Di tengah persaingan dunia kerja yang semakin ketat, salah satu skill yang wajib dimiliki oleh para lulusan universitas dan pencari kerja adalah kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris, bisa menggunakan hasil ujian standard yaitu TOEFL ataupun IELTS.

Dengan semakin banyaknya peminat untuk mengikuti tes TOEFL Prediction , sekarang pun banyak yang mengadakan semacam kelas persiapan sebelum mengikuti tes. Penyelenggaranya ada yang dari lembaga tertentu atau bahkan dari pihak universitas sendiri.

Kelas persiapan ini biasanya sengaja diadakan untuk membantu para siswa yang ingin mengikuti tes TOEFL supaya bisa mendapatkan skor yang diinginkan. Materi yang diajarkan pun beragam, bisa materi bahasa Inggris dasar, latihan prediksi soal tes TOEFL, hingga praktek berbahasa Inggris yang penting untuk materi listening dan speaking.

Masalah yang biasanya dihadapi peserta tes TOEFL

Ada beberapa masalah umum yang biasanya dihadapi oleh para pengambil tes TOEFL di Indonesia dan di negara lain:

Kurangnya kemampuan dasar Bahasa INggris

Banyak peserta tes TOEFL yang baru mengikuti tes saat sedang membutuhkan sertifikatnya, jadi mereka hanya memiliki waktu sedikit untuk belajar. Sebenarnya ini bukan masalah, tapi usaha mereka jadi tidak maksimal karena mereka bahkan kurang menguasai kemampuan dasar bahasa Inggris.

Dalam kasus seperti ini memang sebaiknya mempersiapkan tes TOEFL dari jauh-jauh hari. Jika tidak memiliki waktu memang bisa langsung mengikuti kelas persiapan TOEFL yang diadakan dalam waktu singkat, tapi resikonya siswa akan kesulitan mengikuti pelajaran yang biasanya melewati membahas materi dasar.

Kurang motivasi

Ini bisa terjadi pada mereka yang tidak memiliki tujuan yang jelas untuk mengikuti tes TOEFL, entah karena mereka tidak tahu sertifikatnya mau digunakan untuk apa ataupun karena tidak memiliki target skor yang jelas. Kurangnya motivasi bisa menyebabkan kurangnya persiapan sebelum tes, sehingga hasilnya pun tidak akan maksimal.

Usia

Karena mengikuti tes TOEFL tidak dibatasi usia, akan wajar jika kalian menemui pemandangan peserta tes dengan rentang usia yang beragam. Tidak ada kata terlambat dalam mengikuti tes TOEFL, tapi bagi mereka yang mengikuti tes di usia yang sudah agak lanjut, mungkin bisa mengalami berbagai kendala tambahan seperti kurangnya motivasi hingga kesulitan belajar.

Yang diajarkan di kelas persiapan TOEFL

Persiapan khusus sebelum ujian wajar dilakukan dalam jenis ujian apapun, termasuk TOEFL. Persiapan khusus ini bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai ujian, baik dengan meningkatkan kemampuan untuk materi yang akan diujikan atau meningkatkan kemampuan dalam mengikuti ujian.

Lalu apa saja yang kira-kira akan diajarkan di kelas persiapan TOEFL?

Peningkatan motivasi

Ini sangat penting untuk para peserta sebelum mengikuti ujian, karena terkadang dalam proses persiapan sebelum tes, peserta bisa menjadi jenuh dan akhirnya kehilangan motivasi. Motivasi yang didapat dari kelas bisa didapat dari guru yang memberikan nasihat atau cerita pengalaman atau juga dari siswa-siswa lain sesama pejuang TOEFL.

Dengan mengikuti kelas persiapan TOEFL, kalian bisa terus mengingat tujuan awal kalian mengikuti tes ini dan menggunakannya untuk memotivasi diri supaya bisa terus belajar demi mendapat skor yang diinginkan.

Latihan pengembangan kemampuan

Seperti yang kita tahu, TOEFL bisa dibagi menjadi beberapa bagian seperti reading, writing, listening, dan speaking. Di kelas persiapan TOEFL kalian bisa mempelajari kesemua bagian ini secara merata.

Bahkan, jika kalian sudah tahu kelemahan kalian di bagian mana, kalian bisa meningkatkan intensitas di belajar di bagian itu melalui kelas persiapan TOEFL ini.

Strategi mengerjakan soal tes TOEFL

Strategi ini biasanya akan diberikan oleh guru atau pengajar yang sudah berpengalaman. Strateginya bisa berupa strategi menghadapi soal dengan teks panjang hingga strategi menghemat waktu pengerjaan tes TOEFL.

Kalian biasanya akan sulit menemukan strategi jitu seperti ini di luar kelas persiapan TOEFL, karena strategi ini berasal dari orang-orang yang sudah berpengalaman dengan soal-soal ujian TOEFL.

Pembiasaan diri dengan soal ujian

Di kelas persiapan TOEFL, biasanya kalian akan banyak diberikan prediksi soal ujian ataupun soal-soal ujian TOEFL dari beberapa tahun ke belakang. Semua soal ini akan sangat berguna supaya kalian jadi terbiasa dengan pola dan kombinasi dari tes TOEFL.

Walaupun tidak mungkin mengeluarkan lagi soal yang sama persis, tetap ada kemungkinan soal yang keluar akan memiliki tipe atau pola yang mirip.

baca juga

Kisi-kisi ujian

Kisi-kisi ujian yang diberikan bisa yang resmi ataupun yang tidak. Kisi-kisi ini akan membantu kalian dalam memprediksikan soal seperti apa yang kira-kira akan keluar saat ujian.

Dengan adanya kisi-kisi ini, kalian juga jadi bisa menyusun jadwal belajar yang baik dan lebih tertata sehingga bisa mempersiapkan semua materi yang diperlukan dengan baik sebelum ujian.

Praktek dan feedback

Dalam kelas persiapan TOEFL, kalian mungkin juga akan melakukan beberapa kali simulasi ujian TOEFL. Hasil dari ujian simulasi ini bisa kalian jadikan acuan, sejauh mana kemampuan diri kalian menghadapi tes TOEFL.

Setiap selesai ujian, kalian bisa mendiskusikan hasilnya dengan guru dan teman-teman di kelas. Dari sini kalian bisa mendapatkan feedback yang dapat membantu kalian mengerjakan soal-soal ujian dengan lebih baik.

Tips menghadapi ujian

Bagi sebagian orang, tes TOEFL ini sangat berharga sebagai kunci untuk membuka masa depan yang lebih cemerlang. Karena itu tidak jarang orang akan merasa grogi atau takut saat mengikuti ujian.

Di kelas persiapan TOEFL kalian juga akan diberi beberapa tips supaya bisa mengerjakan ujian dengan tenang, mulai dari cara mengatasi kecemasan saat waktu sudah mau habis atau saat tidak tahu jawaban dari beberapa soal. Dengan mengikuti kelas persiapan TOEFL, kalian juga jadi memiliki persiapan yang lebih baik dari segi materi, jadi tidak perlu takut lagi menghadapi soal-soal TOEFL.

Link Penting Lister.co.id

TOEFL Predictionhttps://lister.co.id/toefl-ibt-prediction/
Kursus Bahasa Inggris Dewasahttps://lister.co.id/english-for-adults/
Kursus IELTShttps://lister.co.id/kursus-ielts/
Kursus Bahasa Inggrishttps://lister.co.id/kursus-speaking/
kursus academic essayhttps://lister.co.id/academic-writing/
Kursus Bahasa Inggris Karyawanhttps://lister.co.id/business-english/
Kursus Academic Englishhttps://lister.co.id/kursus-general-english/
Kursus TOEFLhttps://lister.co.id/kursus-toefl/
Kursus TOIEChttps://lister.co.id/kursus-toeic/
Kursus Grammarhttps://lister.co.id/kursus-grammar/
Kursus Persiapan Kuliah Luar Negerihttps://lister.co.id/university-preparation/
Kursus Bahasa Inggris Anakhttps://lister.co.id/english-for-kids/
Kursus Bahasa Inggris Remajahttps://lister.co.id/bahasa-inggris-remaja/
Kursus GREhttps://lister.co.id/kursus-gre/
Bimbingan Jurnal Ilmiahhttps://lister.co.id/bimbingan-menulis-jurnal/
Kursus GMAThttps://lister.co.id/kursus-gmat/
Kursus SAT.https://lister.co.id/kursus-sat/
IELTS Predictionhttps://lister.co.id/test-prediction/
Kursus TPAhttps://lister.co.id/kursus-tpa/
Kursus Bahasa Belandahttps://lister.co.id/kursus-bahasa-belanda/
Kursus Bahasa Arabhttps://lister.co.id/kursus-bahasa-arab/
Kursus Bahasa Jermanhttps://lister.co.id/kursus-bahasa-jerman/
Kursus Bahasa Jepanghttps://lister.co.id/kursus-bahasa-jepang/
Kursus Bahasa Mandarinhttps://lister.co.id/kursus-bahasa-mandarin/
Jasa Proof Readinghttps://lister.co.id/proofreading/
Kursus Bahasa Turkihttps://lister.co.id/kursus-bahasa-turki/
Kursus Bahasa Koreahttps://lister.co.id/kursus-bahasa-korea/
Kursus Bahasa Prancishttps://lister.co.id/kursus-bahasa-prancis/
Kursus Native Speakerhttps://lister.co.id/native-speaker/

­Materi yang diajarkan di kelas persiapan TOEFL

Kebanyakan kelas persiapan TOEFL mengambil materi dari buku teks yang juga sering digunakan untuk pembelajaran bahasa Inggris biasa. Tapi karena memang khusu dipersiapkan untuk tes TOEFL, para pengajar biasanya sudah memiliki persiapan lebih tentang materi tes TOEFL terbaru dan juga soal-soal latihan TOEFL.

Pembelajaran di kelas persiapan TOEFL juga biasanya selalu di-update untuk mengikuti perkembangan soal-soal yang diujikan di TOEFL. Dibandingkan dengan kelas pembelajaran bahasa Inggris biasa, kelas persiapan tes TOEL akan lebih banyak menekankan pada strategi untuk mengikuti ujian TOEFL dan tidak banyak mengadakan aktivitas interaktif, baik dengan guru maupun siswa lain.

Banyak pengajar kelas persiapan TOEFL yang juga lebih fokus dengan memberikan latihan soal dan praktek pada siswa, juga memberikan berbagai tips atau strategi khusus dalam mengikuti ujian. Dampaknya, beberapa kelas TOEFL bisa menjadi sedikit membosankan karena lebih serius dibandingkan kelas belajar bahasa Inggris pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like