burung” yaitu ada kelinci, angsa ikan, dan ayam kalkun yang letaknya ga jauh dari area avari.

Metta

Di saat weekend biasanya akan diadakan atraksi “bird show”. Para pengunjung akan disediakan tempat duduk yaitu di area semacam pendopo. Atraksinya lucu-lucu deh, ada 3 macam burung yang akan unjuk kebolehannya, mulai dari atraksi naik sepeda, memidahkan gelang warna warni sampai atraksi main tebak barang yang disembunyikan oleh per keeper-nya. Lalu ada juga area ampitheater untuk spot foto bareng keluarga.

Nah, sudah lelah jalan-jalan dan foto-foto waktunya istirahat deh. Di area Bird & Bromelia Pavilion ini ada 2 tempat makan asik nih, yaitu Buffy Drink and Fun dan Day and Nite Eatery. DI Buffy Drink and Fun kamu bisa nikmatin aneka macam juice segar dan coffee corner dengan kisaran harga mulai dari Rp.20.000,-

Day and Nite Eatery

Lalu naik ke lantai 3 ada resto Day and Nite Eatery. Sebetulnya resto ini sudah ada sebelum Bird & Bromelia Pavilion diresmikan. Day and Nite Eatery menyediakan banyak pilihan makanan dari menu tradisional Asia sampai menu western. Asiknya disini adalah desain interiornya yang unik yaitu tumpukan kombinasi kontainer, kursi kayu, dan juga pohon-pohon di sekeliling resto jadi ciri khas tempat makan ini. Ada area indoor dimana kamu bisa santai sambil nikmatin kicauan burung, dan ada juga area outdoor dimana kamu bukan hanya nikmatin kicauan burung tapi juga bisa makan sama burung alias bisa langsung berinteraksi sama burung warna-warni. Semakin lengkap deh keseruan liburannya.

baca juga Tempat Ngopi Seru di Kota Bandung

Bird & Bromelia Pavilion ini juga ga jauh dari tempat wisata Maribaya dan wisata kuliner cafe di area Dago Atas. Menuju ke Bird & Bromelia Pavilion kamu bisa melalui Jl. Ir. H. Juanda (Dago) lalu menyusuri jalan berkelok dan menanjak menuju arah Maribaya dan Dago Giri. Kurang lebih sekitar 5 km dari Hotel Sheraton atau sekitar 15 menit dari Dago Comercial Area.

 

Lokasi :

Bird & Bromelia Pavilion
Jln. Akaza Utama no. 9
Pramestha Resort Town Dago Giri, Bandung
Telepon: 022 – 87791919

Jam operasional
Senin-Minggu Pukul 9.00 -17.00

HTM :
Weekday Rp.35.000
Weekend Rp.50.000

Instagram :  @bird_n_bromelia_pavilion