https://www.undercover.co.id – Saat ini saluran NET.TV menjadi saluran TV yang paling digemari dikalangan millenial. Program-program yang disajikan NET. TV sangat berbeda dari program saluran TV lainnya. NET. TV selalu mengajak pemirsanya untuk menonton acara-acara televisi yang positif dan bahkan mengadakan program yang terkadang mengajak pemirsa untuk bergabung menjadi bagian dari siaran NET. TV seperti program NET CJ (Citizen Journalism).

Ditahun pertamanya berdiri, NET TV sudah berhasil mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Indonesia dan dipilih sebagai saluran TV terbaik saat ini.

Sejarah Berdirinya NET. TV

News and Entertainment Television (NET) merupakan sebuah stasiun televisi yang didirikan pada tanggal 18 Mei 2013 dan diresmikan pada tanggal 26 Mei 2013. Pada Maret 2013, beberapa bulan sebelum meresmikan NET. TV, PT. NET Mediatama mengakuisisi saham kepemilikan Spacetoon dan sekitar 95% dari saham tersebut dialih oleh Indika Group.

Lalu pada tanggal 18 Mei 2013, siaran Spacetoon berhenti mengudara dan mulai digantikan oleh program-program milik NET. Pada hari Sabtu 18 Mei 2013, NET memulai siaran percobaannya selama satu pekan.

Siaran dilakukan dari pukul 05:00 sampai dengan puku 24:00 WIB. Dan pada tanggal 26 Mei 2013 pihak NET mengadakan acara Grand Launching Media Revolution yang disiarkan langsung dari Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat pada pukul 19:00 WIB. Jam tayang NET.

Akhirnya diperpanjang setelah selesai dari masa siaran percobaannya menjadi pukul 04:00 sampai dengan pukul 02:00 WIB. Dan pengecualian untuk bulan suci Ramadhan, masa siaran NET. Berlangsung menjadi 24 jam penuh.

Perubahan dari Spacetoon menjadi NET  sempat menuai kontroversi

Jika sebelumnya Spacetoon memiliki program siaran yang berfokus pada program untuk anak-anak, maka setelah beralih menjadi NET. Siaran yang berlangsung berubah menjadi siaran hiburan dan berita yang sebagian besar siarannya diperuntukkan bagi pemirsa kalangan remaja dan dewasa.

Pihak NET. Tetap menayangkan sekitar 5 program kartun unggulan yang dimiliki Spacetoon. Acara kartun tersebut disiarkan pada hari Senin sampai dengan hari Jum’at yang dimulai pukul 13:30 sampai dengan 16:00 WIB yang diberi nama program “NET. Playground/NETOON”. Namun saat ini, siaran tersebut sudah tidak lagi mengudara.

Proses perubahan dari stasiun TV Spacetoon menjadi NET. TV menuai kontroversi dikalangan publik. Perubahan ini diduga sebagai modus jual beli izin.

Jual beli izin seperti ini sangat bertentangan dengan UUD pasal 34 ayat 4 UU No. 32 tahun 2002 tentang perihal penyiaran. Pihak KPI menduga adanya modus jual beli izin dikarenakan perubahan dari Spacetoon yang memiliki program siaran untuk anak-anak namun setelah menjadi NET program siarannya berubah menjadi program yang diduga tidak layak untuk anak-anak.

Pada hari Rabu 5 Juni 2013, pihak NET. TV bersedia memenuhi undangan KPI untuk menyampaikan jawaban dan klarifikasi terkait dugaan jual beli izin tersebut.

Profil Lengkap Dari CEO & Founder NET. TV : Wishnutama

Founder sekaligus CEO dari NET. TV adalah Wishnutama Kusubandio. Merupakan lulusan komunikasi dari Mount Ida College Boston, Amerika Serikat.

Lahir pada tanggal 4 Mei 1976. Lalu kembali pulang ke Indonesia pada tahun 1994 dan mendapat pekerjaan distasiun televisi Indosiar dan mendapatkan posisi sebagai Supervisor On Air Promotion.

Karir dan pengalaman Wishnutama

Setahun kemudian dipindahkan kebagian produksi dan mendapatkan posisi sebagai Producer Director. Karirnya di Indosiar kian menanjak, sampai akhirnya mengantarkan Wishnutama ke posisi sebagai Executive Producer News and Production Division.

Selang tak berapa lama dari posisi sebelumnya, Wishnutama mendapatkan kembali promosi dan menjabat dibagian Production Manager.

Pada tahun 2001 tepatnya setelah 7 tahun mengabdi kepada Indosiar, Wishnutama kemudian memutuskan untuk pindah ke Trans TV. Mendapatkan posisi sebagai Kepala Divisi Produksi.

3 tahun kemudian, Wishnutama mendapatkan promosi lalu diangkat menjadi Direktur Operasional. Dan mendapatkan promosi kembali menjadi Wakil Direktur Utama setahun kemudian.

Pada tahun 2006, Para Group yang merupakan kelompok usaha milik Chairul Tanjung (Pemilik Trans Corp) membeli saham TV7. Saat itu Wishnutama dipercaya sebagai Direktur Utama untuk beberapa program unggulan milik Trans, seperti Extravaganza, Opera Van Java, Dunia Lain, Indonesia Mencari Bakat, dan masih banyak lagi.

Memutuskan untuk membangun sendiri stasiun televisi yang berkualitas

Keberhasilan Wishnutama dalam membuat program-program hiburan unggulan menjadikan Trans TV dan Trans 7 sebagai saluran TV nasional yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Wishnutama mengabdi selama 11 tahun kepada trans. Hingga akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri. Karena bentuk keprihatinnya terhadap siaran televisi yang semakin lama kualitasnya semakin berkurang.

Wishnutama mempuyai keinginan untuk membangun sebuah stasiun televisi yang juga melatar belakangi keputusannya untuk mengundurkan diri dari Trans. Wishnutama lalu mendirikan NET. TV bersama partnernya yang bernama Agus Lasmono. Wishnutama kembali menuai keberhasilan untuk NET. TV dibawah kepemimpinannya.

Prestasi yang berhasil diraih NET. TV

NET.TV sudah mendapatkan banyak prestasi bahkan ditahun pertamanya berdiri. Pada tahun 2014, NET.TV menjadi nominasi dari 6 kategori di ajang penghargaan bergensi Singapura yaitu, ATA 2014 (Asian TV Awards). Adapun kategori nominasi tersebut adalah; 2 nominasi untuk kategori BEST COMEDY PROGRAMME, 1 nominasi BEST ENTERTAINMENT(ONE-OFF/ANNUAL), 3 nominasi untuk kategori BEST MUSIC PROGRAMME.

Pada tahun 2015, NET.TV menjadi stasiun televisi yang mendominasi penghargaan dengan berhasil membawa empat piala anugerah diajang penghargaan “Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (Anugerah KPI) 2015”.

Lalu ditahun 2016, NET.TV kembali mendapatkan penghargaan diajang penghargaan tahunan KPI. Kali ini NET membawa tiga piala anugerah dari ajang penghargaan tersebut.

NET. TV meluncurkan komunitas GoodPeople

Pada tanggal 27 September 2017, NET. meluncurkan sebuah komunitas yang diberi nama Good People, sesuai dengan slogan yang dimiliki NET.

Komunitas ini berisi pecinta NET. yang dimanfaatkan untuk membentuk suatu komunitas yang akan menjadi wadah bagi para pecinta NET. yang didominasi oleh kaum muda agar dapat menjadi komunitas yang kreatif dan positif,

adanya komunitas ini juga bertujuan agar kaum muda di Indonesia mampu menjadi Good People atau kaum yang berguna bagi yang lainnya. komunitas ini sudah memiliki lebih dari 200 anggota yang tersebar di 25 kota besar di Indonesia.

Didalam komunitas ini, para anggota dapat saling bertukar pikiran, dan mengadakan kegiatan yanng bermanfaat bersama-sama.

Mengapa NET. TV mampu menjadi saluran TV terbaik dalam waktu yang dingkat?

Diusianya yang masih sangat muda dalam dunia pertelevisian Indonesia, NET. mampu menjadi saluran TV terbaik dinegeri ini. NET. memiliki tujuan yaitu untuk menyuguhkan program berkualitas dan mengajak seluruh masyarakat untuk cerdas dalam memilih tontonan.

Dengan tujuan ini, maka NET. tidak main-main dalam menentukan konsep dari sebuah program yang akan ditayangkan. Kualitas program tidak hanya ditunjukkan dari segi konsep program yang berbeda dengan stasiun TV lainnya, namun juga dari SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki NET. juga sangat berkualitas.

Meskipun masih terbilang baru, namun NET. sama sekali tidak tertarik untuk membuat program mainstream demi mengejar rating tertinggi. NET. menjadi saluran televisi pertama yang mengedepankan kualitas dan kreativitas.

baca juga

    Setiap tayangan program dikemas dengan apik

    Sejak awal diresmikan, NET. mengatakan bahwa mereka akan selalu mengajikan tayangan program yang berkualitas, berbeda dan fresh, namun juga edukatif.

    NET. membuktikannya melalui program-program yang sekarang ini menjadi tayangan favorit dikalangan masyarakat. Baik dari program komedinya, teleseries, dan bahkan program berita infotainment yang disampaikan sesuai fakta dan bebas gosip.

    Dasi sisi tayangan edukatif, NET. mampu membuat sebuah tayangan program edukatif yang dikemas dengan sangat menarik. NET. sangat cepat dalam menyampaikan informasi terbaru dalam dan luar negeri.

    Selain dari sisi program yang ditayangkan, NET. juga berfokus pada perkembangan teknologi masa kini. NET. mampu menyediakan gambar yang jernih melalui channel HD.

    Program Televisi Unggulan NET. TV

    Berikut ini beberapa program siaran unggulan dari NET. TV yang menjadi favorit masyarakat Indonesia :

    NET NEWS

    ·         86

    86 merupakan sebuah program acara dengan format Reality Show yang bekerjasama dalam penggarapannya bersama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Acara ini bertujuan untuk menunjukkan keseharian polisi ketika sedang bertugas dilapangan. Kata 86 sendiri adalah sebuah kode sandi yang sering digunakan oleh para polisi yang artinya, “dimengerti/roger”.

    Melalui program ini, masyarakat Indonesia diajak untuk mengenal polisi lebih dekat lagi dengan melihat bagaimana cara kerja dari polisi untuk mengamankan dan menertibkan lingkungan masyarakat, baik itu dari keamanan lalu lintasnya, dan keamanan yang lainnya.

    Acara 86 dapat ditonton juga melalui saluran YouTube.

    ·         Entertainment News

    Entertainment News merupakan salah satu program hiburan dengan format infotainment yang berisi berita-berita selebritis baik dari dalam negri maupun luar negri. Acara ini memiliki motto “No Gossip” dengan tujuan untuk memberikan informasi para selebriti sesuai fakta. Dalam acara ini tidak hanya membahas seputar kehidupan para selebriti saja, namun juga membahas tentang film, tokoh, musik, tren mode, seni dan juga biografi. Entertainment News tayang setiap hari dengan jam tayang 30-60 menit.

    Acara ini dibawakan oleh presenter Aubry Beer, Caesar Gunawan, Deva Mahenra, Dominique Diyose, Garindra Bimo, Maria Sabta, Shafira Umm, dan Temmy Rahadi.

    Entertainment News juga dapat ditonton melalui saluran YouTube.

    ·         Indonesia Morning Show

    Indonesia Morning Show merupakan program siaran dengan format berita. Acara ini berada dijam waktunya sarapan. Berita yang disuguhkan sangat beragam. Adapun segmen acara yang dibawakan berupa :

    • Berita nasional yang meliputi : Politik, hukum dan kriminal, bisnis dan finansial, sosial dan ekonomi, kultur, dan juga edukasi.
    • Prakiraan Cuaca
    • Laporan Lalu Lintas
    • Ulasan Surat Kabar
    • Informasi Kesehatan
    • Olah raga
    • Infotainment : segmen ini diambil dari program Entertainment News
    • Informasi Musik
    • Dialog Interaktif

    NET ENTERTAINMENT

    ·         Waktu Indonesia Bercanda

    Waktu Indonesia Bercanda merupakan sebuah acara komedi yang dipandu oleh pelawak Cak Lontong, dan didampingi oleh pembawa acara Fitri Tropika dan Nabila Putri, beserta 2 pembawa acara lainnya yakni Peppy dan Insan Nur Akbar. Acara ini permainan utama yaitu, TTS (Teka-Teki-Sulit). Dalam acara ini, biasanya akan mengundang 2 tamu artis atau terkadang tokoh politik untuk diajak ikut bermain. Acara ini memiliki beberapa peserta permainan yang bersifat tetap seperti, Bedu, Arie Kriting, Peppy, Deni Chandra.

    Acara Waktu Indonesia Bercanda juga dapat disaksikan disaluran YouTube.

    Waktu Indonesia Bercanda – Kejutan Ulang Tahun Untuk Cak Lontong

    ·         The Comment

    Acara The Comment dibawakan oleh 2 presenter yang sebelumnya merupakan penyiar radio, yaitu Dimas Danang dan Imam Darto. Acara ini merupakan acara yang sangat menghibur, karena kedua presenter tersebut akan mengomentari berbagai hal seperti video, gambar, meme, capture sosmed dan masih banyak hal lagi yang selalu mereka komentari dengan gaya yang menghibur.

    Pengisi acara The Comment selain kedua presenter ini adalah, Dud n’ Dudes (bagian musik), dan bintang tamu undangan.

    Acara The Comment juga dapat disaksikan disaluran YouTube.

    Gimana Show – YouTubers Keren

    NET TALKSHOW

    ·         Ini Talk Show

    Ini TalkShow merupakan acara TalkShow yang dibawakan dengan gaya komedi. Acara ini akan membahas mengenai persoalan yang sedang menjadi topik hangat dimasyarakat maupun persoalan yang terjadi diantara kalangan selebriti. Acara Ini TalkShow dibawakan oleh presenter sekaligus pelawak yang bernama Sule dan ditemani oleh Andre Taulany.

    Selain kedua pembawa acara, turut pula artis yang ikut meramaikan program ini yaitu Maya Septa yang berperan sebagai asisten rumah tangga Sule.

    Acara Ini Talkshow dapat juga disaksikan disaluran YouTube.

    ·         Sarah Sechan

    Sarah Sechan merupakan sebuah acara talkshow yang dipandu oleh presenter senior Sarah Sechan. Didalam acara ini, presenter Sarah Sechan akan berbincang-bincang dengan para tamunya dengan gaya yang santai yang terkadang diselingi oleh candaan. Acara ini sudah dimulai sejak tanggal 27 Mei 2013 sampai sekarang.

    Acara talkshow Sarah Sechan dapat juga disaksikan disaluran YouTube.

    NET SITCOM

    ·         The East

    The East merupakan sebuah program Komedi Situasi yang akan menggambarkan kehidupan dibalik layar program-program unggulan NET. TV. Pemain utama dari program sitcom ini merupakan istri dari CEO NET Wishnutama yaitu Gista Putri.

    Komedi situasi yang satu ini dikemas dengan sangat menghibur. Melalui program ini pula pemirsa sedikit diberi gambaran bagaimana kerja keras para talent dibalik layar untuk menghasilkan program berkualitas. Serial sitcom ini dimulai sejak tanggal 31 Januari 2015 hingga sekarang. Pengisi program ini melibatkan aktor-aktor kawakan seperti Lukman Sardi dan Dwi Sasono.

    Acara The East dapat juga disaksikan disaluran YouTube.

    ·         OK-JEK

    OK-JEK merupakan sitcom lain andalan NET. Didalam sitkom ini digambarkan kehidupan para tukang ojek online yang bekerja sama menjadi mitra OK-JEK. Sitkom ini terinspirasi dari model transportasi umum yang saat ini sedang sangat populer dikalangan masyarakat.

    Acara OK-JEK dapat juga disaksikan disaluran YouTube.

    NET DOCUMENTARY

    ·         Indonesia Bagus

    Indonesia Bagus merupakan acara dokumenter yang menampilkan keindahan alam Indonesia dan keberagaman budayanya. Narator dari program ini merupakan penduduk asli daerah dari daerah yang diliput untuk acara tersebut.

    Program inipun pernah beberapa kali mendapat penghargaan dari KPI dalam tiga tahun berturut-turut. Dari tahun 2013-2015. Program ini mendapat penghargaan sebagai “Program Televisi Feature Budaya Terbaik – 2014” dan “Program Televisi Feature Terbaik-2015”. Penghargaan tahun 2-13, program ini hanya masuk kedalam nominasi penghargaan.

    Acara Indonesia Bagus dapat juga disaksikan disaluran YouTube.

    NET MAGAZINE

    ·         iLook

    iLook merupakan sebuah program acara yang membahas tentang fashion secara keseluruhan. Baik fashion wanita, maupun fashion pria. Acara ini juga memberikan tips-tips seputar gaya fashion dari kepala sampai kaki yang mudah untuk diikuti pemirsa.

    Program iLook memiliki beberapa segmen unggulan, seperti: DIY (Do-it-Yourself), What’s In?, dan AskiLook.

    Acara iLook dapat juga disaksikan disaluran YouTube.

    ·         d’SIGN

    d’SIGN merupakan sebuah program acara yang membahas tentang dunia desain. Program ini khusus membahas desain interior. Program ini menyuguhkan berbagai tips inspiratif untuk desain interior yang kreatif baik untuk bangunan rumah maupun untuk bangunan usaha seperti ruangan kantor atau café dan restoran.

    Tidak hanya tips desain, diprogram ini juga disuguhkan tips furniture yang bisa dilakukan sendiri, dan tips penataan furniture yang tepat dan cocok dengan konsep ruangan.

    Acara d’SIGN dapat juga disaksikan disaluran YouTube.

    ·         Chef’s Table

    Chef’s Table merupakan sebuah acara memasak yang dipandu oleh seorang chef handal yang bernama Chef Chandra. Acara memasak ini dikemas dengan sangat menarik. Acara ini selalu mendatangkan bintang tamu yang akan diberi kejutan hidangan makanan istimewa yang akan disiapkan oleh Chef Chandra.

    Acara Chef’s Table dapat disaksikan melalui saluran YouTube.

    ·         Weekend List

    Weekendlist merupakan program siaran akhir pekan yang membahas dan menayangkan tempat wisata, event menarik, musik, film, tempat rekomendasi untuk makan dan semua tips yang perlu kaum muda perlukan untuk mengisi waktu diakhir pekan.

    Acara Weekendlist dapat juga disaksikan disaluran YouTube.

    NET SERIES

    ·         Cinta dan Rahasia

    Cinta dan Rahasia merupakan salah satu tayangan Teleseries yang bertemakan tentang cinta dan persahabatan. Dalam serial teleseries ini, pemirsa akan disuguhkan cerita cinta yang rumit antara tiga orang sahabat yang sudah berteman dari kecil.

    Yang berbeda dari teleseries ini dari yang lainnya adalah, akting yang dibawakan secara natural dan tidak ada tokoh antagonis yang bertindak berlebihan. Semua adegan dalam serial ini digambarkan sesuai dengan kehidupan sehari-hari sehingga tidak membawa dampak buruk bagi kalangan remaja yang menontonnya.

    Episode-episode lengkap dari serial Cinta dan Rahasia dapat disaksikan disaluran YouTube.

    NET MUSIC

    ·         Breakout

    Breakout merupakan sebuah acara musik yang dikemas dengan fresh. Berbeda dengan acara musik lainnya, acara musik yang satu ini menayangkan video klip terkenal dari dalam dan luar negeri. Acara ini pertama kali mengudara pada tanggal 18 Mei 2013. Dan dipandu oleh Boy William yang saat ini didampingi oleh aktris yang juga penyanyi Sheila Dara Aisha. Program acara ini merupakan salah satu program andalan NET. TV dimana pemirsanya adalah kalangan remaja dan dewasa yang tertarik dengan perkembangan musik masa kini.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like