https://www.undercover.co.id – Bagi Anda yang hobi travelling atau sering ke Bandung, pasti tidak asing dengan Prama Grand Preanger. Hotel yang sudah ada sejak 1920 tersebut merupakan salah satu hotel tertua di Indonesia. Namun, meski sudah ada sejak seratus tahun lalu, Prama Grand Preanger termasuk dalam jajaran hotel bintang lima dengan banyak fasilitas yang memuaskan.

Prama Grand Preanger adalah salah satu hotel terbesar sekaligus tertua di Bandung. Berlokasi di Jalan Asia Afrika 81, hotel dengan 187 kamar tersebut dikelola oleh PT Aerowisata. Sejarah dibangunnya hotel yang dulunya bernama Grand Hotel Preanger tersebut dimulai pada 1884.

Di masa itu, usaha pertanian dan perkebunan para pemilik perkebunan di Priangan (Priangan Planters) berhasil dengan lancar di Bandung, yang dulu bernama Priangan. Karena hal tersebut, banyak Priangan Planters yang sering berkunjung, singgah, hingga berlibur di Bandung.

Sebuah toko di Groote Postweg (saat ini berubah menjadi Jalan Asia Afrika), menyediakan segala kebutuhan mereka. Karena beberapa sebab, toko tersebut bangkrut dan tutup pada 1897. Seorang Belanda bernama W.H.C. Van Deeterkom mengambil alih toko tersebut dan mengubahnya menjadi sebuah hotel dengan nama Hotel Preanger. Nama tersebut kemudian diubah menjadi Grand Hotel Preanger pada 1920.

Gaya Arsitek Grand Hotel Preanger

Grand Hotel Preanger yang berarsitektur Indische Empire menjadi kebanggaan orang Belanda selama lebih dari 25 tahun. Hingga Prof. Charles Prosper Wolff Schoemaker, merenovasi dan mendesain ulang Grand Hotel Preanger pada 1929. Gaya arsitektur fungsional stream line dan art deco menjadi desain utamanya. Pada 1998 kemudian, dilakukan penambahan jumlah lantai yakni sepuluh lantai menghadap ke Jalan Tamblong.

Pamor Grand Hotel Preanger pun semakin tinggi dan dikenal orang baik di dalam dan di luar negeri. Orang-orang pun merasa bangga jika bisa menginap di hotel yang terletak di sudah terkenal hingga luar Indonesia tersebut. Pengelola Grand Hotel Preanger pun selalu berganti dari tahun ke tahun. Di antara pengelola tersebut ialah N.V. Saut, C.V. Haruman, P.D. Kertawisata, dan PT. Aerowisata yang mengelola sejak 1987 hingga sekarang. Pada 2014 lalu, Grand Hotel Preanger mengubah namanya menjadi Prama Grand Preanger.

Sebagai wujud melestarikan warisan sejarah, Pemerintah Kota Bandung tidak melupakan peran Prama Grand Preanger sebagai saksi berdirinya Kota Bandung. Di Prama Grand Preangerlah para Preanger Planter singgah dan bersosialisasi. Pada September 2017 lalu, Pemerintah Kota Bandung mengadakan Historical Trips yang bertajuk “Explore Bandung Sejarah 207 Tahun”. Salah satu tujuan perjalanan sejarah tersebut adalah Prama Grand Preanger yang memiliki museum mungil di dalam hotel yang menyimpan perjalanan sejarahnya dengan rapi.

Seiring dengan waktu, Prama Grand Preanger turut melakukan beberapa kegiatan khusus untuk setiap ulang tahun. Seperti pada 2015 lalu, Prama Grand Preanger berhasil melakukan aksi peduli Donor Darah Akbar” yang diikuti oleh 375 peserta. Kegiatan dalam rangka perayaan ulang tahun tersebut menjadi salah satu wujud syukur atas perkembangan dan kemajuan yang dicapai Prama Grand Hotel.

salah Satu Hotel Tertua Di Bandung

Bila dibandingkan dengan hotel-hotel lainnya, Prama Grand Preanger adalah salah satu hotel tertua di Bandung yang usianya sudah mencapai 98 tahun sejak pertama didirikan yang berhasil mengikuti perubahan zaman. Meski demikian, Prama Grand Preanger selalu mengalami perkembangan dan perubahan seiring berjalannya waktu. Usia yang tua tidak membuat Prama Grand Preanger terbelakang, malah dari tahun ke tahun selalu ada inovasi dan peningkatan fasilitas. Hasilnya, saat ini Prama Grand Preanger sudah menjadi salah satu hotel bintang lima yang terkenal di Bandung.

Anda bisa mencapai Prama Grand Preanger dengan sepuluh hingga lima belas menit perjalanan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara. Selain itu, lokasi Prama Grand Preanger terbilang strategis di pusat Kota Bandung. Anda bisa berkunjung ke Trans Studio Bandung dan berbagai outlet perbelanjaan dalam waktu lima belas menit. Untuk ke Stasiun Kereta Bandung pun dengan mudah dicapai hanya dengan berkendara selama sepuluh menit dari Prama Grand Preanger.

Sebagai bangunan yang memiliki nilai sejarah, Prama Grand Preanger mengusung arsitektur dengan tema art deco yang disertai sentuhan Sunda yang otentik. Interior yang elegan dan modern disertai dengan pemandangan Kota Bandung, menjadi ciri khas tersendiri untuk Prama Grand Preanger. Dua sayap dari Prama Grand Preanger disatukan oleh menara modern dan area publik.

Kamar-kamar yang tersedia di Prama Grand Preanger  berukuran luas dengan fasilitas bathroom yang luas, brankas, hingga pembuat kopi/teh pribadi. Ada juga fasilitas ruang tamu dan ruang makan pribadi yang terpisah di dalam kamar.

baca juga

    Berbagai Jenis Makanan Di Preanger

    Makanan yang disajikan di Prama Grand Preanger beragam, mulai dari makanan khas Indonesia, makanan Asia hingga makanan Barat. Restoran di dalam hotel juga menawarkan breakfast ala Amerika yang dihidangkan secara prasmanan.

    Tidak hanya itu, Prama Grand Preanger juga memiliki fasilitas lainnya. Untuk bersantai, Anda bisa berkunjung ke area Pranger Lounge and Wine Corner yang nyaman. Juga, untuk Anda yang ingin menyelenggarakan acara khusus seperti pertemuan bisnis atau acara penting lainnya, Prama Grand Preanger menyediakan banquet hall yang luas dan nyaman.

    Dengan banyaknya fasilitas dan kenyamanan yang didapat, tidak heran jika banyak orang yang memberi review yang baik untuk Prama Grand Preanger. Tidak sekadar penginapan yang eksklusif dan bersejarah, Prama Grand Preanger juga senantiasa mengutamakan kepuasan dan kenyamanan Anda. Ketika Anda sedang berlibur, dalam perjalanan bisnis, atau ingin menyelenggarakan acara khusus yang istiewa di Bandung, Anda patut memilih Prama Grand Preanger sebagai pilihan utama.

    Bisa Melalui Online Booking

    Anda bisa dengan mudah memesan kamar di Prama Grand Preanger karena sekarang hotel selalu berhasil memuaskan pengunjungnya itu sudah bekerja sama dengan beberapa jasa penyedia layanan pemesanan penginapan secara online seperti booking.com, hotels.com, agoda, traveloka, pegipegi, .shingga misteraladin.com.

    Bila ditanya kunci di balik kesuksesan Prama Grand Preanger, mungkin jawaban pastinya adalah upaya untuk konsisten mengutamakan kepuasan dan kenyamanan pengunjung serta tidak berhenti untuk menjaga eksistensi diri. Bahkan, meski sudah berusia tua pun, Prama Grand Preanger tetap mengikuti perkembangan zaman, informasi dan teknologi sehingga terciptalah strategi marketing dan inovasi untuk memperlengkap fasilitas hotel. Tentu hal tersebut tidak terlepas dari kerja sama antara pihak pengelola internal Prama Grand Preanger dan masyarakat sekitar hingga Pemerintah Kota Bandung.

    Tertarik mengunjungi atau menginap di Prama Grand Preanger? Bila Anda sedang berada di Bandung, Anda bisa mendatangi Prama Grand Preanger  yang berlokasi di Jalan Asia Afrika No. 81, atau melakukan pemesanan secara langsung melalui telepon (022) 4231631. Atlternatif lainnya juga bisa Anda coba dengan melakukan pemesanan melalui jasa layanan pemesanan hotel secara online. Atau, Anda hanya ingin melihat-lihat saja? Prama Grand Preanger terhubung dengan situs online khusus yang bisa Anda akses dengan bebas yakni di  aerowisatahotels.com.



    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like