Ini Dia Clothing Line Kebanggan Anak Muda Bandung

bandungadvertiser.com – Kota Bandung memang penuh dengan anak muda yang punya jiwa kreativitas tinggi. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya komunitas yang menghasilkan karya-karya yang keren. Salah satunya adalah clothing line. Yap, beberapa tahun terakhir ini nama-nama clothing line banyak banget bermunculan di Bandung, berawal dari komunitas kecil dan akhirnya melejit jadi label besar dan terkenal seantero jagad raya. Seakan belum puas mengembangkan kreatifitasnya, para kreator ini pun mengembangkannya jadi sebuat distro khusus untuk clothing line-nya.

Apa sih bedanya clothing line sama distro ? Buat yang belum tau nih, clothing line adalah sebuah brand yang memproduksi sebuah design fashion. Sedangkan distro kepanjangan dari distribution store atau toko distribusi yaitu menerima titipan barang dari para clothing line untuk dijual. Nah, ini dia 3 clothing line kebanggaan Bandung yang sukses banget mencuri hati anak muda bahkan sampai go internasional.

baca juga Brodo Footwear, Right Place For A Good Leather Shoes

Peter Says Denim, terkenal di kalangan para pecinta band luar negeri.

Awalnya banyak yang bilang kalau Peter Says Denim ini adalah produk jins dari US, Canada atau bahkan Prancis. But hey.. ternyata ini produk lokal dari Bandung loh. Peter Says Denim didirikan oleh seorang Jajaka Bandung bernama Peter Firmansyah di tahun 2008 dimana mulai bermunculan banyak clothing line di kalangan anak muda Bandung. Awalnya tahun 2003, Peter bekerja sebagai pegawai toko di surfing industry yang memproduksi brand Rip Curl, Volcom, Globe dan Rusty. Berbekal pengetahuan dari tempat kerjanya itu dan juga passion yang besar akhirnya Peter berhasil mendirikan Peter Says Denim atau PSD yang menggunakan namanya sendiri.

Petter Says Denim

Media promosi banyak dilakukan melalui social media yang Facebook dan Twitter juga coba-coba endorse beberapa band musik lokal. Hanya butuh waktu 3 tahun saja, Peter Says Denim ini mampu menembus mancanegara alias go international. Sampai sekarang clothing line yang punya produk celana jins, kaos, dan topi ini aktif meng-endorse band musik uar negeri. Sebut aja Silverstein, The Almost, Sky Eats Airplane dan masih banyak lagi pernah pakai brand Peter Says Denim. Walaupun terjadi suatu hal yang kurang menyenangkan pada sang pemilik, Peter Firmansyah, di tahun 2015 lalu, hal ini sama sekali ga mempengaruhi ke-eksis-an PSD yang secara profesional terus berkarya dan membanggakan Indonesia.

Lokasi : Jl. Ciumbuleuit No.109, Bandung / @pettersaysdenimofficial

Ouval Research, hasil kreativitas para skateboarders.

Clothing line ini mulai berdiri di tahun 1997 dan jadi salah satu pelopor munculnya clothing line dan distro di Kota Bandung. Berawal dari ide tiga sekawan, yaitu Trio Rizki, Mazkom, dan Firman yang tergabung dalam komunitas skateboard di Bandung. Ouval Research ini adalah kepanjangan dari Originality for Understanding Viction and Artificial Language, yang maknanya adalah sebuah semangat, spontanitas, kebersamaan, percaya diri, dan jiwa yang menikmati hidup. Walaupun berkesan seperti jiwa pemberontakan di usia remaja, tapi pada akhirnya Ouval ini memberikan nilai positif tentang semangat berkarya para anak muda.

Ouval

Di tahun-tahun awal, Ouval Research hanya memproduksi kaos dan sweater dengan modal patungan dari ketiganya. Koleksi kaos dan sweater print dengan desain unik ala street style khas anak skateboard yang langsung booming jadi kekuatan dari clothing line ini. Semakin banyak peminat dan jiwa kreativitas yang tinggi, maka berkembanglah dari hanya produksi kaos dan sweater jadi segala macam aksesoris, tas, sepatu, bahkan MP3 dan otopet. Mulai membuka toko sendiri di tahun 2003 sampai akhirnya saat ini sudah menyebar di lebih dari 100 distro di seluruh Indonesia. Bahkan Ouval Research pun sudah berkembang ke Singapore dan sampai ke komunitas skateboard di German.

Lokasi : Jl. Sultan Agung No. 3 Bandung / @ouvalresearch

3Second, be ready to feel famous !

Dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama CV. Bi-Ensi Fesyenindo yang berdiri sejak 1997 di Bandung, clothing line bernama 3second ini sukses menjadi trend di kalangan kaula muda Bandung dan booming di akhir tahun 2002. Ga cuma fokus dengan produksi kaos, 3second pun punya koleksi jaket, kemeja, sweater, celana, topi, tas, ikat pinggang, sepatu, dan sandal. Ciri khasnya yang bergaya trendy dan stylist ini dibuat semakin menarik dengan gambar dan tulisan catchy yang unik. Pernah menggandeng Ariel NOAH, Momo GEISHA, sampai musisi luar negeri asal Inggris We Start Partys sebagai brand ambassador, brand ini semakin menunjukkan jati dirinya sebagai salah satu brand lokal yang mampu bersaing di dunia fashion internasional.

3seconds

Selain clothing line 3second, pemiliknya pun mengembangkan “adik-adiknya” yaitu Greenlight dan Moutley. Ketiga brand ini punya konsep yang berbeda dan jadi ciri khasnya masing-masing. 3second yang punya tagline “Feel Famous” siap membuat penggunanya merasa jadi selebriti dengan gaya yang trendy dan stylish. Lalu brand Greenlight yang punya tagline “Never End To Concept” ini bisa masuk kesemua kalangan umur dengan design yang ga kalah ciamik. Sedangkan brand Moutley dengan tagline “Be Spotlight” siap memberikan design yang up to date dan pastinya keren.

www.3second-clothing.com / @its3second

baca juga Berburu Fashion di Factory Outlet Bandung