bandungadvertiser.com Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2013, Game Dota 2 dengan mudah meraih popularitas yang besar di seluruh dunia. Dota 2 atau Defense of The Ancients 2 adalah game online yang paling banyak diakses pada Steam. Game ini diakses sebanyak 800.000 pemain setiap hari. Bahkan, saat masih berada dalam closed beta, Dota 2 sudah mampu meraih 300.000 pemain di waktu yang bersamaan.
Besarnya jumlah pemain game Dota 2 rupanya mampu menjadikan game ini sebagai ladang penghasil pundi-pundi uang. Di awal kemunculannya, perputaran uang yang terjadi mencapai 80 juta dolar atau sekitar 960 Milyar. Jumlah ini tentunya terus meningkat melihat besarnya perputaran uang e-sports yang di tahun 2018 ini mencapai 1,3 Milyar dollar AS.

3 Cara Dapat Uang dari Game Dota 2

Bagaimanakah cara untuk mendapatkan uang dari Game Dota 2? Rupanya, mudah saja. Untuk mengawalinya, Anda harus terjun ke dalam game Dota 2 dan bermain untuk mendalami fiturnya. Setelah itu, Anda dapat mengikuti cara-cara berikut dan menghasilkan uang Anda sendiri.

Menjual Item

Cara pertama untuk mendapatkan uang dari Game Dota 2 adalah dengan jual beli item. Pada game ini, berbagai item dibutuhkan untuk meningkatkan performa Anda dan tim dalam permainan. Karena itulah berbagai item diperjual belikan, seperti courier dan item set setiap hero. Jual beli ini tentunya menggunakan uang asli dengan sistem pembayaran yang sah.
Sistem jual beli pada market ini sangat mudah. Anda cukup menganalisa kenaikan dan penurunan harga item pada statistik harga jual beli barang. Dengan membeli item yang harganya sedang murah, Anda dapat menjualnya dengan harga yang lebih mahal ketika statistiknya sedang naik.
Setiap transaksi item Dota 2 ini terjadi di Market Steam Community, yaitu pusat trading item game-game besutan Valve Corporation. Anda harus mendaftar untuk menjadi member di dalam komunitas ini agar bisa melakukan trading atau jual beli. Setelah itu, barulah Anda bisa menggunakan fitur market ini, yaitu sekitar 2 bulan setelah aktivasi Steam Guard.
Untuk melakukan pembelian item, Anda dapat login ke akun Steam, membuka Community, lalu pilih Market. Klik Dota 2 pada sidebar di sebelah kanan, lalu pilih “Buy Now” pada item yang Anda inginkan. Item-item yang sudah Anda beli ini secara otomatis akan muncul di bagian Inventory Anda.
Jika Anda ingin menjual item, buka Inventory, lalu klik Dota 2. Buka item yang Anda ingin jual, kemudian klik Sell. Secara otomatis, item Anda akan muncul di Market untuk dipasarkan kepada calon pembeli. Apabila item telah laku, balance pada akun Anda pun akan bertambah.
Beberapa hal harus Anda ketahui sebelum melakukan proses jual beli item Dota 2 ini. Pertama, setiap penjualan yang Anda lakukan akan dipotong fee sebesar 5% dari penjualan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga memasukkan perhitungan ini ketika menganalisis statistik harga item.
Kedua, Anda tidak bisa melakukan penjualan item langsung setelah Anda melakukan pembelian. Setiap item yang dijual setidaknya harus berusia 1 minggu sebelum dijual kembali. Kebijakan ini dibuat oleh Steam Community untuk menghindari penipuan. Oleh karena itu, Anda bisa menyiapkan strategi pembelian dan penjualan yang baik agar bisa mendapatkan keuntungan setiap hari.

Jual Beli ID

Tak hanya jual beli item, ID atau akun Dota 2 pun menjadi komoditas yang ramai diperjualbelikan di kalangan pemain. Harganya cukup fantastis, mulai dari 200.000 hingga 2.000.000 rupiah untuk setiap akun. ID Dota yang mahal biasanya dijual berdasarkan level Steam, skor Solo MMR dan Party MMR, serta jumlah item yang tersedia.
Semakin tinggi level dan skornya, semakin tinggi pula harganya. Begitu pula dengan banyaknya item yang ada di dalam akun tersebut, semakin banyak maka semakin mahal pula harga ID. Selain itu, CSGO atau skin yang ada pada ID juga menjadi penarik minat para pemburu akun, apakah CSGO tersebut masih baru atau sudah pernah dimainkan di dalam rank.
Untuk melakukan jual beli akun, Anda dapat masuk ke situs-situs marketplace seperti OLX yang ramai dipenuhi para penjual akun Dota 2. Tak hanya itu, Anda pun dapat memasarkannya di Facebook atau Kaskus, di dalam thread-thread tempat para pemain Dota 2 berkumpul. Penjualan ini biasanya direspon dengan cepat oleh para buyer yang memang khusus berburu akun Dota 2.
Jual beli ID ini tidak terbatas pada ID Dota 2 saja, namun juga pada ID Steam. Peminat akun layanan gaming ini banyak jumlahnya karena Steam merupakan layanan game yang legal, sehingga game yang tersedia hanya game-game orisinil, termasuk di dalamnya Dota 2. Untuk mengecek harga akun Steam Anda, masuklah ke dalam situs SteamDB.com dan melihat nilai akun Anda hari ini.
Meskipun menarik dan menguntungkan, jual beli ID ini harus dilakukan secara hati-hati karena rawan penipuan. Anda harus jeli melihat reputasi seller dan buyer agar tidak terkena scamming. Selain itu, spesifikasi akun yang akan Anda jual belikan pun harus diperhatikan dan diteliti apakah sesuai dengan kenyataan. Jangan sampai Anda membeli ID Smurf atau ID Kecil yang harga jualnya rendah.
Selain itu, harus diperhatikan juga, tidak semua akun ID Dota 2 bisa digunakan dalam market. Poin ini tentu menjadi minus bagi buyer yang menginginkan transaksi trading di Steam Community. Oleh karena itu, saat Anda melakukan jual beli ID, Anda harus cek apakah ID tersebut terhubung dengan Steam dan apakah Steam Guardnya telah diaktifkan, untuk meningkatkan harga akun di pasaran.

Ikut Turnamen DOTA 2

Cara mendapatkan uang dari Game DOTA 2 yang satu ini memang butuh ketekunan dan keahlian, tapi hadiahnya sangat fantastis, yaitu mencapai ratusan milyar rupiah! Seperti yang kita ketahui, kompetisi e-sports saat ini memang tengah naik daun. Pasalnya, orang-orang mulai memandang e-sports dan gaming dengan lebih serius, terlebih dengan tingginya animo dan besar hadiah yang diberikan.
Turnamen Dota 2 sendiri merupakan salah satu pionir game e-sports paling populer di dunia. Tahun 2017-2018 ini saja, telah diselenggarakan 11 Turnamen Dota 2 Minor dan 11 Turnamen Dota 2 Major dengan kisaran hadiah 300.000 hingga 1.500.000 dolar. Total hadiah dari keseluruhan Turnamen Dota 2 ini mencapai 21.000.000 dolar, yang akan dibagi berdasarkan urutan pemenang.
Indonesia kebagian pagelaran akbar GESC Indonesia Dota 2 Pro Circuit Minor di Jakarta tahun ini, yang menghadirkan tim favorit lokal dan mancanegara. Juara Turnamen ini mendapatkan hadiah 300.000 dolar atau 4.1 Milyar, jumlah yang sangat besar bukan?
 
bca juga
Cara Mendapatkan Uang Dengan Bermain Game Marketglory
Bisnis Game Online PC, IOS, HP Android Viral Terbaik 2019 Daftar Gratis
 
 
Anda bisa mengikuti Turnamen tersebut dengan membentuk tim yang handal dan ikut berkompetisi. Di Indonesia sendiri, kita mengenal berbagai Tim Dota 2 terbaik seperti The Prime, RRQ, Boom ID dan Evos Sport yang berprestasi di kancah nasional dan Internasional. Sebagai pemain Dota 2 professional, mereka sering menjuarai turnamen dan membawa pulang uang ratusan juta rupiah.
Jika Anda serius bermain Dota 2 dan mengejar turnamen, maka Anda harus rajin berlatih dengan tim Anda. Keahlian bermain Dota 2 sangat penting untuk diasah untuk menjuarai turnamen besar. Bangun teamwork Anda beserta tim dan mulailah dengan mencoba kompetisi-kompetisi lokal.

You May Also Like