Makanan Tradisional Surabi Enhaii Bandung

Categories: Bandung's Culinary

Bandungadvertiser.com – Makanan serabi adalah makanan ringan yang bisa kita peroleh di tempat, seperti di pasar. Serabi ini pada mulanya berasal dari bahasa sunda yang artinya sura. Dan kata sura tersebut berarti besar. Yang pasti, makanan surabi ini merupakan salah satu jajanan dari Indonesia, tepatnya di daerah Bandung. Karena surabi itu sendiri memang pada dasarnya termasuk makanan tradisional dari Bandung, yang bisa disebut juga dengan Surabi Enhaii Bandung.

Namun meskipun begitu, kenyataan menunjukkan bahwa ternyata surabi lebih terkenal di pulau jawa. Karena itu makanan surabi ditetapkan sebagai makanan khas jawa. Bentuk makanan surabi yang terkesan mirip dengan pancake ini, memiliki ukuran yang lebih kecil dan tebal. Selanjutnya untuk proses pembuatannya, pada umumnya cara untuk membuat surabi adalah dengan cara menggnakan tungku daan cetakan dari tanah liat, alat tersebut masih tradisional. Bahan untuk membuat surabi yaitu tepung beras atau terigu.

13-kuliner-tradisional-surabi-enhai

Makanan Khas Cemilan Serabi dari Bandung

Serabi memiliki kuah atau saus yang dibuat dari gula jawa, dimana gula inilah sesuai sekali dengan cita rasa yang ada di Indonesia. Kinca merupakan kuah yang dibuat dari campuran gula jawa dan santan kelapa. Serabi Bandung dan Serabi Solo merupakan kue yang terkenal di Indonesia. Bahan dari kedua serabi tersebut memiliki perbedaan dari segi bahan sampai cara menyajikannya pun juga berbeda. Bahan untuk membuat Surabi Enhaii Bandung adalah tepung terigu.

Sedangkan serabi Solo memakai bahan dari tepung beras. Pada umumnya, serabi Bandung disajikan dengan kuah dari gula jawa dan santan. Sementara untuk, serabi Solo biasanya menambahkan santan ketika proses membuat masih berlangsung. Bukan di tanah jawa saja, surabi juga dapat ditemukan di daerah minang dan betawi. Serabi betawi juga disebut kue “ape” yang cenderung hampir sama dengan serabi Solo yang teksturnya lembut.

baca juga aneka-kuliner-resto-masakan-sunda-boemi-mitoha-bandung/

Di Medan juga banyak dijumpai serabi minang. Kuah durian paling favorit yang sering dicari, karena bahannya special dengan menggunakan kah dasar dari campuran gula dan beberapa macam buah.  Semakin banyak orang yang mengenal makanan serabi, itu membuat orang yang menjual kue seabi mempunyai cara untuk menari perhatian dengan cara yang berbagai bentuk. Ada yang rasanya original, yaitu serabi disajikan dengan kuah kinca tanpa toping ataupun dengan oncom.

Makanan Tradisional Surabi Enhaii Bandung Selain itu, biar lebih menarik lagi biasanya Surabi Enhaii Bandung ini ditambahkan pula dengan menggunakan toping yang bervariasi. Toping yang kerap dipakai itu meliputi keju, pisang, coklat dan sosis. Pada tahun 2009 pertama kali Soerabi Bandung Enhaii di buka dan didirikan oleh Yasmar dan Andri di daerah Padang, Sumatera barat dengan membuat konsep seperti restoran keluarga, kedua orang tersebut adalah pengusaha.

Memulai dari keinginan yang kuat untuk mempunyai usaha dengan rencana yang menjanjikan untuk jangka panjang maka yang dipilih dengan bisnis makanan. Dengan serabi Bandung sebagai makanan ringan yang bisa di makan kapanpun saat pagi, siang maupun malam dan banyak juga dari kalangan anak muda dan orang tua juga sangat suka. Makanya kedua pengusaha tersebut memilih bisnis serabi Bandung karena perkembangannya yang sangat pesat.

Sementara untuk asal muasal dari nama untuk makanan Serabi Enhaii Bandung itu sendiri sebenarnya tidak mempunyai makna khusus. Hanya saja nama tersebut diambil dari tanah pasundan NHI Bandung yang menjadi titik awal mulanya serabi itu bekembang. Nah, dari sinilah, untuk mempermudah pengenalann serabi khas sunda kepada masyarakat umum, di buat dengan menggunakan nama yang dianggap tepat yaitu Serabi Enhaii Bandung.

Makanan Tradisional Surabi Enhaii Bandung

Beberapa lama berjalannya waktu, para penggemar mempunyai pendapat sendiri atas nama Enhaii yaiu “enak auhai”. Agar biar menarik dibuatlah logo, dan logonya itu dibuat sederhana yang menggambarkan seorang koki menghidangkan makanan yang siap untuk para pelanggan. Seiring berjalannya waktu dalam 3 tahun, Serabi Enhaii Bandung sudah berkembang sangat pesatdan memiliki beberapa cabang. Lokasinya yaitu berada di daerah Padang dan 3 cabang lainnya di Palembang, Riau dab Jakarta.

Jenis Topping Yang Tersedia Di Enhaii Bandung

Ada 40 jenis toping untuk serabi Enhaii Bandung. Dngan yang traisional menggunakan gula jawaoklat durian dan juga sampai ada yang menggunakan ayam. Menu yang digemari para pelanggan adalah serabi kuah yang rasanya durian. Yang paling special adalah durian dan mayo yang dibuat sendiri. Serabi Enhaii Bandung juga disediakan 2 macam mayo, ada yang manis dan pedas. Selain beberapa macam serabi, di tempat ini juga mentyediakan beberapa masakan dari Cina, Indonesia dan Luar Negeri.

Disini ada menu yang bermacam-macam, untuk harga yang terjangkau dan tempatnya yang nyaman menjadikan suasana dan tempat seperti ini sangat digemari oleh masyarakat sebagai pilihan untuk makan ditempat ini. Untuk lebih lengkapnya, silahkan datang ke tempat Surabi Enhaii Bandung ini, yaitu  di Jl Setiabudhi No 137 tepat di depan kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung STB, dimana kata ini dulunya dikenal dengan sebutan dari National Hotel Institute alias NHI. Makanan Tradisional Surabi Enhaii Bandung

Dimana cukup dengan mengunjungi tempat Surabi Enhaii Bandung inilah yang nantinya akan membuat Anda bisa merasakan nikmatinya masakan khas kuliner tradisional Bandung disaat ini juga. (Baca juga: Kuliner Sambil Berwisata Alam di Rumah Makan Miring Dago Bandung)