Kita tahu bahwa peradaban Tiongkok sudah ada sejar ribuan tahun yang lalu bahkan sebelum masehi. Peradaban yang panjang membuat negeri ini juga kaya akan sejarah dan juga memiliki teknologi yang sangat maju bahkan sejak dulu. Hal ini terutama dapat terlihat dari bangunan-bangunan dan arsitektur yang masih ada sampai saat ini.

Peradaban dan teknologi yang maju juga menandakan bahwa suatu negeri telah memiliki kemajuan yang sangat pesat dalam ilmu pengetahuan. Tidak terkecuali dalam hal ini adalah Tiongkok. Bahkan kita juga mungkin familiar dengan ungkapan “tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”.

Ungkapan yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu tersebut tidak akan muncul tanpa kontribusi besar Tiongkok dalam ilmu pengetahuan. Misalnya saja kita tahu bahwa Tiongkok adalah negeri yang pertama kali memperkenalkan dan memproduksi kertas sebagai alat tulis.

Selain itu, banyak filsuf-filsuf Tiongkok yang juga sangat dikenal dunia sampai saat ini. Filsuf-filsuf tersebut bahkan sudah hidup sejak zaman sebelum masehi. Misalnya saja Kong Hu Cu, Mengzi dan Zhuangzi serta masih banyak lagi.

Bukti-bukti ini menunjukkan bahwa peradaban Tiongkok memang sudah maju dan memiliki kontribusi besar sejak lama. Hal inilah yang patut kita pelajari sebagai orang yang hidup di masa kini. Bahkan jika dibutuhkan memang seharusnya kita perlu menuntut ilmu sampai ke negeri China.

Karena hanya dengan datang ke negeri tersebut secara langsung cara kita melihat peninggalan peradaban yang ditinggalkan oleh Tiongkok kuno. Khususnya peninggalan-peninggalan yang berupa benda seperti rumah, benteng, tata kota dan lain sebagainya.

Peninggalan-peninggalan tersebut terutama yang masih kokoh berdiri tentu saat ini akan menjadi obyek wisata yang dapat dikunjungi secara bebas oleh orang-orang saat ini. Sehingga hal tersebut lebih memudahkan kita tentunya.

Kita tidak perlu mengurus izin ataupun meminta persetujuan apapun untuk mengunjungi tempat yang telah dibuka secara bebas untuk wisatawan tersebut. Cukup ikuti prosedur sebagai wisatawan saja.

Berwisata di Peninggalan Sejarah Tiongkok

Obyek-obyek wisata berupa peninggalan sejarah yang dapat kita kunjungi antara lain yang paling fenomenal adalah tembok besar China, Suzhou Garden, Honghe Hani Rice Terraces, Terracotta Army, Forbidden City, dan juga Potala Palace.

Suzhou Garden merupakan taman sejarah yang paling penting di dunia sehingga saat ini taman tersebut telah terdaftar di UNESCO World Heritage Site.

Taman ini telah berdiri sejak abad ke-11 di Suzhou, Provinsi Jiangsu. Taman ini ditata sedemikian rupa dengan berbagai macam ornamen, seperti sebuah kolam yang penuh dengan ikan koi, dan bangunan-bangunan yang menarik.

Terdapat pula sebuah bukit buatan manusia, dan juga hamparan pohon peach yang semakin memperindah taman tersebut. Di taman ini terdapat sebuah jalur yang tertutup oleh dinding berukiran berbagai karakter China kuno.

Sebenarnya di Suzhou terdapat banyak taman klasik dan salah satu yang paling terkenal adalah Humble Administrator’s Garden.

Kemudian, peninggalan sejarah lain yang tak kalah penting bagi masyarakat Tiongkok adalah peninggalan berupa teknologi pertanian yang masih dipertahankan dan juga masih memberikan manfaat sampai saat ini. Yaitu Honghe Hani Rice Terraces.

Honghe Hani Rice Terraces adalah teras sawah yang menggunakan sistem Hani. Teras sawah ini sudah ada sejak sekitar 1000 tahun lalu. Berada di Prefektur Honghe, Yuanyang County, Yunnan, China dulunya sawah ini adalah merupakan bukit tandus, namun diubah oleh orang-orang Habi sehingga menjadi sawah yang hijau dan menawan.

Orang-orang Hani menyimpan air di puncak bukit kemudian mengalirkan air tersebut ke teras-teras sawah sebagai irigasi, sehingga setiap sudut tanah tandus ini mendapatkan akses air yang merata.

Honghe Hani Rice Terraces mungkin hanya satu-satunya sawah yang terdaftar sebagai UNESCO World Heritage Site.

Setelah dari Provinsi Yunnan, kita beralih ke Xian yang terkenal dengan penemuan situs Arkeologi paling menggemparkan dunia yaitu Terracotta Army, bahkan situs ini telah dinobatkan sebagai Warisan Budaya Dunia.

Tentara terracotta merupakan koleksi patung terracotta yang menggambarkan keperkasaan dan banyakanya tentara Qin Shi Huang, Kaisar pertama dari China. Patung-patung ini sudah tertanam di dalam tanah selama sekitar 2000 tahun sampai akhirnya ditemukan oleh petani pada tahun 1974.

Kemudian, peninggalan sejarah lainnya yang dapat kita saksikan hanya di Tiongkok adalah Forbidden city di Beijing.

Tempat ini dulunya adalah kawasan istana yang hanya dikunjungi oleh orang-orang tertentu. Masyarakat biasa tidak diizinkan untuk memasuki istana ini.

Istana ini merupakan gambaran dari kualitas arsitektur China masa lampau yang telah menunjukkan betapa majunya bangsa ini sejak ribuan tahun yang lalu.

Istana ini terdiri dari 8000 kamar lebih dengan bangunan yang beratap emas dengan warna cat merah dan kuning sebagai warna dominan. Kota terlarang ini merupakan istana kekaisaran dari Dinasti Ming dan Qing, yang telah dihuni oleh 24 kaisar selama kurun waktu 540 M – 1911 M.

Selanjutnya, peninggalan yang mungkin sudah kita kenal dan bahkan mungkin paling familiar adalah Tembok Besar China. Bangunan yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia ini merupakan sebuah benteng yang membentang sejauh 5.000 KM dari provinsi Gansu di barat sampai ke Shanhaiguan di Laut Bohai di Timur.

Kabanyakan wisatawan akan mengakses tembok besar China dari Beijing karena aksesnya jauh lebih mudah dan lebih terintegrasi serta telah diawetkan. Sehingga, lebih aman dan kita bisa masuk ke tembok tersebut.

Nah, sudah kebayang kan apa yang akan kita dapatkan jika kita memilih Tiongkok sebagai tujuan wisata? Banyak destinasi wisata peninggalan sejarah yang bahkan sudah diakui dunia. Tidak hanya meninggalkan wujud bendanya saja tetapi juga dapat dijadikan sebagai tambahan wawasan ilmu pengetahuan, terutama terkait dengan sejarah dan arkeologi.

baca juga

Belajar Bahasa Mandarin di Lister.co.id

Namun sebelum itu alangkah lebih baiknya mempersiapkan diri kita secara matang sebelum pergi travelling ke Tiongkok.

Persiapan terpenting dari sebuah perjalanan melintasi negara dan budaya yang berbeda salah satunya adalah terkait bahasa. Jika kita ingin pergi ke Tiongkok, maka bahasa yang perlu kita siapkan adalah Bahasa Mandarin.

Kita bisa belajar kursus Bahasa Mandarin di salah satu platform digital yang sudah terpercaya dalam memberikan fasilitas belajar Bahasa Mandarin ini. Salah satunya ada Lister.co.id.

Lister.co.id mengerti pentingnya sebuah bahasa dalam berbagai aspek kehidupan kita, terutama kaitannya dalam memenuhi berbagai kebutuhan kita. Sehingga Lister menyediakan berbagai paket kusrsus Bahasa Mandarin yang disesuaikan dengan tujuan kita dalam belajar bahasa tersebut.

Misalnya dalam hal ini adalah tujuan kita untuk travelling dan berwisata di Tiongkok, maka paket yang akan disarankan oleh Lister adalah paket yang memang khusus untuk itu saja. Sehingga kita tidak akan wasting dan wasting money, karena setiap paket juga memiliki harga yang berbeda. Untuk lebih lengkapnya bisa di cek di website Lister.co.id secara langsung ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like