Nikmati Kuliner Betawi yang Tak Lekang Oleh Waktu

Categories: Jakarta's Update

bandungadvertiser.com – Jika ingin mengupas habis mengenai Jakarta nampaknya memang tidak pernah ada habisnya. Selalu ada saja yang bisa dibahas mengenai ibu kota negara ini. Namun salah satu hal yang saat ini jarang sekali menjadi perhatian orang adalah mengenai budaya betawi yang semakin lama semakin meluntur saja.

Sudah banyak sekali orang yang melupakan budaya betawi ini bahkan mengenai kuliner betawi saja orang sudah banyak yang tidak perduli. Padahal jika banyak sekali dibahas bukan tidak mungkin ini akan menjadi salah satu potensi wisata yang baik.

Ada banyak sekali sebenarnya kuliner betawi yang bisa menjadi salah satu andalan untuk Anda yang ingin mengenal Jakarta lebih dalam. Berikut ini adalah beberapa kuliner betawi yang cukup populer antara lain:

  • Gado-gado dan Karedok

Ini menjadi salah satu makanan khas Betawi yang cukup populer sekali dana saat ini juga masih cukup mudaha untuk ditemukan. Pada dasarnya kedua makanan ini berbeda, hanya saja ada kemiripan dari tipe memasaknya yaitu dengan menggunakan berbagai macam sayuran dengan diberikan bumbu kacang. Perbedaannya hanya pada kemaatangan sayuran dimana gado-gado menggunakan sayur matang sementara karedok menggunakan sayur mentah.

  • Soto Betawi

Ini juga menjadi salah satu makanan yang sampai sekarang masih cukup populer sekali dimana makanan ini masih bisa kita temukan di mana-mana. Salah satu keunikan dari soto ini adalah menggunakan santan yang akan membuat soto ini terasa cukup gurih pada saat dinikmati.

 

  • Bir Pletok

Kalo yang ini merupakan salah satu minuman khas Betawi yang juga memiliki banyak sekali khasiat yang cukup baik. Minuman ini bukan merupakan bir yang biasanya membuat orang mabuk, melainkan ini merupakan minuman yang terbuat dari sari kayu secang yang dicampur juga dengan jahe.

  • Kerak Telor

Ini merupakan salah satu jajanan khas betawi yang biasanya banyak sekali ditemukan menjelang adanya ulang tahun Jakarta. Untuk menemukan makanan ini bukan merupakan hal yang sulit juga. Kerak telor ini memiliki ciri khas berupa terbuat dari ketan dicampur dengan telur yang digoreng pada penggorengan arang. Jika sudah matang ditaburi dengan serundeng

baca juga Wisata Seru di Bird & Bromelia Pavilion Bandung

5 Tempat makan khas Betawi

Sesudah melihat beberapa makanan khas Betawi ini rasanya memang belum lengkap jika kita hanya mengetahuinya saja tanpa mencicipi rasanya. Namun untuk merasakan beberapa makanan ini saat ini cukup sulit karena tidak mudah untuk ditemukan. Tetapi jangan khawatir karena ini masih ada beberapa tempat untuk menikmati makanan ini antara lain:

  1. Soto Betawi H.Mamat, ini menjadi salah satu pelopor soto betawi yang ada di Jakarta dan soal rasa juga sudah tidak perlu di ragukan kembali karena sudah terbukti rasanya. Ada banyak sekali orang yang datang ke outlet makan yang satu ini. Salah satu tempat makan ini ada di kawasan Serpong dan bisa dibilang cukup ramai sekali setiap harinya.
  2. Kafe Betawi, ini menjadi salah satu tempat makan modern yang ada di Jakarta yang menyediakan berbagai menu khas Betawi yang bisa membuat Anda menikmati makanan khas ini. Salah satu menu yang disediakan seperti gado-gado, karedok, soto betawi dan juga laksa.
  3. Rumate, ini juga menjadi salah satu tempat makan khas Betawi yang sudah modern dimana pada restoran ini memiliki salah satu menu andalan yaitu Laksa Betawi. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau sekali yaitu hanya dengan 30 ribuan saja Anda sudah bisa menikmati kuliner betawi ini. Interior yang ada pada restoran ini juga cukup modern.

 

4. Rumah Baba, ini merupakan salah satu tempat makan yang ada di kawasan Fatmawati dan juga merupakan salah satu yang paling lengkap di Jakarta ini. Restoran ini juga menyediakan kerak telor yang cukup besar porsinya. Selain itu di restoran ini juga tersedia soto betawi dan juga laksa.

 

 

  1. Gado-gado BonBin, ini memang sudah cukup terkenal sekali dimana restoran ini menyediakan menu makanan berupa gado-gado yang enak sekali di Jakarta. Restoran ini sudah cukup populer sekali karena banyak pejabat yang sudah menikmati gado-gado di tempat ini. Sehingga ini menjadi salah satu tempat yang populer.

Beberapa tempat makan yang diatas memang menjadi beberapa tempat makan yang populer. Namun saat ini untuk bisa menikmati makanan ini bukan merupakan hal sangat sulit. Karena ada beberapa tempat makan yang bisa dinikmati juga berupa tempat makan kaki lima yang banyak sekali menyediakan menu makanan khas Betawi ini. Jangan sampai salah karena memang banyak sekali kuliner betawi yang lainnya bisa dicoba.

baca lagi Tempat Makan Cheese Tart Paling Hits di Jakarta

Ketika sudah menikmati beberapa kuliner ini memang menjadi salah satu yang paling penting sekali. Untuk Anda yang ingin menikmati makanan ini juga jangan khawatir karena bisa memasak sendiri. Ada banyak sekali resep makanan khas Betawi yang bisa kita coba ini. Pastinya bukan merupakan hal yang mudah untuk memasak karena ada beberapa rempah-rempah khas yang memang akan membuat kita lebih bisa memasak dengan cepat. Jadi mulai sekarang carilah makanan khas Betawi yang akan membuat kita semakin cinta dengan Jakarta.