Museum Galeri Seni Nu Art Sculpture Park

Bandung tak pernah lepas dari kesenian. Ini dibuktikan dengan kesenian yang terus berkembang di Kota Mode ini. Adanya galeri seni di kota ini juga menunjukkan bahwa masih ada seniman-seniman hebat yang terus menjaga nilai seni di kota Bandung ini.

Salah satu galeri seni favorit yang selalu ramai pengunjung di kota Bandung adalah museum galeri seni Nu Art Sculpture Park. Galeri ini bukan hanya dipenuhi para pecinta seni saja, namun diminati oleh berbagai kalangan dari anak-anak sampai orangtua.

Galeri Seni Nu Art Sculpture Park ini beralamat di Jalan Sutra Duta Kencana II No. 11 Bandung. Tempat ini berada di komplek perumahan dan tidak susah untuk mencarinya.

 

Bapak Nyoman Nuarta, pendiri Museum Galeri Seni Nu Art Sculpture Park

 

Pernah melihat Monumen Proklamasi Indonesia yang ada di Jakarta? Atau pernah mendengar Patung Garuda Wisnu Kencana yang ada di Badung Bali? Nah, patung-patung tersebut merupakan karya-karya dari pendiri dan pemilik  Galeri Seni Nu Art Sculpture Park ini. Beliau bernama Bapak I Nyoman Nuarta.

 

Bapak Nuarta ini berasal dari Bali dan lulusan dari Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB yang sudah menghasilkan ratusan karya seni. Putra keenam dari sembilan bersaudara dari pasangan Wirjamidjana dan Samudra adalah salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru.

 

Beliau mendirikan Nu Art Sculpture ini di tanggal 11 November 2000. Galeri ini awalnya hanyalah sebagai tempat penyimpanan semua karya-karyanya, namun karena orang-orang sering datang berkunjung ke galeri ini akhirnya tempat ini dibuka secara umum sebagai tujuan wisata seni.

 

Karya – karya yang terdapat di Museum Galeri Seni Nu Art Sculpture Park

Di dalam Galeri Seni Nu Art Sculpture Park ini kita akan menemui 123 patung dan 69 buah lukisan yang terbuat dari logam dan polyestersin.

Beberapa patung dan lukisan yang bisa kita temui adalah:

·        Patung Woman in Red

Patung ini merupakan patung wanita dengan gaun dan sepatu berwarna merah yang sedang memainkan biola. Patung ini dibuat pada tahun 2000 oleh I Nyoman Nuarta.

·        Patung Miss Wooly

Patung ini merupakan sebuah patung domba putih yang yang dibuat dari bahan tembaga di tahun 1992.

·        Patung My Home

Patung ini berbentuk rumah yang kebakaran dengan tulisan INDONESIA di depan rumah tersebut.

·        Patung Fire Horse

Seperti namanya, patung ini berbentuk kuda yang di tubuhnya terdapat api-api kecil. Ini menggambarkan hewan kuda sebagai teman manusia ketika perang di zaman dulu.

·        Patung Drupadi

Patung menggambarkan tentang 3 pribadi yang terdapat dalam satu patung. Ketiga pribadi itu adalah pria yang sedang merentangkan tangan ke bawah dengan wanita yang merentangkan tangan ke atas, mereka sedang menggapai seorang bayi. Lalu di kiri atas terdapat sosok dengan fisik yang menyeramkan (seperti gambaran iblis)

 

Patung ini menggambarkan tentang sepasang kekasih yang berhasil dirasuki oleh iblis hingga mereka berhubungan sebelum menikah dan akhirnya menghasilkan bayi yang pada akhirnya mereka aborsi.

·        Man and Cosmos

Patung ini berbentuk lingkaran dengan sebuah tangan di bagian atas memakai jam tangan dan di kiri patung terdapat sekumpulan manusia yang saling menumpuk.

·        TRAP

Patung TRAP ini menggambarkan manusia yang sering terjebak karena ulahnya sendiri.

·        Patung El Toro, Patung Armageddon, Patung Bianca, Patung La Madame, Patung Stress, Patung Night Mare, dll

·        Lukisan The Superstar, Lukisan Iner Matador, Lukisan Queen Soraya Dance, dll

 

Fasilitas di Museum Galeri Seni Nu Art Sculpture Park

 

1.      Sculpture Park dan Gallery Nu Art Building

Museum Galeri Seni Nu Art Sculpture Park berdiri di atas tanah seluas tiga hektar dan di desain dalam bentuk landmark taman. Semua karya seni patung dan lukisan dari galeri seni ini tidak hanya kita temui di dalam ruangan saja namun berada di luar ruangan juga.

Gedung museum ini terdiri dari dua lantai, di lantai satu adalah gudangnya karya-karya dari Bapak Nuarta sedangkan di lantai dua kita tidak hanya menemui karya dari Bapak Nuarta saja tetapi juga karya-karya seniman lain.

2.      Craft Boutique

Disini kita bisa membeli miniature dari karya-karya bapak Nuarta dan seniman-seniman lain dan juga buku dari bapak Nuarta.

3.      Nesti Cafe

Nesti Cafe ini menyediakan makanan dan minuman khas Bali. Cafe ini buka pukul 09.00 – 18.00 di hari Senin – Jumat dan di hari Sabtu – Minggu buka dari pukul 11.00 – 22.00.

4.      Workshop

Di galeri ini kita juga bisa belajar cara membuat patung dari tanah liat. Kita akan diajarin terlebih dahulu dengan mencontohkan bagaimana membuatnya lalu setelah itu kita akan disuruh untuk membuat seperti apa yang sudah dicontohkan.

 

 

Tiket Masuk ke Museum Galeri Seni Nu Art Sculpture Park

Anak kurang dari 2 tahun Gratis
Anak – anak dan pelajar Rp 25.000
Umum Rp 50.000

 

 

 

Info dan kontak

Telepon : (022) 2017812/ 2017816

Website : www.nuarta.com

Email : sculpturepark@nuarta.com

You cannot copy content of this page