Sudah Pernah Berlibur Ke Hutan Indah Kebanggaan Kota Bandung ?

Categories: Bandung Tourism

bandungadvertiser.com – Berbicara tentang Bandung memang tidak akan pernah habisnya. Tempat yang merupakan Ibu Kota Jawa Barat ini menawarkan banyak sekali varian wisata yang bisa dikunjungi oleh anda. Dimulai dari, wisata alam, makanan, sampai wisata belanja, semua ada di tempat yang punya sebutan lain sebagai kota kembang ini.

Bagi anda yang berniat mengunjungi kota Bandung, kami akan memberikan bocoran tentang tempat wisata apa saja yang sebaiknya anda kunjungi di sini berdasarkan wilayah-wilayahnya. Kami akan mengulas nya satu persatu, supaya anda pun bisa merasakan sedikit sensasi nya meski hanya melalui deretan kata saja. Okay, mari kita mulai dengan daerah Dago, ya!

WISATA HUTAN DI BANDUNG, KENAPA HARUS CANGGUNG?

Taman Hutan Raya Juanda

Hutan ini berada di wilayah dago pakar yang agak menanjak sekitar 7 KM dari pusat kota Bandung. Bila anda ingin ke tempat ini melalui tol pasteur, anda hanya tinggal keluar tol saja, mengikuti fly over Surapati, lalu kemudian anda turun ke bawah ke daerah Cikapayang, dan belok kiri ke jalan Ir. H. Juanda atau Dago Bawah, lurus terus dan sampailah di THR Juanda.

Bila dilihat sepintas dari namanya, mungkin anda akan langsung terbesit sebuah tempat yang dikelilingi hutan lebat, terdapat banyak hewan buas, dingin, dan juga gelap. Eits! Bayangan anda tidak sepenuhnya salah, tetapi juga tidak sepenuhnya benar. Sebab Taman Hutan Raya memang sebuah hutan yang alami, namun sangat aman juga untuk anda kunjungi.

Nah, kalau sudah tahu tempatnya, lalu apa saja istimewanya dari tempat ini?

Sudah Pernah Berlibur Ke Hutan Indah Kebanggaan Kota Bandung

Sejarah

Kalau kata pepatah itu, tak kenal maka tak sayang, jadi sebelum menikmati keindahan dan keistimewaan di dalamnya, maka sebaiknya kita coba kenali dulu sejarahnya.

baca juga BISNIS UMKM Mudah Dan Menghasilkan dengan DONAT KENTANG

Okay, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda atau dikenal dengan nama THR Juanda ini ternyata memiliki status sebagai sebuah hutan lindung yang terbagi ke dalam komplek hutan di Gunung Pulosari serta batasnya pun telah ditentukan pada tahun 1992.

Dengan adanya Djawatan Kehutanan pasca kemerdekaan bangsa Indonesia pada tahun 17 Agustus 1945, secara langsung hutan ini pun mulai dikelola oleh pemerintah Republik Indonesia. Pada tahun 1960 pun hutan Juanda pun mulai digeluti pembangunannya yang diprakarsai oleh Bapak Mahsudi yang waktu itu menjabat sebagai Gubernur di Jawa Barat, bersama dengan Ir. Sambas Wirakusumah yang juga menjabat sebagai Direktur Administratur merangkap Direktur Akademi Ilmu Kehutanan, dan dibantu pula oleh Bapak Soejarwo sebagai Dirjen Kehutanan dan Pertanian.

Tiga tahun kemudian, pada 1963 sebagian kawasan hutan lindung di tempat ini pun dipersiapkan sebagai sebuah tempat wisata dan kebun raya. Ir. H. Djuanda pun sebagai sosok pahlawan nasional meninggal di tahun yang sama, dengan demikian sebagai bentuk penghormatan, nama beliau pun diabadikan menjadi tempat wisata ini guna mengenang jasa-jasanya.

Sudah Pernah Berlibur Ke Hutan Indah Kebanggaan Kota Bandung ? Pada tahun 1985, berawal dari usulan para tokoh, dibantu dengan Menteri Kehutanan waktu itu, mengusulkan untuk mengubah nama dari sebelumnya Taman Wisata Curug Dago, menjadi Taman Hutan Raya. Usulan tersebut pun diterima langsung oleh Presiden Indonesia kala itu, yakni Presiden Soeharto dengan menerbitkan Keputusan Presiden No. 3 Tahun 1985 tanggal 12 Januari 1985. Peresmian pun dilakukan pada tanggal 14 Januari 1985 sekaligus mengenang kelahiran pahlawan Ir. H. Djuanda. Dengan demikian tempat wisata ini pun diberi nama sebagai Taman Hutan Raya Djuanda.

Keistimewaan THR Juanda

Bagi anda yang suka sekali suasana yang nyaman, tenang, dan sejuk memanglah sangat tepat untuk berada di tempat ini. Pesona dari keindahan berupa pepohonan yang menjulang, koleksi flora dan fauna, sampai dengan kegiatan outdoor semisal, flying fox, ayunan, dan perosotan, siap untuk memanjakan anda di tempat ini.

Sudah Pernah Berlibur Ke Hutan Indah Kebanggaan Kota Bandung

Untuk anda yang suka berjalan-jalan pun bisa menikmati hutan ini dengan sangat nyaman sebab kalau pun anda tiba-tiba merasa kelelahan, saung-saung atau gazebo di sini pun akan bisa anda gunakan sebagai peristirahatan.

Biasanya, anda yang datang membawa anak pun pasti merasa percuma bila hanya memberikan hiburan saja pada mereka kan? Kalau begitu, di tempat ini, anak anda pun bisa sekalian belajar dengan mengenal sosok dari pahlawan nasional yakni Ir. H. Djuanda yang diabadikan dalam sebuah monumen dan museum juga loh. Kalau begitu, si buah hati selain dimanjakan dirinya, jadi bisa juga terisi edukasi nya kan?

baca juga Promosi Gratis Di Bandung Advertiser Media Promosi Bandung

Lalu, bagi anda dan sekeluarga yang memiliki kesukaan pada binatang, di taman hutan ini pun tersedia sebuah penangkaran rusa yang jaraknya bisa anda tempuh dengan berjalan kaki saja. Untuk memberi makan rusa-rusa di sini, mereka juga menyediakan rumput atau panganan yang bisa diberikan secara langsung oleh anda. Rusa di penangkaran pun sudah jinak, jadi anda bisa mendekati mereka dengan tenang.

Nah, segitu dulu informasi tentang Taman Hutan Raya Djuanda secara umumnya. Sebenarnya masih banyak tempat lain yang bisa anda kunjungi di tempat ini. Akan tetapi, supaya lebih jelasnya, nanti kami sajikan secara lugas di artikel lainnya ya. Sudah Pernah Berlibur Ke Hutan Indah Kebanggaan Kota Bandung ?

Semoga artikel ini kaya akan manfaat dan membuat liburan anda lebih sehat. Sampai jumpa ya!