Sekolah Relawan , Tempat Meningkatkan Skill Para Relawan Di Indoenesia

Categories: Bandung UPDATE

bandungadvertiser.com – Indonesia adalah satu diantara negara didunia yang dianugerahkan oleh Tuhan kekayaan alam yang mengagumkan tidak kecil. Tetapi dimana saja tempatnya, apa yang didapatkan bakal senantiasa di ikuti dengan tanggung jawab. Saat pemberian Tuhan demikian tidak kecil pada Indonesia, jadi tanggung jawab yang mengagumkan tidak kecil juga ikut ada di pundak kita.

Lantaran sebenarnya, ibu pertiwi seringkali disambangi bermacam musibah atau bencana alam yang dapat berlangsung setiap saat. Serta di akui atau tak, beberapa dari bencana itu juga akibat kelalaian kita sebagai manusia.
Dari situlah nampak usaha yang dilandasi dari kerelaan hati untuk membantu sesama. Mereka yaitu beberapa relawan yang selalu siap untuk menolong siapapun yang memerlukan pertolongan. Dari mulai korban bencana alam sampai bermacam peristiwa serta persoalan yang ada di sekitaran kita, semua memerlukan uluran tangan dari beberapa relawan.

Relawan serta Permasalahannya

sekolah-relawan1Ketika kita mengulas mengenai keadaan Indonesia yang penuh dengan beragam permasalahan pelik disana sini, sesungguhnya senantiasa ada saja orang atau grup yang siap memberi pertolongan dalam beragam bentuk untuk merampungkan permasalahan itu.

Beberapa relawan ini dapat dari beragam kelompok. Bukan sekedar dari tubuh spesial yang dibuat oleh pemerintah untuk mengatasi persoalan itu, tetapi seseorang relawan dapat datang dari latar belakang apa pun, dapat seseorang pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, wiraswastawan, guru atau siapa saja juga.

Tetapi bila diliat dari segi lain, dunia relawan juga tidak terlepas dari beberapa masalah yang ada di sekelilingnya. Banyak orang-orang Indonesia yang sesungguhnya menginginkan memberi pertolongan dengan jadi relawan. Saat ada musibah bencana, atau peristiwa di lingkungan orang-orang seperti kebakaran, banjir dan yang lain, ada saja orang yang menginginkan menolong pada keadaan itu.

Artikel lain : aplikasi-ini-membuat-social-entrepreneur-membantu-kemanusiaan-di-tanah-air/

Tetapi permasalahannya yaitu, tak semuanya relawan itu memiliki kemampuan serta wawasan yang cukup untuk menolong dalam satu masalah spesifik. Mungkin saja untuk sebagian pertolongan tenaga, dapat dikerjakan siapapun. Tetapi seumpama seperti masalah kebakaran, pasti memiliki tehnik atau langkah pemadaman yang lebih efisien.

Serta permasalahannya tak kebanyakan orang tahu bagaimana caranya memadamkan api yang benar. Contoh lain, untuk hal tidak besar seperti saat ada korban terbenam yang memerlukan pertolongan pernapasan, kenyataannya cuma sedikit dari beberapa relawan itu yang tahu serta dapat mempraktekkan dengan baik langkah pemberian pertolongan pertama pada masalah itu.

Berikut yang lalu jadi basic pemikiran sekumpulan profil dibalik berdirinya satu gerakan yang dinamakan Sekolah Relawan.

Sepintas Mengenai Sekolah Relawan

sekolah-relawan2Gerakan Sekolah Relawan adalah satu wadah dengan maksud paling utama untuk memberi edukasi pada beberapa relawan untuk tingkatkan ketrampilan dan wawasan yang pastinya bakal berguna untuk beberapa relawan itu. Berdiri mulai sejak 3 th. lantas tepatnya, 13 januari 2013, Sekolah Relawan ditukangi oleh beberapa aktivis yang sudah memiliki pengalaman panjang di bagian dunia sosial serta tindakan relawan.

Sekolah Relawan , Tempat Meningkatkan Skill Para Relawan Di Indoenesia

foto dari sekolah relawan

Dengan pengalaman yang sudah dipunyai oleh beberapa foundernya, Sekolah Relawan jadi wadah positif bukan sekedar untuk makin tingkatkan rasa hasrat sama-sama sharing serta menolong keduanya, tetapi juga tingkatkan segi potensi yang dipunyai oleh beberapa relawan. Akhirnya, pasti dalam menolong satu peristiwa, beberapa relawan itu dapat memberi yang paling baik serta pada akhirnya beresiko dengan cara penting pada hasil pada akhirnya.

Sekolah Relawan , Tempat Meningkatkan Skill Para Relawan Di  Indoenesia Satu diantara yang menarik serta begitu inspiratif, dari pemikiran yang memicu berdirinya Sekolah Relawan yaitu, maksud paling utama beberapa founder yaitu mempersiapkan generasi yang nanti bakal memimpin 20 sampai 30 th. yang akan datang. Mereka mengerti kalau, butuh ditanamkannya jiwa kerelawanan pada tiap-tiap pemimpin di Indonesia.

Bahkan juga bila dapat, semuanya pemimpin dari mulai tingkat bawah di lingkungan orang-orang sampai presiden, adalah orang yang telah memiliki pengalaman panjang di bagian kerelawanan. Lantaran mereka yakini, saat seseorang pemimpin memiliki jiwa relawan yang kental dalam darahnya, jadi mereka bakal tambah lebih gampang untuk mencapai inti persoalan serta merampungkan permasalahan yang ada di orang-orang.

baca lagi inilah-mengapa-bandung-selalu-menjadi-kota-kreatif-di-indonesia/

Diluar itu masihlah terdapat banyak misi lain yang menginginkan diraih oleh Sekolah Relawan salah satunya, memberi edukasi kerelawanan di beberapa bagian, menggerakkan relawan di beberapa segi kemasyarakatan, jadi motor penggerak orang-orang dalam kemandirian, meningkatkan program kemanusiaan serta pemberdayaan orang-orang sampai bertindak aktif dalam pengawasan kebijakan pemerintah. Semuanya misi itu, dirangkum dalam visi tidak kecil yaitu bangun trah “Relawan sebagai beberapa Pemimpin Bangsa”

Sebagian Program Sekolah Relawan

Sebagai satu organisasi yang digerakkan dengan cara profesional melalui system terstruktur, Sekolah Relawan pasti memiliki sebagian agenda atau program sebagai konsentrasi dari aktivitas mereka. Sekurang-kurangnya ada 4 konsentrasi program yang bakal diterangkan di bawah ini.

Edukasi Kerelawanan
Program pertama yaitu seperti yang sudah diterangkan panjang diatas, yaitu untuk memberi edukasi pada beberapa relawan berkaitan dengan penambahan skill atau kekuatan dan wawasan. Semakin khusus lagi, ada 3 type kursus yang di sampaikan di Sekolah Relawan ini yaitu DLT atau disaster leadership training, Rescue Training dan Traning Comdev yang disebut latihan untuk mengikuti serta memberdayakan orang-orang baca juga tentang  dimas adi nugroho dan kiprahnya sebagai pengagas kewirausahaan.

Sosial Kemanusiaan
ffcdepok5Program ke-2 dari Sekolah Relawan yaitu terkait dengan usaha yang bersentuhan dengan cara segera dengan orang-orang. Salah satunya yaitu Free Food Car yang disebut sarana pemberian makanan dengan cara gratis pada sebagian tujuan seperti dhuafa, yatim, fakir miskin dan mereka yang tengah dalam perjalanan serta memerlukan makanan. Sarana ini, bahkan juga telah aktif di kian lebih 10 kota di semua Indonesia.

Diluar itu ada pula aktivitas ketuk barokah, di mana beberapa relawan bakal memberi pertolongan berbentuk sembako pada keluarga miskin dan golongan duafa. Bukan sekedar itu, di lingkungan orang-orang ada juga aktivitas CleanAction yang disebut gerakan pungut sampah serta dikerjakan dengan cara teratur oleh beberapa relawan serta orang-orang.

Pemberdayaan Orang-orang
Sekolah Relawan juga berusaha untuk tingkatkan keadaan orang-orang dengan cara finansial seperti pemberian modal usaha untuk beberapa duafa supaya dapat meningkatkan usaha. Diluar itu ada pula kursus spesial untuk beberapa relawan berkaitan dunia pengusaha supaya mereka dapat juga mempunyai pemasukan dari usaha dengan cara mandiri. Sekolah Relawan , Tempat Meningkatkan Skill Para Relawan Di  Indoenesia