WISATA EDUKASI YANG COCOK UNTUK SI BUAH HATI

Categories: Bandung Tourism

bandungadvertiser.com – Berkunjung ke daerah Dago di Bandung untuk melaksanakan liburan merupakan pilihan tepat bagi anda dan keluarga. Selain dari berbagai keindahan alam dan kuliner yang dihadirkan di sana, anda pun dapat pula melakukan wisata edukasi. Hal yang perlu anda lakukan adalah dengan cara mengunjungi salah satu destinasi wisata buatan ini.

Kampung Dago pojok, dikenal dengan istilah kampung kreatif di kota Bandung. Tempat ini pun menyajikan beragam wisata mulai dari, kesenian, kebudayaan, sampai juga kegiatan alam.

WISATA EDUKASI YANG COCOK UNTUK SI BUAH HATI

Mungkin yang ada di pikiran anda, berkunjung ke suatu kampung akan disuguhkan dengan suasana pedesaan, rumah tradisional, dan juga penduduk yang masih memegang adat istiadat. Namun, di kampung kreatif ini anda akan disuguhkan sesuatu yang berbeda, apa sajakah itu? simak ulasan kami berikut ini ya!

Kampung Kreatif Dagi Pojok

Wisata edukasi ini akan membuat mata anda terobati dengan beragam suguhan kreatif yang mereka tawarkan. Di saat anda berjalan memasuki daerah ini, akan dimanjakan dengan gambar mural yang menempel di tembok-tembok gang nan seolah berinteraksi dengan anda melalui gugusan warna dan rupanya.

Pada mural tersebut pun, dipasang sebuah teknologi canggih bernama AR (Augmented Reality) yang biasa digunakan oleh para perusahaan besar guna bahan promosi mereka. Bedanya, teknologi tersebut dipasangkan di kampungĀ  kreatif ini, keren juga kan ya?

Dalam mengerjakan mural tersebut pun, bahu membahu antar warga tidak terpisahkan sehingga kerja keras mereka berbuah sesuatu yang manis.

Pengalaman menarik yang beda dari yang lain pun akan membuat kunjungan wisata edukasi anda seolah tidak akan pernah ditemukan lagi di tempat-tempat yang lainnya.

Salah satu penggagas dari kampung ini adalah Rahmat Jabaril, yang mengutarakan bahwa semangat dari kampung ini sangatlah berbeda dengan komplek perumahan yang lain. Biasanya di komplek lain mereka membatasi ruang, akan tetapi di kampung ini justru sebaliknya. Warga pun menjadi penguasa dari ruang dan waktu di sini.

Konsep yang ada di sini ialah bilamana perlunya perluasan akan sebuah rumah, maka akan diperluas. Akan tetapi jika ruangnya sudah sempit, maka perluasan akan dijadikan penaikan. Dan konsep mural dengan Augmented Reality ini pun mereka jadikan sebagai sebuah ikon yang menjadikan kampung kreatif ini unik.

Meski sempat menjadi bahan buah bibir bagi para ibu-ibu di kampung ini, nyatanya mural dibuat malah menjadi sebuah karya seni yang ditampilkan pada dinding-dinding rumah yang dikerjakan pula oleh para seniman dibantu dengan para warga setempat.

WISATA EDUKASI YANG COCOK UNTUK SI BUAH HATI Jiwa seni para penduduk yang berada di Kampung Kreatif Dago Pojok sangatlah tinggi. Sebagai buktinya, mereka pun masih menggeluti kesenian khas pasundan di tempat ini. Kesenian yang mereka lestarikan pun diantaranya; wayang, tari jaipong, reog, gondang, kacapi suling, celempung, tarawangsa, serta pencak silat. Bahkan dalam hal bela diri tradisional pun kampung Dago Pojok menjadi salah satu titik sentra nya.

WISATA EDUKASI YANG COCOK UNTUK SI BUAH HATI

Info Tambahan

Pada setiap hari Sabtu, di Kampung Kreatif Dago Pojok, disediakan sebuah program Open Trip untuk para wisatawan. Para pengunjung akan diajak berkeliling dan melihat anak-anak yang sibuk berlatih macam-macam kesenian, mengunjungi pula pemandangan alam yang indah dari kampung ini.

Dago Pojok, selain kaya akan kreativitas, kekayaan mereka pun tidak bisa dianggap remeh, sebab mereka memiliki wisata alam seperti; bentangan sawah, aliran sungai, serta air terjun.

Bila perut anda lapar pun, mereka akan mengajak anda menikmati kuliner tradisional sunda berupa nasi liwet, yang bisa anda nikmati bersama warga sekitar.

Untuk menikmati trip tersebut anda akan dibandrol sekitar Rp. 30.000 an saja. Bila anda ingin lama di sini pun, mereka menyediakan program home stay yang cocok bagi para traveler.

Baca Juga Tujuan Wisata yang Wajib Di Kunjungi Tahun 2017 di Bandung

Sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh untuk keluarga, sanak saudara, sahabat, teman atau pacar sekalipun, anda bisa membeli kerajinan yang dibuat oleh para warga lokal di sini juga loh.

Beberapa wisatawan baik itu dari dalam dan luar negeri pun sudah banyak berkunjung ke tempat indah ini. Tak jarang pula, sebagian dari mereka ingin mengikuti program yang diadakan di Kampung Wisata Kreatif Dago Pojok.

Pada umumnya, program di sini yang sering dilaksanakan berupa; workshop kesenian, kerajinan, dan lainnya. Juga partisipasi dalam melukis mural, atau sekadar melihat pertunjukkan seni tradisional, bermain calung, melihat proses pembuatan wayang, dan banyak pula keterampilan lainnya.

Banyak antusias wisatawan itulah yang menjadikan tempat wisata ini dalam sebuah kategori wisata edukatif dan kreatif di kota Bandung.

Rute ke Kampung Kreatif Dago Pojok

Bila anda berniat ke tempat ini, anda hanya perlu mengikuti penunjuk jalan yang mengarah ke Dago, setelah sampai anda hanya perlu mengikuti jalan lurus ke Dago Atas. Lalu, anda perhatikan dan cari letak Hotel Sheraton Bandung, karena setelah anda menemukannya, anda hanya tinggal cari jajaran tukang ojek yang akan mengarahkan anda ke tempat ini.

Hmm, menarik untuk menambah wawasan anda tentang kesenian khas Sunda? Kalau begitu, Kampung Kreatif Dago Pojok lah tempat terbaiknya. Semoga artikelnya bermanfaat, dan bisa dibagikan juga bila berkenan, ya! WISATA EDUKASI YANG COCOK UNTUK SI BUAH HATI