Mitos Salah Di Bulan Puasa Dan Fakta Zakat Fitrah

Categories: Bandung UPDATE

bandungadvertiser.com  – Mitos Salah Di Bulan Puasa Dan Fakta Zakat Fitrah |  Tahu tidak  nyatanya banyak mitos yang mengedar masalah puasa. Jangan pernah travelers terjerat oleh mitos-mitos yang salah itu. Takutnya beribadah puasa travelers jadi tidak lancar. pegipegi sendiri juga kerap mendengar mitos-mitos salah masalah puasa. Apa saja nih mitosnya?
1. Mandi waktu puasa yaitu makruh (baiknya tidak dikerjakan)
Kenyataannya :

Tidak benar kalau mandi waktu puasa yaitu makruh soalnya tidak ada dalil yang memperkuat hal itu. Terlebih, mandi waktu berpuasa mesti dikerjakan. Rasulullah sendiri pernah mencurahkan air ke atas kepala beliau saat puasa lantaran tengah kepanasan.

2. Korek hidung atau telinga membatalkan puasa
Kenyataannya :

Walau banyak yang berasumsi sekian, namun tidak ada dalil yang tunjukkan hukum itu.
3. Menggosok-gosok gigi saat tengah puasa bisa kurangi pahala puasa
Kenyataannya :

Menggosok-gosok gigi jadi disarankan waktu puasa. Terlebih Islam yaitu agama yang mementingkan kebersihan.

4. Berenang bisa membatalkan puasa

Kenyataannya :

Berenang tidak membatalkan puasa seandainya sepanjang berenang tidak ada air yang terminum, baik berniat maupun tidak berniat. Yang jadi permasalahan yaitu saat berenang sukai ada air yang terminum, terlebih bila yang berenang yaitu pemula. Jadi, bila anda belum sangat pakar berenang, baiknya tidak usah berenang saat puasa.

5. Menangis bisa membatalkan puasa
Kenyataannya :

Yang buat puasa batal yaitu bila kita memasukkan suatu hal ke pada badan, seperti makan atau minum. Sesaat, menangis itu tidak ada hubungan dengan makan atau minum, jadi tidak akan membatalkan puasa.

6. Puasa bisa mengakibatkan sakit
Kenyataannya :

 

Menurut riset yang telah dikerjakan, puasa jadi baik untuk kesehatan. Dehidrasi enteng waktu puasa malah dapat mengatur kerja manfaat ginjal serta untuk pasien masalah lambung serta diabetes, beribadah puasa bakal kurangi penyakit yang terkena.

 

Mitos Salah Di Bulan Puasa Dan Fakta Zakat Fitrah Begitu halnya penyakit maag yang tidak jadi rintangan untuk berpuasa, namun bergantung dari type serta parahnya penyakit. Pasien maag fungsional (usus 12 jari serta lambung normal, namun manfaat terganggu), puasa malah menyehatkan. Sedang, pasien maag organik (berlangsung lantaran kelainan automatis, seperti luka pada lambung atau usus 12 jari), baiknya tidak puasa lantaran dapat mengakibatkan pendarahan.

Baca Juga berbagai-tradisi-unik-bulan-ramadhan-di-indonesia/

7. Ibu menyusui dilarang puasa lantaran punya pengaruh pada bayi yang disusui
Kenyataannya :

Hingga sekarang ini, belum ada bukti riset yang tunjukkan kwalitas serta jumlah ASI menyusut atau berat tubuh bayi alami penurunan apabila ibu puasa saat menyusui. Puasa di bln. Ramadhan yaitu harus untuk tiap-tiap umat Muslim, termasuk juga ibu hamil serta menyusui. Namun, beberapa ibu yang tengah menyusui mesti tahu persoalan keadaan biologis serta psikologis ibu agar bayi tidak dikorbankan waktu ibu berpuasa.

8. Tidak bisa berolahraga saat puasa
Kenyataannya :

Malah kesibukan fisik waktu puasa baiknya tidak dikurangi. Bila anda tetaplah menginginkan berolahraga, pastikan saat mendekati buka puasa, 1- 2 jam terlebih dulu atau 2 – 3 jam selanjutnya. Berolahraga bakal merangsan keluarnya hormon anti insulin yang berperan melepas gula darah ke badan. Bila kurang bergerak atau berolahraga, badan jadi bakal merasa lemas, bahkan juga pingsan lantaran kandungan gula dilewatkan alami penurunan mencolok.

9. Tidur saat puasa yaitu beribadah serta dianjurkan
Kenyataannya :

Memanglah benar ada hadist yang mengatakan kalau tidur waktu puasa yaitu beribadah. Namun, tidur tidak dapat jadikan patokan orang itu melaksanakan ibadah atau tidak. Lantaran, bila anda tidur selalu serta meremehkan beribadah atau pekerjaan, hal itu yaitu haram hukumnya.

10. Segera tidur setelah sahur bakal menentramkan lambung
Kenyataannya :

Sesudah sahur baiknya tidak segera tidur untuk hindari naiknya makanan dari lambung ke kerongkongan (reflux). Berikan jeda sekian waktu dahulu, hingga perut merasa nyaman, tak merasa mual, serta menginginkan muntah.

Fakta Fakta Seputar Zakat Fitrah Penutup Bulan Puasa Ramadhan

Membayar zakat termasuk juga kedalam rukun Islam. Satu diantara zakat yang harus dibayarkan untuk anda yang beragama Muslim yaitu zakat fitrah di bln. suci Ramadhan.

Terkecuali ditujukan untuk menolong orang yang kurang dapat, zakat fitrah juga dikerjakan supaya individu yang membayar zakat kembali fitrah atau suci seperti waktu baru dilahirkan. Ada kenyataan serta ketetapan yang perlu kamu paham.kamu mengerti mengenai zakat fitrah, dari mulai sebagian prasyaratnya hingga siapa saja yang memiliki hak terima zakat.

1. Prasyarat harus untuk membayar zakat fitrah

Tidak tiap-tiap orang mesti membayar zakat fitrah di bln. Ramadhan serta tidak setiap waktu zakat ini dapat dibayarkan. Ada kriteria spesifik yang perlu tercukupi untuk dapat membayar zakat fitrah. Kriteria itu yaitu :

1. Anda mesti beragama Islam
2. Anda mempunyai harta yang berlebihan untuk diri anda sendiri serta keluarga
3. Yang harus dibayarkan zakat fitrahnya yaitu semua anggota keluarga serta beberapa orang sebagai tanggungan kamu
4. Bayi yang lahir sebelumnya saat magrib tanggal 1 Syawal serta istri yang dinikahi sebelumnya Maghrib tanggal 1 Syawal juga harus dibayarkan zakatnya

2. Tidak kecil zakat yang perlu anda keluarkan

Besarnya zakat yang perlu anda bayarkan yaitu 3, 2 liter atau 2, 5 kg. Zakat yang anda bayarkan berbentuk bahan makanan pokok sesuai sama daerah tempat anda tinggal, seperti beras, gandum, tepung atau kurma.

Baca Juga tips-jaga-rumah-di-saat-mudik-pulang-kampung-ramadhan/

2. Saat buat kamu keluarkan zakat fitrah

Ada beberapa saat spesifik yang diputuskan sebagai saat untuk membayar zakat fitrah. Bila anda membayarkan zakat di luar dari beberapa saat yang diijinkan, zakat yang anda bayar dikira cuma sedekah umum, bukanlah zakat fitrah. Ketetapan saat untuk zakat fitrah yaitu :

1. Dari pertama bln. sampai akhir bln. Ramadhan waktu malam takbiran
2. Dapat pula membayar zakat sesudah salat subuh sebelumnya salat Idul Fitri, namun hukumnya sunnah
3. Makruh bila anda membayar zakat sesudah salat Idul Fitri
4. Haram hukumnya membayar pada Hari Raya Idul Fitri waktu matahari telah terbenam

3. Penerima zakat

Pada umumnya ada 8 kelompok yang memiliki hak terima zakat fitrah, yakni fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, serta ibnu sabil. Namun, zakat fitrah diprioritaskan diberikan pada dua kelompok paling utama, fakir serta miskin. Lantaran fakir serta miskin yaitu kelompok beberapa orang yang dikira paling tidak dapat, hingga mereka dapat juga turut merayakan hari raya idul fitri seperti beberapa orang lain.

4. Akibat bila Anda Tidak Membayar Zakat Fitrah

Sebagai umat Islam, harus hukumnya membayarkan zakat fitrah bila anda termasuk juga beberapa orang yang dapat. Bila keharusan anda tidak dikerjakan, tentu ada hukuman atau akibat yang perlu anda tanggung, yakni :

1.Pastinya anda bakal memperoleh dosa bila anda dapat namun tidak membayar zakat
2. Puasa yang anda lakukan selam satu bulan penuh jadi tidak sempurna
3. Terbentuk karakter kikir serta egois dalam diri kamu
4. Rejeki bakal jadi sempit