Mempelajari Bahasa asing baru adalah salah satu aktifitas bermanfaat yang bisa dipilih untuk mengisi waktu luang. Salah satu Bahasa yang menarik untuk dipelajari adalah Bahasa Jepang, selain karena huruf-hurufnya yang berbeda dari alfabet biasa, Bahasa Jepang juga memiliki banyak variasi huruf yang bisa dipelajari.

Baru Belajar Bahasa Jepang? Berikut Adalah Beberapa Kosa Kata Penting yang Wajib Dipelajari

Bagi para pemula yang memang benar-benar baru dalam belajar Bahasa Jepang, pasti awalnya mau mulai belajar dari mana. Sebagai permulaan, berikut adalah beberapa kosa kata dasar yang penting untuk dikuasai terlebih dahulu:

Sssttt, kosa kata-kosa kata ini sangat sering digunakan sehari-hari lo!

Perkenalkan diri

Memperkenalkan diri adalah awalan penting yang tidak bisa terlupakan. Perkenalkan diri yang penting adalah memperkenalkan nama lalu bisa disambung dengan kalimat “Senang bertemu Anda”.

Setelah sudah mahir mungkin bisa ditambah dengan mempelajari cara menjelaskan umur, asal, pekerjaan, atau bahkan hobi. Saat bertemu orang baru, hal pertama yang pastinya dilakukan adalah memperkenalkan diri, sehingga kemampuan ini pasti akan berguna.

Jangan lupa juga untuk gunakan Bahasa Jepang yang formal supaya tidak dianggap tidak sopan. Selain itu, perhatikan juga teknik pengucapan supaya tidak menimbulkan miskomunikasi.

Subjek dan kata ganti

Berbagai subjek dan kata ganti merupakan topik pembahasan yang tidak bisa dilewatkan saat belajar tata Bahasa dalam Bahasa Jepang. Bagi para pemula juga penting untuk menguasai topik subjek dan kata ganti ini.

Bisa dimulai dengan membuat daftar kata ganti orang lalu menghapalkannya, jangan lupa pelajari juga contoh penggunaannya dalam kalimat. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan mempelajari berbagai sebutan untuk menyebut berbagai jenis subjek seperti Ayah, Ibu, Paman, Bibi, Kakak laki-laki, Adik perempuan, dll.

Keseluruhan subjek dan kata ganti ini pasti akan berguna dan sering digunakan sehari-hari.

Kalimat sapaan

Kalimat sapaan sehari-hari merupakan yang paling sering digunakan dalam Bahasa Jepang, termasuk di dalamnya adalah kalimat mengucapkan salam dan terima kasih. Anda bisa mulai dengan sapaan sederhana seperti halo, selamat malam, selamat tidur, maaf, terima kasih, dan selamat tinggal.

Penting juga untuk diingat bahwa kalimat dalam Bahasa Jepang memiliki versi formal dan non-formal. Selain itu dalam satu kata biasanya ada beberapa variasi seperti sampai jumpa lagi, sampai jumpa besok, atau sampai jumpa minggu depan yang memiliki kosa kata yang berbeda.

Berbagai jenis kalimat sapaan ini akan sangat berguna digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga mungkin belajar kalimat sapaan ini bisa dijadikan langkah awal dalam mempelajari Bahasa Jepang.

Angka dan Waktu

Kosa kata selanjutnya yang penting untuk dipelajari adalah berbagai sebutan angka dan waktu. Selain itu, masukkan juga teknik penyebutan nominal uang atau harga dalam rencana belajar anda.

Menyebutkan jumlah uang dalam Bahasa Jepang adalah skill dasar yang penting untuk dikuasai terutama bagi orang asing. Selain itu teknik penyebutan jam, termasuk menit dan detik, juga penting untuk dipelajari.

Anda bisa mulai dengan menghapalkan bilangan Bahasa Jepang dari satu sampai sepuluh, lalu lanjut lagi jika sudah menguasainya. Untuk pembelajaran lanjutan bisa juga mulai mempelajari penyebutan angka pecahan dan desimal ataupun penyebutan tanggal, hari, bulan, dan tahun dalam Bahasa Jepang.

Nama makanan dan minuman

Jangan salah, nama-nama makanan juga merupakan skill yang penting untuk dikuasai saat belajar Bahasa Jepang. Kemampuan ini akan berguna saat memesan makanan di rumah makan, saat belanja di supermarket, ataupun saat menanyakan sesuatu pada penjual di pasar.

Untuk kemampuan ini, anda bisa belajar dengan praktek langsung pergi ke tempatnya, misalnya ke restoran Jepang. Di sana anda bisa mempelajari langsung nama-nama makanan dan minuman beserta penulisannya dalam Bahasa Jepang.

Setelah menguasai beberapa jenis makanan dan minuman, bisa dilanjutkan dengan menghapalkan nama-nama sayur, buah, atau ikan dalam Bahasa Jepang. Kemampuan ini bisa digunakan untuk menambah perbendaharaan kata dan juga tentunya sangat praktis untuk digunakan sehari-hari.

Cuaca dan Musim

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki empat musim, berbeda dengan di Indonesia, sehingga penting untuk menguasai penyebutan berbagai cuaca dan musim dalam Bahasa Jepang. Ini tidak akan terlalu sulit karena kata yang harus dihapalkan tidak terlalu banyak.

Anda bisa mulai dengan penyebutan empat musim, musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Lalu bisa dilanjutkan dengan berbagai istilah cuaca seperti panas, berawan atau mendung, berangin, dan hujan.

Pengetahuan seputar cuaca dan musim ini juga dapat sangat berguna untuk memulai pembicaraan dengan orang Jepang. Orang biasanya akan membuka pembicaraan dengan perkataan basa-basi seperti membahas cuaca dan mengatakan kalimat seperti, “Wah, hari ini panas ya”, dsb.

Nama barang

Mengenal berbagai penyebutan barang-barang di sekitar kita akan sangat berguna pada saat berkomunikasi dalam Bahasa Jepang. Bisa dimulai dengan mengenal nama-nama perabot atau alat elektronik di rumah, seperti meja, kursi, kompor, setrika, mesin cuci, dll.

Bisa juga membuat catatan sendiri yang berisi daftar barang-barang di setiap ruangan di rumah, seperti di kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Lebih lanjut lagi, anda bisa menghapalkan penyebutan barang-barang yang sesuai dengan profesi dan keseharian anda.

Misalnya, jika anda seorang atlet, anda bisa mulai menghapalkan beberapa nama barang di sekitar anda seperti sepatu, handuk, bola, dll. Supaya tidak terlalu banyak dan membingungkan, anda bisa memilih beberapa nama-nama barang yang sekiranya memang memiliki kemungkinan untuk digunakan dalam percapakapan sehari-hari.

baca juga

Petunjuk arah

Kosa kata seputar petunjuk arah sangat penting, tidak hanya untuk anda yang ingin bertanya arah, tapi juga untuk anda yang sekiranya perlu untuk menjelaskan arah dalam Bahasa Jepang. Sebagai awalan, yang harus dipelajari adalah penyebutan arah dalam Bahasa Jepang seperti belok kanan dan kiri, depan dan belakang, atau putar balik.

Setelahnya anda bisa juga mempelajari nama-nama bangunan atau tempat-tempat penting penunjuk jalan dan juga istilah-istilah dalam dunia transportasi. Beberapa yang perlu dihapalkan adalah nama-nama bangunan besar seperti gedung sekolah, balai kota, atau taman kota.

Supaya bisa lebih tertata dan efektif dalam belajar Bahasa Jepang, sangat disarankan untuk mengikuti kursus bahasa jepang yang sudah terpercaya. Lembaga kursus pastinya sudah memiliki kurikulum pembelajaran yang efktif dan juga tenaga pengajar yang berpengalaman, salah satunya adalah Lister.co.id.

Lister.co.id memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Jepang.

Di Lister.co.id tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like