Sejarah dan Tradisi Hari Valentine

Categories: Bandung UPDATE

bandungadvertiser.comHappy Valentine Day !! Buat kamu yang sudah berpasangan pasti udah punya rencana romantis berdua nih. Atau buat kamu yang jojoba alias jomblo-jomlo bahagia juga bisa loh merayakan dengan orang-orang tersayang, misal keluarga, sahabat, atau mungkin teman tapi mesra. Salah satu tradisi yang pasti ada ga boleh dilewatin adalah moment tukar kado. But anyway, pernah kepikiran ga sih sejarah muculnya Valentine, terus dari mana dan sejak kapan tradisi ini berasal ? Hmmm..

Valentine saat ini selalu dilambangkan sebagai hari kasih sayang dan penuh cinta, tapi ternyata sejarahnya ini menyimpan cerita kelam loh. Walaupun sampai saat ini ga ada sejarah yang pasti terkait hari Valentine, tapi kebanyakan menceritakan soal pengorbanan yang pahit dan identik dengan perayaan umat Nasrani.

Valentinus

Valentine, yang diyakini banyak orang, merupakan suatu sejarah tentang kisah kematian seorang bernama Valentine atau Valentinus, seorang martir (orang suci dalam ajaran Katolik), yang dihukum penggal pada tanggal 14 Februari. Saat itu Kaisar Romawi Cladius II melarang para tentara untuk menikah agar bisa fokus di medan perang. Tetapi hal itu dianggar oleh Valentinus yang menikahkan salah satu pasangan secara diam-diam. Lalu Valentinus dipenjara dan tanpa disadari dia jatuh cinta dengan salah satu putri kerajaan. Sebelum dihukum penggal, dia sempat membuat surat untuk sang putri yang tertulis “Dari Valentinus-mu”. Hal ini lah yang dikaitkan sebagai pengorbanan atas nama cinta dan kemudian dirayakan sebagai hari Valentine.

Salah satu yang identik dengan hari Valentine adalah saling memberi hadiah atau kartu ucapan. Ternyata tradisi memberi hadiah dengan orang tersayang di Hari Valentine, atau sekarang lebih sering jadi tradisi tukar kado, sudah dimulai sejak abad ke-18 dan bermula di Inggris. Saat itu kartu ucapan dibuat sendiri dengan ditambahkan hiasan pita dan renda. Lalu kartu ucapan itu akan diberikan kepada sang kekasih dan sang kekasih pun akan membalasnya dengan mengirimkan kartu ucapan dan hadiah.

Cupid

Sekarang ini kita akan dengan mudah menemukan berbagai kartu ucapan di gift shop dengan berbagai bentuk yang unik dan identik dengan lambang cupid dan lambang hati. Nah, darimana asal lambang-lambang ini ya ? Bukan lagi dari Inggris, tapi untuk lambang cupid dan lambang hati ini dipopulerkan oleh orang-orang Amerika. Di Amerika saat itu tradisi memberikan kartu ucapan memang kurang populer, lalu berawal dari postcard Valentine yang diterimanya dari Inggris, seorang Ester A. Howland pun memproduksi kartu ucapan sejenis dalam jumlah banyak dengan ditambahkan lambang cupid di setiap kartunya. Sejak saat itulah, di tahun 1874, pemberian kartu ucapan saat Valentine pun mulai banyak dilakukan hanya di kalangan terbatas sampai kemudian meluas ke seluruh penjuru Amerika dan dunia. Bahkan menurut data dari Greeting Card Association, 25% kartu yang dikirim setiap tahun adalah merupakan kartu ucapan Valentine loh.

baca juga Hotel Mewah di Bandung Ini Menawarkan Valentine Special Event

Hadiah di Hari Valentine

Sudah jadi tradisi kalah saat hari Valentine adalah waktunya memberikan hadiah pada pasangan atau saling bertukar hadiah dengan sahabat, keluarga dan orang-orang tersayang. Apa aja sih kira-kira yang pas buat jadi hadiah Valentine ? Ini dia beberapa hadiah yang pasti ada di hari Valentine.

Bunga

Yap, it’s a perfect time to give a flower ! Bunga bukan hanya sebagai kesan romantis tapi juga punya makna untuk mengekpresikan perasaan cinta yang tulus dan abadi, apalagi kalau bunganya ditanam sendiri. Bunga-bunga yang pas untyuk hari Valentine biasanya adalah bunga mawar, bunga iris, bunga lili, bunga anyelir, bunga tulip, dan masih banyak lagi.

Di Kota Bandung beberapa toko bunga ini bisa jadi referensi kamu untuk memilih bunga yang cantik, yaitu :

  • Gracia Florist – Jl. Pajajaran No. 92 A, Bandung
  • Arttya Florist –Pasar Bunga Watu Jl. Wastukencana No.34 Blok A13
  • Agust Florist – Pasar Bunga Palasari, Jl. Palasari No.2
  • Florash – Paris Van Java Mall, Resort Level, will be open until 19 February 2017

Chocolate & Cakes

Coklat yang berasal dari pohon “Theobroma Cacao” ini diyakini merupakan makanan para dewa. Jadi jaman dahulu coklat dianggap sesuatu yang mewah, mahal dan hanya diperuntukan bagi kaum elite. Lalu kemundian penggunaan coklat ini berkembang jadi sesuatu yang melambangkan kemewahan cinta, kasih sayang, dan persahabatan.

Toko Coklat

Kamu bisa menemukan beberapa toko coklat dan cake yang terkenal enak di Kota Bandung. Ini dia beberapa diantaranya :

  • Toko Coklat – Jl. Cimanuk No. 5, Bandung
  • The Harvest Patissier & Chocolarier – Jl. Ir. H. Juanda No,15, Bandung
  • Cizz Cheesecake & Friends – Jl. Laswi No. 1A, Bandung
  • Delfino Cake & Chocolate – Jl. Gandapura No.17, Bandung

Gift & Card

Pilihan lainnya adalah hadiah berupa boneka, pernak pernik lucu, aksesoris, perhiasan dan kartu ucapan yang unik. Biasanya hadiah dan kartu ucapan ini akan disertakan bersamaan denganbunga atau coklat. Berikut ini beberapa gift shop di Bandung yang bisa jadi alternatif untuk cari hadiah yang pas :

  • Grow Gift Shop – Jl. Pager Gunung No.13, Bandung
  • Celebrate Party & Gifts – Jl. Diponegoro No.1, Bandung
  • Jonas Photo & Studio – Jl. Banda No. 38, Bandung

 

baca juga Jasa Pasang Canopy Bandung