Rumah Kedua, Rumah Kreatif di Bandung

Categories: Bandung UPDATE, Fashion

bandungadvertiser.com –   Seakan ga pernah habis ide-ide seru para anak muda Kota Bandung, ada lagi nih satu tempat kreativitas yang jadi tempat berkumpil para anak-anak muda millenial ini atau yang sekarang ini populer disebut Y generation. Semakin banyak pula ladang usaha yang diprakarsai oleh generasi ini. Ide-ide kreatif dari para pengusaha muda ini tentunya juga bisa berkembang pesat jika disediakan tempat atau ruangan untuk memfasilitasinya.

Berdasarkan pemikiran ini lah akhirnya dua pengusaha muda Bandung, Arif Wicaksono dan Doddy Prapanca Hanondo memiliki ide cemerlang untuk membuat sebuah komplek perkantoran di dalam suatu rumah. Ide ini dudukung oleh para pengusaha muda lainnya yang juga membutuhkan tempat usaha dan kerja yang nyaman tapi sayangnya biaya sewa kantor di gedung atau ruko relatif tinggi. Finally, hadirlah Rumah Kedua yang ditujukan bagi para pengusaha kreatif Bandung untuk mengembangkan bisnisnya.

Rumah Kedua yang berada di salah satu komplek perumahan di Jalan Sultan Agung Tirtayasa. Ga jauh beda dengan rumah-rumah di sekitarnya, Rumah Kedua masih menggunakan arsitektur bangunan lama yang di cat putih dan terbuka. Rumah tapi kantor, kantor tapi rumah. Yap, Rumah Kedua yang mengusung tagline “house of creation” ini punya misi yang mulia yaitu menjadikan rumah ini sebagai rumah kedua bagi para pengusaha-pengusaha kreatif. Jadi tanpa meninggalkan konsep “kantor”, Rumah Kedua dibuat senyaman mungkin seperti di rumah sendiri. Setiap bulan akan diadakan event-event seru yang diselenggarakan oleh para tenant Rumah Kedua secara bergantian. Hal ini semakin membuktikan bahwa Rumah Kedua sebagai pusat kreatifitas.

Rumah Kedua

Rumah Kedua seketika menjadi satu kompek perkantoran dengan paket yang lengkap dan unik. Memiliki luas sekitar 572 m2 dengan bangunan 2 lantai, Rumah Kedua ini terdiri dari 7 bagian utama, yaitu 15 space untuk tenant, art space, public area, Rumah Kedua Office, warehouse & maintenance, mushola, dan parking area. Sampai saat ini sudah ada sekitar 12 tenant yang jadi penghuni Rumah Kedua, mulai dari food and beverage, kantor, tempat produksi, galeri, sampai production house.

Fasilitas public area dibuat se-asik mungkin. Tempat ini bisa jadi “ruang tamu” untuk bertemu klien, tempat santai sore sambil ngopi, atau cuma duduk-duduk cantik. Public area ini dubuat semacam taman terbuka yang dibuat semakin sejuk dengan adanya pepohonan dan kursi-kursi yang nyaman. Ada juga area rumput sintesis lengkap dengan bean bag untuk santai kalau lagi suntuk. Ohiya, Rumah Kedua ini buka 24 jam loh, karena pada dasarnya mereka sangat memahami bahwa waktu kerja para pengusahan kreatif ini sungguh tak terbatas.

Hal lain yang menarik dari Rumah Kedua ini adalah adanya artpace yang dinamakan For Room di area masuk. Artspace ini diharapkan mampu membawa nuansa seni di tengah kota dan semakin banyak para pecinta seni yang datang kesini. Bagi mereka yang berminat ingin memamerkan hasil karya seninya bisa banget loh dan tanpa biaya. Lalu setiap hari Minggu di Rumah Kedua ini akan membuka kelasberbagi.com , yaitu sebuah komunitas yang kegiatannya adalah berbagi dan menginspirasi. Sifatnya adalah open discussion jadi tidak menutup kemungkinan  para peserta pun bisa jadi pembicara dan berbagi pengetahuan satu sama lain. Wah, seru ya.

Penasaran ga sih apa aja yang ada di Rumah Kedua ? Selain Rumah Kedua Office, ini dia beberapa penghuninya :

  1. Our Cafe Deligfht
  2. Fruity
  3. The Dreams Cake
  4. Warung di Kaka
  5. 41 Coffe Shop
  6. Street Kitchen.id
  7. Adora Mora
  8. Mole Indonesia
  9. Woodka Watch
  10. Hellyeah Barber
  11. Petik Entertainment

baca juga Niion Indonesia, Tote Bag Kece dari Bandung

Mole Indonesia / @mole.indonesia

Mole Indonesia adalah sebuah brand tas asal Bandung menawarakan berabagai jenis tas wanita dengan berbagai pilihan warna. Mole diproduksi oleh pengerajin kulit asli Bandung dengan bahan pilihan dan kualitas yang sangat baik. Terbukti belum berapa lama berdiri, Mole sudah meng-export produknya ke Brunei dan Malaysia. Check it out, girls !

Mole

Adora Mora / @adoramora

Adora Mora menyediakan segala kebutuhan fashion untuk pria dan wanita. Mulai dari tas, sepatu dan aksesoris lainnya. Kebanyakan yang ada di Adora Mora ini adalah produk original dari luar negeri seperti Kate Spade, Converse, Kenzo, dan Tory Burch. Selain menyediakan ready stock disini pun bisa pre-order untuk produk yang belum masuk ke Indonesia.

AdoraMora

Woodka Watch / @woodka_

Woodka watch ini adalah inovasi jam tangan yang berbahan kayu. Sejak 2013 produk ini mulai terkenal dan jadi trend. Woodka menggunakan bahan dasarnya kayu recycled dengan kualitas yang bagus. Juga ada model pattern dengan menggunakan patern kain tenun. Serunya nih, Woodka Watch punya strap yang bisa dilepas dan diganti-ganti, jadi setiap hari bisa pakai strap jam yang berbeda-beda. Who wants ?!

woodka

 

Lokasi :

Rumah Kedua

Jl. Sultan Agung Tirtayasa No.41 Bandung

@rumahkedua.id

www.rumahkedua.info

 

baca juga 6 Tips Memilih Tempat Outbond Dari Taman Budaya Sentul