Mendjamu Cafe Bandung

jave.my.idKunjungi Mendjamu Cafe Bandung untuk Cita Rasa Jamu Authentic , Ngopi di café itu sudah biasa, tapi ngedjamu di café baru luar biasa.  Mengupas tempat kuliner di kota Bandung memang tidak ada habisnya. Hampir disetiap sudut di kota Bandung terdapat tempat kuliner yang menarik untuk disambangi.

Ada saja ide kreatif muncul di tengah merebaknya coffee shop, resto, dan café-café di Bandung.   Masyarakat Bandung tidak sekedar mengeksplorasi cita rasa makanan tapi juga terus berkreativas dengan  konsep dan ide baru dalam dunia kuliner.

Baru-baru ini sebuah café di Bandung bernama Mendjamu berhasil menarik perhatian. Café ini hadir untuk memberikan cita rasa jamu tradisional dengan rasa yang authentic.  Saat ini belum banyak café di Bandung yang secara khusus menyajikan produk jamu tradisional dengan konsep modern.

Jamu Sebagai primadona di Masa Pandemi

Sejak tahun 2019 pandemi Covid 19 mewabah hampir ke seluruh penjuru dunia, tidak terkecuali di Indonesia.  Dengan proses penularan yang relatif cepat membuat virus ini menjalar dan merengut nyawa manusia dalam hitungan menit.

Saat vaksinasi belum tersebar secara merata maka yang dapat dilakukan untuk pencegahan penularan adalah dengan menjaga daya tahan tubuh dan secara ketat serta patuh dalam menjaga protokol kesehatan.

Di masa pandemi berbagai jenis rimpang-rimpangan menjadi salah satu komoditi yang paling dicari. Jenis rimpang atau rempah yang dapat diolah menjadi jamu diantaranya Jahe Merah dan Jahe putih, Lengkuas, Kunyit, Kencur dan Temulawak.   

Jahe memiliki kandungan gingerol dan shogaol yang memberikan efek hangat saat dikonsumsi.  Sedangkan kunyit mempunyai kandungan curcumin yang menjadikannya sebagai rimpang dengan antioksidan terbaik. Sedangkan Temulawak mengandung tumerol yang mempunyai kemampuan sebagai antiradang, antibakteri dan pelancar metabolisme di dalam tubuh manusia.

Berbagai jenis rimpang tersebut telah terbukti bermanfaat sebagai antioksidan, antibiotik alami dan antiperadangan.  Bahkan rimpang dapat dipadukan dengan beberapa tanaman herbal yang juga memiliki banyak khasiat dan kegunaan, seperti  daun kelor, sereh daun jeruk.

Pilihan Menu Jamu di Mendjamu Café

Sebagai salah satu café yang mengusung tema healthy life maka ragam pilihan manu makanan dan minuman yang tersedia pun bertujuan untuk dapat memberikan manfaat baik bagi Kesehatan yang mengkonsumsinya.

Minuman jamu identik dengan rasa pahit dengan aroma rempah yang kuat dan menyengat, padahal jika diracik dan dimodifikasikan dengan bahan alami lainnya akan menciptakan rasa yang manis dan menyegarkan.

Nama-nama Jamu di café ini cukup menarik perhatian, karena unik dan kreatif.  Sebut saja jamu

Ikat Perawan yang diracik dari bahan alami kunyit, jeruk nipis, madu, daun basil dan kulit jeruk.  Begitu juga dengan jamu Penyelamat Kesegaran, yang merupakan perpaduan antara jahe,lengkeng dan jeruk nipis.   

Begitu juga dengan minuman Lelembut, minuman berbahan dasar kencur ini di ramu dengan susu kedelai dan madu serta krim yang hangat.  Khasiat dari minuman ini memberikan efek nyaman dan tenang sekaligus menyehatkan.

Asem Tipis-tipis merupakan minuman jamu best seller di café ini,  kombinasi asem Jawa, daun mint, jeruk nipis, air karbonasi dengan tambahan madu, terasa segar tanpa mengurangi keaslian jamu itu sendiri .

Tersedia Juga minuman Teh herbal Tisane, yang merupakan seduhan dari berbagai macam rempah alami asli Indonesia, seperti  kayu manis, cengkeh, bunga talang. Atau menu Nona Manis yang merupakan perpaduan ciamik antara bir peletok, bluberry, jeruk nipis dan madu.

Bagi penikmat kopi wajib mencoba Menu Susu Emas karena mempunyai taste nya hampir menyerupai kopi, racikan kunyit dicampur susu dan gula aren. Begitu juga dengan Dunia Lelaki yang merupakan perpaduan sempurna dari jamu dan kopi.

Menu Makanan Sehat di Mendjamu Café

Selain menikmati rasa jamu yang original, di Mendjamu café juga menyajikan pilihan makanan sehat yang mengundang selera.  Beberapa menu makanan berat diantaranya Pad Thai, Pho 88, Tahu Goreng Singapura, Ayam Salut Nanas dan Iga Goreng Saus Wansuy.

Semangkuk Pad Thai sajian asal Thailand,  disajikan dengan menggunakan rempah-rempah khas Indonesia.  Cita rasanya yang unik dari saus asam manis dan pedas menjadi lebih segar dengan tambahan daun ketubar dan daun jeruk. Tentunya disajikan lengkap dengan taburan kacang tumbuk, tauge dan kerupuk sebagai toppingnya.

Jika ingin menikmati Jamu dengan kudapan ringan, pengunjung dapat memilih menu Suikiaw Ayam, yang dibuat dari campuran daging ayam dan udang berbalut kulit pangsit atau menu Salad yang disajikan bersama so’un beserta beberapa potong kentang goreng berbumbu kari, saus kacang dan taburan rempah.

Hidangan pencuci mulut yang juga mencuri perhatian adalah Pudding Roti Boba yang dikreasikan dengan krim Daun Kelor yang terkenal mempunyai sejuta manfaat kebaikan bagi kesehatan. Tekstur puddingnya yang super lembut dan manis menjadi makanan penutup yang wajib untuk dicoba.

Café Mendjamu sebagai Healthy Life Space

Café ini di desain minimalis sehingga menjadi terasa luas, dengan beberapa sentuhan artistik yang instagramable membuat para pengunjung tertarik untuk berfoto ria di beberapa spot unik dan membagikannya di halaman media sosial.

Memiliki fasilitas tempat makan indoor dan outdoor yang membuat pengunjung leluasa memilih suasana, untuk menikmati cita rasa Jamu asli beserta makanan sehat lainnya di café ini. Café ini pun kerap digunakan sebagai ruang diskusi “Bincang Mendjamu” dengan berbagai tema topik menarik seputar Yoga dan kecantikan.

Terdapat open space yang cukup luas sebagai tempat penyelenggaraan Yoga. Yoga dikenal memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.  Tidak hanya untuk meningkatkan kebugaran, melatih pernafasan tapi juga untuk memperbaiki postur tubuh dan sarana relaksasi.  Mendjamu café membuka kelas Yoga privat bersama Amora Yoga Studio setiap Senin, Rabu dan Jumat.

Café ini tidak hanya menyajikan menu vegetarian friendly tapi juga mengusung tema green environment dengan memanfaatkan banyak tumbuhan hijau alami disekitaran café ditambah ornamen-ornamen tanaman hidup disetiap sisi ruangan.  Ditunjang dengan suhu udara dan iklim kota Bandung yang Sejuk membuat Café ini sangat rekomen untuk dikunjungi.

Kolaborasi apik Café Mendjamu dengan Beberapa Kuliner Legendaris di Bandung

Mendjamu café telah berkolaborasi dengan toko kue jajanan pasar Sari-Sari, jadi selain dapat menikmati rasa Jamu yang asli, di café ini pengunjung dapat mencoba berbagai macam ragam kue jajanan tradisional khas berbagai daerah.  Seperti kue klepon, nagasari, lapis legit dan jenis kue lainnya yang rasanya menggoyang lidah.

baca juga

Bahkan hanya di Mendjamu Café pengunjung dapat menikmati klepon dalam bentuk kopi.  Menu ini bernama Es Kopi Buah Melaka, merupakan kombinasi dari espresso, gula merah, sari pandan dan parutan kelapa.

Yang terbaru, Mendjamu akan menghadirkan menu Ronde Jahe dari Barat dengan berkolaborasi bersama Ronde Jahe Alketeri yang merupakan salah satu kuliner legendaris Bandung yang berdiri sejak 38 tahun silam dan masih sangat digemari sampai hari ini.

Café yang terletak di Jl. Sukaresmi No. 5 Cipedes Sukajadi, Kota Bandung ini terus bereksplorasi untuk menghadirkan menu-menu unik dan terbaik, terutama dalam menyajikan kuliner sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *