Pineus Tilu Pangalengan Sensasi Camping di Tepi Sungai Daerah Bandung

By | February 20, 2022

Pineus Tilu Pangalengan Sensasi Camping di Tepi Sungai Daerah Bandung , Menghabiskan waktu ke alam untuk liburan atau sekedar relaksasi dari penatnya kesibukan setiap hari menjadi tujuan liburan yang masih eksis hingga sekarang. Bahkan bagi beberapa orang yang menyukai alam, belum merasa relaksasi jika liburannya tidak di alam. Sehingga banyak lokasi wisata alam yang memiliki banyak peminat hingga sekarang. 

Di Bandung, yang terkenal dengan berbagai lokasi wisata menarik juga menawarkan tempat wisata alam yang tentunya masih asri. Berbagai jenis lokasi alam seperti hutan pinus, gunung, curug, hingga sungai banyak terdapat di Bandung. Salah satu wisata alam hutan pinus yang terkenal dan terbaru adalah Pineus Tilu Pangalengan, dimana lokasinya sekaligus di tepi sungai. 

Di hutan pinus ini menawarkan suasana asri khas hutan pinus dan tepi sungai. Di hutan pinus ini memiliki kegiatan utama yaitu camping atau berkemah, para pengunjung kan merasakan sensasi menginap di alam dengan suasana yang masih asri. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di hutan pinus ini.  

Lokasi Pineus Tilu Pangalengan

Pineus Tilu Pangalengan berlokasi di kawasan Hutan Pinus Rahing dan berada di Pinggir Sungai Palayangan. Lokasi tepatnya berada di daerah Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Bandung. Lokasinya masih asri dengan menawarkan suasana sejuk di tengah hutan dan di tepi sungai.

Tempat wisata ini cukup baru, yaitu untuk Pineus Tilu Pangalengan 1 baru dibuka 18 Juli 2021, sedangkan untuk Pineus Tilu Pangalengan 2 baru dibuka di bulan Oktober 2021. tempat wisata alam satu ini memang didesain untuk kembali ke alam tanpa mengubah lokasi alam sekitarnya, sehingga masih asri. 

Fasilitas dan Cara Booking di Pineus Tilu Pangalengan

Walaupun mengusung tema alam yang asri, jangan khawatir dengan fasilitas yang didapatkan. Tentunya fasilitas yang ditawarkan lengkap dan memiliki biaya yang sepadan. Untuk dapat menikmati fasilitas di tempat camping Pineus Tilu Pangalengan ini, pengunjung perlu melakukan booking online terlebih dahulu. 

Waktu camping yang ditawarkan yaitu mulai pukul 14.00 hingga 12.00 esoknya. Untuk fasilitas yang ditawarkan terbilang cukup beragam. Antara lain yaitu  ada stop kontak, tenda berkapasitas 4-6 orang, sleeping bag, kasur busa, private dining & coffee table, sarapan, alat memancing, lampu, eco & clean toilet, air hangat, area parkir yang dapat menampung hingga 25-30 mobil, alat masak Barbeque, area makan, dan sebagainya.

Kegiatan di Pineus Tilu Pangalengan

1. Camping

Menghabiskan satu malam atau beberapa malam di alam sepertinya akan sangat menenangkan. Tempat wisata alam satu ini pun juga menyediakannya, pengunjung dapat menikmati malam di hutan pinus sekaligus tepi sungai untuk merasakan suasana asri di alam. 

Bagi yang tidak mau ribet membawa perlengkapan kemah sendiri tidak perlu khawatir, karena di tempat ini sudah disediakan perlengkapan untuk camping, seperti tenda, alat masak, hingga sleeping bag. Jadi pengunjung hanya perlu menyiapkan pakaian hangat karena dipastikan udaranya akan jauh lebih sejuk.

Biaya untuk menyewa satu tenda di tempat ini juga tak terlampau mahal, pasalnya untuk hari biasa dipatok dengan harga Rp 500.000 / tenda. Sedangkan pada malam sabtu dan malam minggu harga yang dipatok yaitu Rp 650.000 / tenda. Dengan suasana yang asri dan menenangkan tentunya ini harga yang sepadan. 

Bagi yang ingin camping rame-rame juga tak perlu khawatir, karena kapasitas dari setiap tenda terbilang cukup banyak. Ada dua tipe tenda yang ditawarkan, satu tenda berkapasitas empat orang dan satunya lagi berkapasitas enam orang. Space yang ada di tenda juga terorganisir dengan baik, ada tempat tidur yang dipisah dengan berbagai tempat menaruh barang. 

2. Barbeque

Kegiatan camping sepertinya tidak akan lengkap jika tidak ada kegiatan barbeque an. Kegiatan ini cukup menjadi favorit para pengunjung. Tidak perlu bingung mengenai alat untuk barbeque, karena di setiap tenda telah disediakan alat panggang untuk barbeque masing-masing. Kegiatan ini akan semakin seru di malam hari yang cerah.

Untuk bahan barbeque seperti jagung, daging, ataupun kentang para pengunjung dapat membawanya masing-masing. Barbeque di tengah hutan dengan suara gemericik air sungai, cuaca yang dingin, sembari mengobrol dengan teman-teman tentunya akan semakin mengasyikan kegiatan barbeque ini.  

3. Rafting

Jika malam harinya barbeque bersama teman-teman, maka di siang hari yang cerah dapat melakukan kegiatan outdoor yang tak kalah mengasyikkan. Arus sungai yang tidak terlalu deras dengan pemandangan asri hutan akan sangat cocok digunakan untuk lokasi rafting. Para pengunjung dapat melakukan kegiatan dengan banyak teman. 

Sungai ini memiliki nama Sungai Palayangan, memiliki arus yang cukup stabil sehingga sangat cocok untuk kegiatan rafting atau arum jeram. Perlengkapan untuk kegiatan ini tentunya sudah disediakan. Kegiatan rafting ini bisa dinikmati semua orang minimal usia enam tahun. 

Tidak perlu bingung mengenai bagaimana jika kehabisan alat untuk rafting, karena di tempat ini ada berbagai jasa yang menawarkan kegiatan arum jeram ini. Ketika memasuki gerbang pengunjung akan ditawari untuk kegiatan rafting ini, sehingga tidak perlu repot-repot mencari jasa sendiri. 

4. Memancing

Kegiatan yang dapat dilakukan di salah satu tempat wisata di Bandung ini adalah memancing. Dengan suasana hutan yang sejuk dan asri tentunya akan memberikan sensasi memancing yang berbeda. Para pengunjung dapat membawa sendiri alat memancing mereka.

Namun sayangnya di sungai Palayangan tersebut tidak ada ikan, namun jangan khawatir. Karena telah disediakan kolam yang telah diberi bibit ikan. Sehingga para pengunjung dapat melakukan kegiatan memancing sekaligus bisa mendapatkan ikan segar. 

baca juga

    5. Meditasi

    Pergi liburan ke alam tentu alasannya untuk relaksasi, memanjakan mata dengan suasana asri alam, menikmati udara segar di alam, dan melupakan sejenak kesibukan yang menguras tenaga di keseharian. Kegiatan ini biasanya dinamakan dengan healing. Tentu kegiatan ini dapat dilakukan di Pineus Tilu Pangalengan. 

    Healing sederhana yang dapat dilakukan adalah meditasi. Melakukan meditasi di pagi hari depan tenda yang menghadap langsung ke sungai berlatar hutan tentunya sangat menenangkan. Para pengunjung dapat menenangkan pikiran dan merelaksasikan badan dengan mendengarkan suara alam seperti gemericik air. 

    Itu dia ulasan mengenai salah satu tempat wisata alam di Bandung. Jika ingin melihat lebih lengkap mengenai kegiatan para pengunjung disana, dapat ditemukan di akun instagram @pineustilu. Di akun instagram tersebut ada banyak dokumentasi dan contoh kegiatan yang dapat dilakukan di tempat wisata alam satu ini.  

    Untuk melakukan booking juga dapat dilakukan dengan menghubungi nomor yang ada di bio akun instagram tersebut. Berbagai potret seperti kegiatan pengunjung ketika camping, barbeque, rafting, atau sekedar berfoto dan menikmati pemandangan juga tersedia di sana. Memiliki pengikut yang telah mencapai lebih dari 98 ribu pengikut, tentunya membuktikan bahwa tempat wisata ini diminati banyak pengunjung. 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *