Update Algo Google – Code Name Penguin

By:
Categories: SEO Google
No Comments

Algoritma milik Google ini mengandalkan lebih dari 200 sinyal yang unik atau disebut juga “petunjuk”, yang memungkinkan kita untuk menampilkan apa yang sedang kita cari. Sinyal ini juga meliputi beberapa hal seperti kata spesifik yang muncul di situs, pembaruan konten, daerah tempat kita berada, dan peringkat halaman. Sinyal spesifik yang menjadi bagian algoritma itu bernama Penguin, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 dan terus melakukan pembaruan hingga saat ini.

Setelah melalui masa pengembangan dan uji coba, kami pun mengeluarkan pembaruan untuk algoritma Penguin dalam semua bahasa. Inilah beberapa kunci pembaruan yang akan Anda ketahui, yang juga merupakan permintaan teratas para webmaster kepada kami.

  • Penguin yang sekarang real-time (seketika). Dalam perkembangannya, dulu situs dalam daftar yang terkena Penguin akan secara berkala melakukan penyegaran di saat yang sama. Ketika webmaster sengaja melakukan peningkatan situs mereka dan kemunculannya di internet, di saat itu pulalah algoritma Google akan segera mengetahuinya. Namun berbeda dengan Penguin dan beberapa yang lainnya yang masih harus melakukan penyegaran. Dengan adanya perubahan ini, maka Penguin akan disegarkan seketika itu juga, sehingga terjadi perubahan dalam waktu singkat khususnya setelah kami melakukan recrawl dan reindex halaman. Ini juga berarti bahwa nanti kedepannya kami tidak akan menampilkan komentar di saat melakukan penyegaran.
  • Penguin yang sekarang lebih granular. Penguin saat ini telah menurunkan nilai spam dengan menyesuaikan pemberian peringkat berdasarkan sinyal spam, daripada mengenai peringkat keseluruhan dari suatu situs.

Tak bisa dipungkiri, semua orang merasakan betapa cepatnya perubahan web yang terjadi selama beberapa tahun belakangan ini seperti yang sudah disinggung di postingan sebelumnya, tetapi percepatan ini bukanlah halangan bagi para webmaster untuk bebas berkreasi  menciptakan situs yang keren dan menarik. Selain itu, yang juga perlu diingat, Penguin yang sedang kita bahas ini adalah hanya salah satu dari lebih 200 sinyal yang kami gunakan untuk menentukan peringkat.

BAca Juga Breaking News ! Yahoo Terbeli Dengan Nilai Binis 63.2 T oleh Verizon

Langkah Lain dalam Menghargai Situs yang Berkualitas Tinggi

Seperti yang sudah sering Google sampaikan sebelumnya, optimisasi mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimisation) dapat menjadi bagian dari web yang positif dan membangun, dan kami bukanlah satu-satunya yang setuju dengan hal itu.

Optimisasi mesin Pencari yang efektif dapat membuat situs menjadi lebih mudah dijelajahi dan membuat halaman individual lebih mudah ditemukan dan diakses. Untuk sederhananya, optimisasi mesin pencari bekerja dengan cara memasukkan hal-hal semudah seperti suatu pencarian kata kunci dan memastikan bahwa kata yang tepat itu berada di dalam halaman yang Anda cari. Jadi, semua itu tidak hanya seperti jargon industri yang tidak akan pernah orang ketik.

Update Algo Google - Code Name Penguin

Update Algo Google – Code Name Penguin

Pengoptimal mesin pencari ber-“topi putih” sering meningkatkan kegunaan suatu situs, membantu membuat konten yang berkualitas, atau membuat situs bekerja lebih cepat, yang tentu saja berguna untuk pengguna sekaligus mesin pencari.

Optimisasi mesin pencari yang baik bisa berarti pemasaran yang baik pula: bayangkan tentang berbagai cara kreatif untuk membuat situs tampak dan memang menarik perhatian, dan membuat suatu mesin pencari seperti layaknya media sosial. Hasil akhir dari pembuatan situs yang berkualitas adalah dengan lebih seringnya orang mengacu pada situs itu di web, yang artinya lebih banyak orang menghubungkan atau mengunjungi situs tersebut.

Kebalikan dari SEO “topi putih” adalah SEO yang selalu memikirkan cara licik menyebarkan webspam. SEO ini disebut SEO webspam “topi hitam” (webspam “black hat”) (kami menyebutnya webspam untuk membedakannya dengan spam email).

Dalam mengejar peringkat yang ditargetkan atau jumlah traffic, beberapa situs menggunakan teknik yang merugikan penggunanya. Tujuannya jelas untuk mencari jalan pintas dan celah untuk menaikkan peringkat halaman lebih tinggi dari yang harusnya layak mereka dapatkan. Kami melihat segala macam teknik webspam itu setiap hari, dari pengisian kata kunci hingga skema pranala yang mencoba menaikkan peringkat suatu situs.

Tujuan dari sekian banyak perubahan pemberian peringkat adalah untuk membantu para pencari menemukan situs-situs yang memberi pengalaman lebih dan memenuhi kebutuhan informasinya. Kami juga menginginkan “good guys” membuat situs yang keren dan menarik untuk para pengguna, tidak hanya melulu tentang algoritma, tetapi untuk melihat usaha mereka dihargai.

Untuk mencapai ke sana, kami telah meluncurkan perubahan Panda (Panda Changes) yang dengan suksesnya mengembalikan situs berkualitas tinggi ke dalam hasil pencarian. Dana pada awal tahun ini, kami meluncurkan algoritma tata letak halaman (page layout algorithm) yang mengurangi peringkat situs yang tidak memiliki konten berstatus “layak dan menarik”.

Beberapa hari ke depan, kami akan meluncurkan perubahan algoritma penting yang akan membidik webspam. Perubahan ini akan mengurangi peringkat situs yang kami yakin mencurangi Paduan Google untuk kualitas yang ada. Kami selama ini selalu membidik webspam di pemberian peringkat milik kami dan algoritma ini mewakili peningkatan usaha kami untuk mengurangi webspam dan mempromosikan konten yang berkualitas tinggi.

Update Algo Google - Code Name Penguin

Update Algo Google – Code Name Penguin

Sementara tidak dapat mengungkapkan rahasia dapur kami tentang sinyal spesifik -karena tentu saja tidak ingin memberikan kesempatan orang lain bermain-main dengan hasil pencarian milik kami dan memperburuk pengalaman berinternet pengguna- kami menyarankan webmaster untuk fokus dalam menciptakan situs berkualitas tinggi yang akan memberikan kenyamanan bagi pengguna dan untuk fokus menggunakan SEO “Topi putih” daripada menarik perhatian dengan cara dan taktik webspam yang agresif.

Baca Juga 6 Jenis Email Marketing Yang Patut Anda Ketahui

Tentu saja, kebanyakan situs yang terpengaruh oleh perubahan ini tidak tampak terlalu mencolok. Ini adalah contoh satu situs yang dengan pola penghubungan yang tidak biasa yang terkena efek perubahan ini. Perhatikanlah ketika Anda membacanya dengan lantang,  akan Anda temukan pranala keluar (outgoing link) yang ada sangatlah berbeda dengan konten yang ditampilkan dan pada kenyataannya teks di halaman itu telah diputarbalikkan melebihi yang seharusnya.

Situs yang sudah terkena mungkin tidak akan mudah untuk dikenali sebagai spamming tanpa analisis mendalam atau bantuan ahli, tetapi akan ada benang merahnya yaitu usaha SEO itu yang lebih dibandingkan dengan yang ber-“Topi putih”; kami yakin mereka terlibat dalam taktik webspam untuk memanipulasi peringkat di mesin pencari.

Perubahan ini akan aktif untuk semua penggunaan bahasa. Contohnya, perubahan Panda akan berdampak sekitar 12% query hingga mengalami perubahan yang signifikan; algoritma ini akan mempengaruhi sekitar 3,1% query dalam bahasa inggris hingga level dimana pengguna reguler akan menyadarinya. Selain itu, perubahan ini akan mempengaruhi kurang lebih 3% query dalam berbagai bahasa seperti Jerman, China, dan Arab, tetapi dampaknya akan lebih terasa di bahasa yang terpengaruhi spam. Sebagai contoh adalah bahasa Polandia yang menunjukkan pengaruh 5% query dan akan berubah ke level dimana akan pengguna reguler akan menyadarinya.

Pada akhirnya, kami berkeinginan agar semua orang melakukan optimisasi mesin pencari yang ber-“Topi putih” (atau bahkan tidak melakukan optimisasi mesin pencari sama sekali) agar lebih bebas fokus berkreasi menciptakan situs web yang keren dan menarik. Seperti biasa dan selalu, kami akan membuka telinga lebar-lebar untuk umpan balik yang berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan algoritma peringkat untuk mencapai tujuan kami.

foto goblinbyte , vertical response , search engine journal