Jajanan Bakso Favorit di Bandung

Categories: Bandung's Culinary

bandungadvertiser.com – Udara Kota Bandung yang sejuk asik ini memang cocoknya ketemu sama makanan yang hangat. Salah satu yang favorite banget di Bandung dan pasti selalu dicari adalah Bakso. Makanan yang selalu ada di setiap moment ini dan tak lekang oleh waktu ini jadi kuliner sedap yang bisa kamu temuin hampir di setiap sudut kota, mulai dari mamang roda di pinggir jalan, kios yang nyempil di sudut jalan, sampai restoran besar. Nah, ini dia beberapa tempat jajan bakso favorit diantara bejibun jajanan bakso d Kota Bandung. So.. when in Bandung, eat Bakso !

Bakso Semar

Bakso Semar

Kamu yang penggemar berat bakso kampung cobain deh Bakso Semar. Kios bakso yang sekarang udah punya banyak cabang di sekitar Bandung ini terk   enal banget dengan bakso tulang rusuk. Pilihannya ada bakso halus, bakso urat, tahu kering, pangsit, lengkap dengan tambahan tulang rusuk dan kuah bakso yang gurih banget. Kalau mau kamu bisa juga loh minta dtambahin tetelah sapi. Satu lagi yang ga boleh ketinggalan adalah sambal khas Bakso Semar. Wah, makin sedap deh. Harga per porsinya mulai dari Rp. 18.000,-.

Lokasi : Jl. Cihampelas No.47 Bandung

Bakso Malang Enggal

Siapa yang belum pernah ke Bakso Malang Enggal ? Wah harus banget nih cobain bakso malang paling favorite di Bandung. Kamu bisa pilih sendiri dan antri ala prasmanan. Kamu bisa coba siomay goreng, bakso goreng, lumpia, bakso kecil, bakso besar, bakso urat, tahu kukus dan siomay kukus. Ga jarang juga loh antriannya ini bisa sampai ke pinggir jalan saking penuhnya. Harganya juga macam-macam dan relatif murah mulai dari Rp.2.500,- aja loh.

Lokasi : Jl. Burangrang No.21 Bandung

Bakso Cuanki Serayu

Cuanki Serayu

Kalau ini adalah tempat favorite buat penggemar bakso kuah dan juga batagor. Cuanki Serayu menyediakan satu porsi bakso kuah yang isinya bakso halus, siomay kukus, tahu putih kukus, tahu goreng, dan keringan. Sedangkan satu satu porsi batagor isinya siomay goreng, tahu goreng dan keringan. Kios ini ga teralu besar jadi dibutlah tempat duduk tambahan di luar kios dan di pinggir jalan, kalau lagi penuh banget mesti sabar antri nih sambil jajan Kue Ape dan Kue Cubit yang ada di sebrang kios bakso. Cuanki Serayu ini juga jadi pilihan asik buat anak-anak mahasiswa dan anak muda lainnya buat kongkow sama teman se-gank. Kalau kesini jangan terlalu sore ya, karena biasanya kalau lewat jam 4 sore udah kehabisan. Harga pee porsi cuanki ini mulai dari Rp. 12.000,-

Lokasi : Jl. Serayu No.2 Bandung

Bakso Mantap Solo

Bakso Suroto

Kios bakso ini sebetulnya lebih dikenal dengan nama Bakso Belakang BIP atau Bakso Suroto, karena dulu letak kios persis di belakang Mall Bandung Indah Plaza dan yang punya namanya Pak Suroto. Tapi sekarang kios ini sudah pindah tempat nih ke tempat yang lebih luas di Jalan Aceh atau ada di sebrang BMC (Bandung Milk Centre) Cafe dan ga jauh dari Masjid Al-Ukhuwah. Ini juga adalah jajanan bakso kampung favorite di Bandung. Hampir setiap hari penuh mulai dari waktu jam makan siang yang kebanyakan orang kantoran sampai sore. Bakso Suroto ini khas dengan kacang atom yang jadi teman makan bakso dan juga sambal yang pedas banget. Wah, ngebayanginnya aja seger banget nih. Harga per porsinya mulai dari Rp. 15.000,-.

Lokasi : Jl. Aceh – Sebrang BMC Cafe

baca juga Yuk, Wisata Religi ke Masjid Keren di Bandung

Bakso Linggar Jati

Tempat makan bakso ini sudah ada sejak lebih dari 60 tahun lalu dan dikelola turun temurun oleh anak cucunya. Awalnya disini hanya menyediakan mie saja, dengan pilihan menu makanan berat lainnya. Karena kebanyakan orang yang datang lebih memilih mie, jadilah tempat ini jadi specialis mie bakso yang mie dan baksonya dibuat sendiri. Favoritnya adalah mie bakso babat yang dibuat dari babat jari dan disajikan dengan sambal tauco. Kamu juga harus cobain es alpukat tumbuk juga nih. Alpukatnya hanya ditumbuk dan ditambah susu kental manis, sirup mocca dan es. Wah seger banget kan.

Lokasi : Jl. Balong Gede Bandung

Mie Bakso Naripan

Mie Bakso Naripan termasuk salah satu tempat makan basko yang masih bertahan dari awal buka di tahun 1965 dan sampai sekarang masih jadi pilihan favorite warga Bandung. Tempat ini terkenal banget dengan mie bakso yamin, yaitu sajian bakso kuah dan mie yang dipisah dengan bumbu manis atau asin. Mie Bakso Naripan juga merupakan bakso yang punya rasa khas dengan resep turun temurun dan diolah sendiri oleh pemiliknya. Selain mie bakso pilihan lainnya ada nasi gorengm pu yung hai dan bubur ayam. Menunya ada dua macam, yaitu yang halal dan non halal. Tapi jangan khawatir, untuk menu non halal ini dipisahkan dengan menu utama.

Lokasi : Jl. Naripan Bandung

Mie Bakso Akung

Bakso Akung

Dinamakan Mie Bakso Akung ga lain dan ga bukan adalah karena pemiliknya adalah Bpk. Akung. Bakso Akung ini udah terkenal ga hanya di Bandung aja taoi juga sampai keluar kota dan pasti jadi salah satu pilihan kuliner wisatawan yang ke Bandung. Menu andalannya adalah Mie Yamien BTPSC, yaitu singkatan dari baso tahu pangsit siomay ceker. Porsinya ini banyak banget loh disajikan di mangkok ukuran jumbo. Untuk dessernya kamu harus coba es durian yang di depan restoran, juga ada jajanan Kue Api dan Kue Cubit. Wah siap-siap kenyang banget nih.

Lokasi : Jl. Lodaya No.123 Bandung

baca juga Pecenongan, Kawasan Kuliner yang Tak Pernah Sepi