Wisata Bandung ; Museum, Kebun Binatang sd Kebun Teh

Categories: Bandung Tourism

bandungadvertiser.com Wisata Bandung ; Museum, Kebun Binatang sd Kebun Teh | Berwisata di Bandung bukan hanya dapat Wargi Bandung kerjakan ke beragam wisata alam yang menawan atau berwisata kuliner Bandung yang tidak pernah ada habisnya. Wisata edukasi di Bandung jadi satu diantara pilihan yang mengasyikkan. Di Bandung terdapat beberapa museum untuk rekomendasi wisata edukasi. Kesempatan ini Mimin ingin ulas perihal Museum Sribaduga yang barusan Mimin kunjungi. Yuk simak ada apa saja di sini!

Museum Sribaduga di bangun mulai sejak 1974 dengan memakai areal serta bangunan sisa tempat tinggal Wadana Tegalega. Beberapa bangunan sisa kewadanaan terus dipertahankan juga sebagai cagar budaya yang digunakan juga sebagai ruangan perkantoran, Untuk melengkapi keperluan sarana museum lalu di bangun sebagian bangunan arsitektur baru dengan jenis tradisional Jawa Barat, seperti ruangan pameran terus, auditorium, serta ruangan penyimpanan koleksi.

Peresmian pembangunan step pertama pada 5 Juni 1980 oleh Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Republik Indonesia Dr. Daoed Joesoef didampingi oleh Gubernur Jawa Barat H. Aang Kunaefi dengan nama Museum Negeri Propinsi Jawa Barat. Sepuluh th. lalu pada 1 April 1990 ditambahkan dengan nama “Sri Baduga” yang di ambil dari nama salah seseorang raja Padjajaran (Sri Baduga Maharaja Ratu Haji di Pakwan Padjajaran Sri Sang Ratu Dewata) yang memerintah dalam kurun 1482-1521 Masehi. Penamaan itu ditujukan supaya nama tidak kecil Raja Padjajaran itu bisa dikenang selama hidup oleh orang-orang Jawa Barat.

Baca Juga new-year-2016-with-steak/

Wisata Bandung ; Museum, Kebun Binatang sd Kebun Teh Pada otonomi daerah 2002 beralih jadi Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga, adalah Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Dinas Pariwisata serta Kebudayaan Propinsi Jawa Barat. Pekerjaan pokok serta fungsinya yaitu melakukan pengumpulan, perawatan, riset, serta penyajian benda peninggalan histori alam serta kebudayaan Jawa Barat dan tuntunan mendidik kultural.

Koleksi yang sudah dihimpun hingga 2014 sejumlah 6. 947 buah koleksi yang dikelompokan ke sepuluh klasifikasi yaitu : geologika/geografika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika serta heraldika, filologika, keramonologika, seni rupa serta teknologika. Seputar sepuluh % koleksi itu dipamerkan di ruangan pameran terus.

Lantai 1

Deskripsi mengbenai beberapa momen tidak kecil yang berlangsung pada saat Plestosen Atas (pada 3-10juta th. waktu lalu) di mana Indonesia sisi barat membuat satu daratan dengan Asia serta Australia. Akibatnya karena pembentukan daratan tadi berlangsung migrasi hewan purba (kerbau purba/Bubalus Paleokerabau, serta Kudanil).

Pada lantai satu ini dapat menuturkan momen lain yaitu efek dari letusan Gunung Sunda yang berlangsung seputar 125. 000 th. lantas yang menyebabkan aliran Sungai Citarum tersumbat. Akibatnya karena momen itu semua aliran sungai yang ada di sekitar Cekungan Bandung terperangkat serta membuat genangan yang sangatlah luas lalu berbentuk danau yang di kenal dengan Danau Bandung Purba.

Deskripsi kehidupan manusia di Jawa Barattelah ada mulai sejak 600. 000 th. silam, dapat dibuktikan dari temuan-temuan perkakas kuno yang tersimpan di lokasi itu. Artefak-artefak yang diketemukan itu memberikan ada kehidupan pada jaman prasejarah. Masuknya dampak Hindu-Budah membawa dampak yang sangatlah tidak kecil pada perubahan kebudayaan manusia di Jawa Barat di semua bagian seperti seni bangunan (arsitektur), seni rupa, aksara, sastra, sistem keyakinan, serta filsafat.

Lantai 2

Perkembangan jaman buka info perihal Jawa Barat pada dunia, hubungan antar bangsa membawa efek yang sangatlah banyak untuk orang-orang Jawa barat. Tehnologi serta budaya baru dikenalkan pada orang-orang, terkecuali beresiko positif namun juga ada yang beresiko pada hilangnya nilai-nilai lama yang sudah berakar pada kebudayaan di Jawa barat.

Efek positif masuknya dampak budaya luar salah satunya bisa dipandang pada kecakapan catat menulis. Orang-orang Sunda sudah mengetahui tulisan mulai sejak era ke-5 M, dengan diketemukannya tulisan pada prasasti tinggalan dari Kerajaan Tarumanegara (Prasasti Ciaruteun, Prasasti Tugu, serta Prasasti Tapak Kaki Gaja). Bukti lain juga diketemukan dalam b entuk naskah dengan bahan daun lontar, daun kelapa, daun nipah, tembaga, kulit binatang dan sebagainya.

Masuknya bangsa luar juga beresiko majunya tehnologi peralatan bercocok tanam, mencari ikan, serta perdagangan. Berdasar pada naskahh sunda kuno Siska Kanda Ng Karesian diprediksikan bahwa berladang (ngahuma) adalah beberapa cara bercocok tanam yang awalannya di kenal oleh orang-orang Jawa Barat. Pertanian system sawah dengan tehnologi irigasi di kenal seputar era ke-18 M yang diperkanalkan oleh orang Mataram.

Lantai 3

Koleksi Museum Sri Baduga yang dikira unggulan lantaran telah tidak sering diketemukan dalam kehidupan sehari-hari diketemukan dalam kehidupan sehari-hari dipamerkan di ruangan masterpiece lantai tiga. Sebagian koleksi ini diantaranya bokor emas, topeng emas, teodolit, pakinangan, senjata peninggalan VOC, keramik asing, kain panjang yang pernah dipakai oleh Bupati Galuh era ke-16 M, benda yang terbuat dari Kristal, lukisan dsb. Dilantai ini dapat diatur koleksi-koleksi mata duit yang pernah beredar juga sebagai alat perdagangan.

Deskripsi perihal kesenian dipertunjukkan beragam alat kesenian diantaranya angklung buhun, kecapi, rebana, taleot, karinding, rebab, gamelan ajeng serta gamelan degung. Kehidupan kesenian berkembang sesuai sama kehidupan pendukungnya. Awal mulanya di Jawa Barat kesenian di ciptakan serta dipakai untuk melengkapi upacara yang terkait dengan aktivitas pertanian. Angklung buhun umpamanya sering kali dimainkan dalam rencana menghormati Dewi Padi atau Dewi Sri.

Museum Negeri Sri Baduga

Jl. BKR No. 185 Bandung 40243

Telp. (022) 5210976

Fax. (022) 5223214

Jam Operasional

Senin : TUTUP

Selasa-Jumat : 08. 00-16. 00 WIB

Sabtu-Minggu : 08. 00-14. 00 WIB
Libur Nasional : TUTUP

Ticket :

Anak-anak (TK, SD, SMP) Rp. 2. 000, 00

Dewasa (SMA/Sederajat, Mahasiswa, Dewasa, Touris Asing) Rp. 3. 000, 00

KEBUN BINATANG BANDUNG

Telah pernah ke Kebun Binatang Bandung? Jika belum anda mesti cobalah berwisata ke sana, Lantaran yang populer di Kota Kembang tidak hanya Factory Outlet & Wisata Kuliner nya saja. Ada banyak beberapa tempat wisata yang harus anda kunjungi, satu diantara nya ya Kebun Binatang Bandung atau yang umum dimaksud “BonBin” itu.

Baca Lagihidden-destination-di-bandung-bali/

Kebun Binatang Bandung didirikan pada th. 1930 oleh Bandung Zoological Park (BZP), yang dipelopori oleh Hoogland. Pengesahan pendirian Kebun Binatang itu diwenangi oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda serta pengesahannya dituangkan pada ketentuan 12 April 1933 No. 32. Pada th. 1956, Kebun Binatang selanjutnya di kenal dengan sebutan Derenten yang dalam bhs Sunda berarti Kebun Binatang. Awalannya adalah paduan dari kebun binatang Cimindi serta Dago lantaran ke-2 tempat itu tak sangat mungkin lagi untuk menyimpan satwa serta tempat rekreasi.

wahana rekreasi kebun binatang bandung

Sama hal nya dengan kebun binatang di kota-kota tidak kecil yang lain, Kebun Binatang Bandung senantiasa ramai dipadati pengunjung pada hari Sabtu, Minggu serta hari libur nasional. Harga ticket masuk alami kenaikan cukup cepat, sekarang ini di atas usia 3 th. dikenakan cost sebesar Rp. 15. 000 (weekday serta weekend)

Wisata Bandung ; Museum, Kebun Binatang sd Kebun Teh

Wisata Bandung ; Museum, Kebun Binatang sd Kebun Teh

Di kebun Binatang Bandung telah pasti anda dapat menjumpai bermacam satwa-satwa yang mungkin saja tidak pernah anda saksikan di jalan raya. Mulai dari burung merak, beruang, komodo, gajah, harimau, singa, tapir, kijang, unta, zebra, buaya muara serta bermacam satwa yang terancam punah juga dilestarikan di Kebun Binatang Bandung loh!

wahana rekreasi kebun binatang bandung2

Untuk kamu yang suka berbelanja, janganlah cemas gak dapat shopping, lantaran di seputar Kebun Binatang Bandung juga ada yang namanya Kebun Seni (Pasar Seni Tamansari) serta pusat perbelanjaan Cihampelas. Tidak sulit kok nemuin letak Kebun Binatang Bandung, lantaran ada di dekat pusat kota serta pusat berbelanja dan dilewati banyak kendaraan umum lantaran berdekatan dengan universitas ITB. Kerap banget kan anda lewatin jika lagi berlibur ke Bandung? Maka dari itu ajak kawan-kawan serta keluarga anda berwisata ke Kebun Binatang Bandung!

Kebun Teh Cantik Asli Bandung

Dataran tinggi senantiasa jadi tempat yang nyaman untuk berwisata. Hawa yang sejuk, serta tak bising kendaraan yaitu banyak hal yang bikin obyek wisata di dataran tinggi sangatlah favorite. Perkebunan teh pastinya ada di dataran tinggi. Namun perkebunan teh bukan hanya digunakan hasil olahan tehnya. Perkebunan tehnya dapat jadi wisata alam yang mengasyikkan. Hamparan hijau kebun teh berhektar-hektar dapat jadi penyejuk mata, pikiran, serta hati bila Wargi Bandung lagi capek dengan bisingnya kota.

Bandung mempunyai lokasi-lokasi wisata perkebunan teh. Mungkin saja satu diantara destinasi wisatamu nih. Ingin tau? Cekidot!

Perkebunan Teh Rancabali

Screen Shot 2015-10-05 at 4. 47. 54 PM

Bandung Selatan mempunyai banyak object wisata alam. Bukanlah Hanya Rancaupas, kawah putih, serta sebagian kolam air panas, satu diantaranya Perkebunan Teh Rancabali. Tempatnya seputar 50 KM di samping selatan Kota Bandung dengan ketinggian 1. 628 di atas permukaan laut serta suhu 16-26 derajat celcius. Perkebunan itu memproses dua komoditi yakni teh serta kina yang didukung oleh kehadiran pabrik pengelolahan teh CTC serta Orthodoks.

Terdapat banyak titik air terjun tidak besar bertingkat di tepian-tepian pohon teh yang terdapat di segi Kanan saat sebelum hingga ke Situ patenggang. Terkecuali nikmati panorama kebun teh, Wargi Bandung dapat juga lakukan kunjungan wisata ke pabrik teh Rancabali serta dapat lihat sistem penanaman, pembibitan, pembukaan tempat, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, hingga pemrosesan teh. Bukanlah Hanya ini, Wargi Bandung dapat juga lakukan tea walk dengan rute sejauh 2 Km, 3 Km, atau 4 Km.

Perkebunan Teh Gambung

Di Ciwidey bukan hanya ada Perkebunan Teh Rancabali. Perkebunan Gambung ada di Desa Mekarsari, Kecamatan Cisondasari, Bandung. Kelebihan Perkebunan Teh Gambung yaitu “ngebengkong”. Ngebengkong yaitu arti sunda yang berarti menaruh tanaman muda saat sebelum ditanam di ladang. Wargi Bandung disiapkan sarana belajar berkebun di sini. Sistem berkebun yang baik dari mulai menyemai benih hingga menuai hasil bakal diterangkan di Perkebunan Gambung Ciwidey. Di sini bukan hanya di ajarkan berkebun teh, beragam sayuran buncis, cabai, kacang-kacangan ataupun paprika. Pelajaran paling mengasyikkan di Perkebunan Teh Gambung yaitu diajari langkah menuai teh yang baik serta benar, sistem penimbangan teh dikebun, pelayuan, pengeringan serta penggilingan. Uniknya, di sini ada perpustakaan pusat riset teh serta kina yang sediakan buku histori teh serta kina lho. Yuk wisata kebun teh ke sini!

Perkebunan Teh Malabar

perkebunan-teh-malabar

Perkebunan Teh Malabar mempunyai histori yang cukup bermakna. Terdapat di ketinggian 1. 550 mdpl, Perkebunan Teh Malabat mempunyai suhu rata-rata 16-26 derajat celcius. Ada makam serta tempat tinggal peninggalan KAR Bosscha yang telah ada mulai sejak th. 1894. Makan Meneer Bosscha terdapat di rimba tidak besar tengah-tengah kebun teh. Kondisinya tertangani, dikelilingi pagar serta ada tanaman coleus warna-warni menghiasi makamnya. Oleh PTPN VIII Wisma Malabar serta Wisma Melati, tempat tinggal ini disewakan untuk wisatawan. Harga nya juga cukup terjangkau.

Perkebunan Teh Patuha

Kebun Teh Bandung

Dataran tinggi memanglah tempat paling subur untuk menanam teh. Satu diantaranya Gunung Patuha Bandung. Gunung itu meletus era ke-10 serta ke-12. Gunung ini fertile serta jadi loka nan ideal buat tumbuhnya tanaman teh di punggung gunung. Di sini juga ada oleh-oleh teh khas dari perkebunan Patuha. Syahda serta aroma tehnya wangi serta menyehatkan karna di proses segera dari seputar Gunung Patuha.

Perkebunan Teh Sukawana

Perkebunan Teh Sukawana ada di Lembang. Panorama indah hamparan kebun teh di Lembang itu bakal ditemani eksotisnya latar belakang Gunung Burangrang serta Gunung Tangkuban Kapal. Gerakan kabut yang lumayan lebat, membuah pemandangan kebun teh yang indah serta jalan dianatara hamparan kebun teh.

Kebun Teh Kertamanah

Kebun Teh Kertamanah tidak jauh dari Pasar Pangalengan. Saat sebelum masuk perkebunan, ada pertigaan jalan, anda mengambil arah kiri atau masuk pintu gerbang perkebunan Kertamanah.

Dari pertigaan, jarak menuju tempat seputar 5 km. Jalannya mulus serta sangatlah bagus untuk tea walk berbarengan keluarga. Dari perkebunan teh Kertamanah, Wargi Bandung bakal temukan kepulan asap yang datang dari pembangkit listrik geo thermal. Asapnya membumbung tinggi ke hawa. Asap itu kerapkali tampak dari Bandung waktu pagi hari menjulang ke langit. Seputar geo termal ada taman serta tanah lega yang dikelilingi perkebunan teh, sangatlah nyaman dipakai untuk rehat. Wisata Bandung ; Museum, Kebun Binatang sd Kebun Teh