Salah satu alasan terbanyak orang ingin belajar Bahasa Jepang adalah karena peluang karirnya. Jepang terkenal dengan perkembangan teknologinya yang maju, selain itu banyak juga perusahaan besar asal Jepang yang sudah membangun cabang di Indonesia.

Memiliki kemampuan Bahasa Jepang bisa memberikan nilai tambah yang berarti jika berminat mendaftar di perusahaan Jepang, Karena Bahasa Jepang cukup sulit dipelajari, orang asing yang rela mempelajari Bahasa Jepang sampai mahir biasanya akan dianggap pekerja keras.

Banyak Peluang Kerja Terbuka Setelah Kursus Bahasa Jepang

Kemampuan Bahasa Jepang juga akan banyak digunakan selama di dunia kerja. Karena walaupun bisa menggunakan Bahasa Inggris, kebanyak orang Jepang lebih memilih untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Jepang.

Selain bekerja di kantoran, masih ada banyak peluang kerja yang bisa didapatkan setelah selesai kursus Bahasa Jepang. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Interpreter

Setelah mengantongi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang yang mumpuni, kalian bisa mulai menjajal karir sebagai interpreter. Untuk menjadi seorang interpreter dibutuhkan kemampuan berbahasa Jepang, Inggris, dan Indonesia yang baik.

Jika penerjemah menerjemahkan Bahasa dalam bentuk tulisan, interpreter bertugas menerjemahkan perkataan langsung dari orang, di sinilah pentingnya menguasai minimal dua Bahasa yang akan banyak digunakan. Terkadang interpreter juga diharuskan untuk sekaligus merangkap menjadi penerjemah.

Interpreter biasanya bekerja di perusahaan yang banyak bekerja sama dengan Jepang. Di sana kalian akan diberi tugas menerjemahkan berbagai hal, mulai dari dokumen perjanjian, pembicaraan saat meeting, email, dll.

Karena peluang bekerja sama dengan Jepang sangatlah menggiurkan, belakangan ini semakin banyak perusahaan asal Indonesia dari berbagai industri yang bekerja sama dengan Jepang. Untuk kedepannya pun peluang kerja menjadi interpreter diharapkan akan terus terbuka lebar.

Penerjemah freelance

Jika tidak menjadi interpreter, masih ada juga penerjemah freelance. Penerjemah freelance lebih leluasa dari segi waktu dan tenaga, karena kalian bisa bebas menentukan pekerjaan apa yang akan diambil dan kapan waktunya.

Para penerjemah freelance biasanya banyak yang menawarkan jasanya di dunia online. Tawaran yang datang biasanya beragam, ada yang menerjemahkan dan memberikan subtitle video, menerjemahkan novel, menerjemahkan komik, menerjemahkan artikel, dll.

Satu hal lagi yang membedakan dengan penerjemah resmi adalah dari segi bayarannya. Penerjemah freelance biasanya gajinya tidak menentu karena tergantung project yang dikerjakan, biaya per project pun bisa berbeda-beda tergantung perjanjian.

Pramugari

Untuk menjadi seorang pramugari memang tidak hanya butuh kemampuan berbahasa Jepang saja, tapi kemampuan berbahasa Jepang akan bisa sangat menunjang. Pramugari biasanya diharuskan mampu berbicara lancar dalam Bahasa Inggris, tapi kemampuan berbahasa lain juga akan menjadi nilai tambah, terutama untuk maskapai yang banyak memiliki penerbangan ke Jepang.

Kemampuan Bahasa Jepang akan membantu kalian dalam berkomunikasi dengan para penumpang, baik itu menawarkan bantuan, menanyakan atau mengkonfirmasi sesuatu, ataupun menawarkan promosi terbaru dari maskapai anda.

Tour guide

Jika kalian adalah orang yang suka berkarir di bidang yang berhubungan dengan Bahasa dan travelling , maka tour guide adalah pekerjaan yang tepat. Dunia pariwisata memiliki banyak sekali pilihan pekerjaan yang bisa dipilih, mulai dari tingkat event, perusahaan travel, hotel, dll, atau kalian juga bisa menjadi tour guide mandiri tanpa terkait perusahaan manapun.

Wisatawan asal Jepang banyak yang datang ke Indonesia setiap tahunnya, sehingga peluang menjadi tour guide sangatlah terbuka lebar. Kalian bisa menjadi tour guide yang khusus menangani objek atau daerah wisata tertentu supaya lebih spesifik.

Menjadi tour guide butuh kemampuan berbahasa Jepang yang baik, karena bisa saja dihadapkan dengan banyak pertanyaan sulit dari wisatawan. Wisatawan yang datang dari Jepang pun bisa beragam, ada rombongan anak sekolah, mahasiswa, pekerja kantoran, peneliti, keluarga, hingga pasangan kekasih.

Bidang IT atau ahli teknologi

Pengaruh Jepang di bidang teknologi sudah sangat mendunia, termasuk sampai ke Indonesia. Sehingga tidak heran jika banyak perusahaan sekarang yang dari segi teknologinya banyak didominasi produk ataupun software dari Jepang. Beberapa perusahaan teknologi Indonesia pun banyak yang bekerja sama dengan perusahaan asal Jepang.

Karena alasan inilah banyak perusahaan yang mensyaratkan karyawan bidang IT-nya untuk memiliki kemampuan berbahasa Jepang, selain memiliki kemampuan teknis. Beberapa posisi yang akan sangat diuntungkan dengan kemampuan berbahasa Jepang diantaranya adalah programmer, system analyst, system developer, dll.

Bagian penjualan

Selain di bagian IT, bagian yang biasanya membutuhkan kemampuan berbahasa Jepang adalah bagian penjualan, terutama untuk perusahaan yang banyak melakukan kerjasama impor dan ekspor barang dari dan ke Jepang. Kemampuan berbahasa Jepang akan sangat digunakan dalam berurusan dengan klien dari Jepang, mulai dari mengurusi semua data yang masuk, menjawab telepon, dan kemampuan komunikasi lainnya.

Selain itu, kemampuan berbahasa Jepang juga diperlukan untuk menawarkan produk ataupun mencoba menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Jepang. Karena peluang bisnis di Jepang sangat menggiurkan, ke depannya sepertinya jumlah perusahaan asal Indonesia yang bekerja sama dengan perusahaan Jepang akan semakin bertambah.

Pengajar Bahasa Jepang

Setelah mengikuti kursus Bahasa Jepang tentunya kalian akan mengantongi dua skill untuk menjadi pengajar Bahasa Jepang, yaitu pengalaman belajar Bahasa Jepang dan juga kemampuan berbahasa Jepang. Peluang kerja menjadi pengajar Bahasa Jepang sangat terbuka lebar di Indonesia.

Kalian bisa memilih untuk bergabung dengan lembaga kursus ataupun memilih mengajar secara mandiri. Sekarang ini banyak lembaga kursus yang membuka kursus online, jadi mengajar pun bisa dikerjakan dari rumah.

Jika ingin mengajar secara mandiri, kalian bisa mendaftarkan diri di website belajar Bahasa Jepang yang membuka lowongan pengajar freelance ataupun menawarkan jasa secara mandiri.

Bekerja di kedutaan

Untuk bekerja di kedutaan besar Jepang di Indonesia tentunya membutuhkan kemampuan berbahasa Jepang yang mumpuni. Ada banyak lowongan pekerjaan di berbagai posisi yang tersedia di kedutaan, dan hampir semuanya akan membutuhkan kemampuan berbahasa Jepang, paling tidak tingkat dasar.

Bekerja di kedutaan juga akan membuka peluang kalian untuk pergi ke Jepang, biasanya untuk keperluan pekerjaan.

baca juga

Bekerja di Jepang

Ini juga bisa menjadi salah satu peluang kerja jika kalian ingin mencoba sesuatu yang baru. Untuk bisa bekerja di Jepang, paling tidak dibutuhkan kemampuan Bahasa Jepang yang cukup untuk berkomunikasi pada tingkat profesional.

Banyak perusahaan di Jepang yang membuka peluang untuk mereka yang memiliki kemampuan Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris yang baik, ditambah dengan kemampuan teknis yang diperlukan untuk posisi tertentu. Peluang bekerja di Jepang juga bisa didapatkan jika kalian bekerja di perusahaan Jepang yang membuka cabang di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like