Oleh-Oleh Makanan Favorit Dari Bandung

bandungadvertiser.com – Jalan-jalan ke Bandung ini rasanya belum lengkap banget deh kalau belum bawa oleh-oleh dari Bandung. Bandung yang terkenal dengan aneka jajanannya yang super unik dan lezat ini pasti juga punya aneka makanan khas yang asli loh dan wajib kamu cicipin juga. Ini dia 5 toko oleh-oleh, dari sekian banyak toko oleh-oleh, yang selalu ramai dan jadi salah satu favorit para wisatawan. Rasanya pengen bawa pulang semuanya,deh.

Kartika Sari

Kartika Sari

Nama toko oleh-oleh yang satu ini memang udah sanget terkenal dan jadi tempat wajib dikunjungi sebelum pulang liburan dari Bandung. Toko oleh-oleh ini berdiri sejak tahun 1970-an dan awalnya hanya menjual bolen pisang dengan resep asli turun temurun. Kue andalah dari Kartika Sari adalah bollen pisang, bollen peuyeum, bollen keju, brownies panggang, aneka kue kering dan bermacam-macam jajanan pasar khas Bandung.

Saat ini Kartika Sari, yang punya toko pertama di Jalan H. Akbar dan masih ramai sampai sekarang,  sudah tersebar di banyak toko cabangnya, yaitu di Jalan Kebon Kawung, Kebon Jukut, Antapani, Kopo Sayati, Buah Batu, dan di Dago yang punya termpat paling luas dan bersatu dengan resto Madame Sari. Bahkan Kartika Sari ini juga bisa gampang banget ditemuin di rest area dan bebererapa tempat oleh-oleh umum lainnya.

Prima Rasa

picnic roll

Ini salah satu tempat oleh-oleh favorit di Bandung yang menyedian aneka pastry super enak banget. Salah satu yang paling diburu adalah picnic roll nya Prima Rasa yang hot from the oven. Belum ada 10 menit pasti picnic roll ini udah habis diambil pengunjung. Picnic roll yang crunchy ini ada dua rasa, yaitu rasa ayam atau rasa sapi dan juga dilengkapi dengan potongan telur dan keju. Yummy !

Pilihannya lainnya ada brownies, aneka bolu, kue sus, aneka jajajan pasar, aneka kerupuk, dan aneka kue kering. Kalau suka yang manis-manis dan segar disini juga ada aneka puding yang disediakan di gelas kecil dengan pilihan banyak toping dan rasa, lalu ada slice cake dan mousse cake.

Prima Rasa ini hanya ada di Kota Bandung aja dan tersebar di beberapa cabang, yaitu di Jalan Kemuning yang merupakan pusatnya, Jalan Pasirkaliki, Jalan Buah Batu dan Jalan Lingkar Selatan.

baca juga Dago Dream Park, Taman Impian di Tengah Hutan Pinus

Gepuk Ny. Ong

Gepuk Ny.Ong

Gepuk ini adalah semacam daging empal, biasanya dari daging sapi yang dikukus lalu dipipihkan lalu dimasak dengan bumbu racikan. Gepuk yang memang salah satu masakan khas sunda ini jadi oleh-oleh wajib kalau ke Bandung. Satu tempat makan gepuk yang enak banget dan terkenal yaitu Gepuk Ny. Oong.

Di Gepung Ny. Ong ini tersedia aneka pilihan yaitu beef original, beef salty, beef extra pedas, dan beef less sugar. Selain daging sapi juga ada olahan daging ayam loh, ada chicken original dan chicken spicy. Enaknya nih makan gepuk itu dengan nasih putih panas, wuih sedap banget deh. Gepuk Ny, Ong ini ada di Jalan Pasir Kaliki No.106 Bandung.

Brownies Amanda

Amanda

Ini bisa jadi adalah salah satu pelopor hits nya kue brownies kukus aneka rasa di Bandung. Yap, Browies Amanda ini menyediakan kue brownies yang enak dan empuk dengan banyak pilihan rasanya. Mulai dari brownies cheese cream, blueberry, tiramisu, choco marble dan rasa original yang masih jadi pilihan favorit.

Brownie Amanda yang awalnya buka di Jalan Ranca Bolang ini sudah punya beberapa toko cabang yang tersebar di Bandung, serti di Paskal Hyper Square, Jalan Cibabat Cimahi, Jalan Dago, Jalan Cikawao, dan bahkan di luar kota termasuk di beberapa rest area. Walaupun sudah tersebar luas tapi keaslian rasanya masih sama kok dan enak banget dinikmatin dengan segelas kopi panas atau teh hangat.

Kue Soes Merdeka

Sus Merdeka

Ini dia salah satu kue khas Bandung yang sampai sekarang masih jadi favorit sebagai oleh-oleh Bandung. Kue soes ini termasuk legenda loh karena sudah berdiri sejak tahun 1969 dan masih mempertahankan cita rasa originalnya sampai sekarang. Dinamakan Sus Merdeka ini karena memang awalnya toko kue ini adanya di Jalan Merdeka Bandung. Setelah sempat berpindah tempat, saat ini Soes Merdeka pun kembali lagi ke Jalan Merdeka, tepatnya di bawah Hotel La Grande dan persis di sebrang BIP Mall.

Disini tersedia dua macam kue soes, yaitu kue soes basah dengan isi fla didalamnya dan kue soes kering yang crunchy dan gurih. Kue Soes dengan isi fla inilah yang jadi favorit, ada soes ukuran besar dan soes ukuran kecil dengan pilihan isi fla original dan fla rhum. Sedangkan soes kering tersedia dengan ukuran kecil dan bisa bertahan sampai delapan bulan. Selain kue soes yang terkenal disini adalah kue bagelen kering yang super cruncjy dan manis juga beberapa pilihan kue enak lainnya.

So, make sure to take one of them ya !

baca juga Weekend Asik di The Lodge Maribaya Lembang