Hal Unik Ini Bisa Ditemukan di Kota Bandung

bandungadvertiser.com – Jalan-jalan di Kota Bandung memang ga ada bosannya deh. Selain menawarkan wisata kuliner yang ga mungkin dilewatkan dan bermacam tempat wisata yang seru banget, Bandung juga masih menyimpan keseruan dan keunikan lainnya loh. Ini dia beberapa keunikan yang bisa kamu temuin di jalanan Kota Bandung.

Bus “BANDROS”

Bus Bandros atau kepanjangan dari Bandung Tour on Bus saat ini jadi salah satu icon Kota Bandung dan juga jadi wahana wisata yang wajib dicoba. Kamu bisa nikmatin sensasi keliling Kota Bandung dengan menggunakan bus terbuka dengan desain yang futuristik berwarna merah. Hal ini jadi booming dan hits bukan hanya bagi warga Bandung tapi juga bagi semua wisatawan yang datang ke Bandung.

Bus Bandros

Bus Bandros yang sebelumnya dikelola langsung oleh Pemkot Bandung ini sempat diberhentikan sementara terkait kasus kecelakaan di tahun 2015. Tetapi saat ini sudah mulai beroperasi kembali dan dikelola oleh pihak ketiga. Tampilan bus-nya pun sedikit ada perubahan yaitu kalau sebelumnya Bus Bandros terdiri bertingkat dua, sekarang hanya terdiri satu lantai saja dengan pilihan atap terbuk  a atau tertutup.

Bus Bandros sementara ini hanya melayani reservasi group dengan jumlah minimal 20 orang.  Donasi yang dikenakannya adalah Rp.25.000,- per orang. Bus ini akan start dari Taman Cibeunying lalu kemudian akan mengelilingi Kota Bandung sesuai rute yang sudah ditentukan.

Bus Bandros beroperasi hari Senin – Sabtu dan hari Minggu libur. Untuk reservasi bisa melalui telepon di 0227213805 atau 087736081998. Bisa juga melalui email busbandros@gmail.com atau datang langsung ke kantor Bus Banros di Jl. Indramayu No.66 Antapani Bandung. Informasi lengkap mengenai Bus Bandros ini bisa diikuti juga melalui akun twitter @BusBandros

Skywalk Cihampelas

Kalau kamu yang belakangan ini sering lewat Jalan Cihampelas dan ada pembangunan di atas jalan, itu adalah proyek pembuatan Skywalk Cihampelas. Jembatan yang dikhususkan bagi para pejalan kaki dan pedagang kaki lima ini dimulai dari RS Advent sampai Hotel Aston.

Skywalk Cihampelas

Selain dilengkapi hiasan cantik disisi kanan kirinya, di skywalk ini juga ada sekitar 195 lapak kios warna-warni untuk pedagang kali lima. Saat ini sedang dilakukan pemindahan atau relokasi secara bertahap untuk para pedagang kaki lima yang tadinya berjualan di sisi jalan. Skywalk Cihampelas ini bisa mulai dinikmati seutuhnya oleh warga Bandung dan para wisatawan diperkiraan mulai awal bulan Februari 2017 ini.

Dari skywalk selain kita bisa nikmatin jalanan tanpa mobil juga bisa nikmatin pemandangan kota Bandung dan sejuknya udara Bandung yang sejuk. Menurut Walikota Bandung, Pak Ridwan Kamil, proyek skywalk ini adalah salah satu pekerjaan terbaik untuk proyek pemerintah kota yang pernah ada di Indonesia. Wah, jadi ga sabar nih jalan-jalan di Skywalk Cihampelas.

baca juga Tempat Favorit Belanja Barang Murah di Jakarta

Halte Smart Bike Sharing

Kota Bandung masih memendam mimpi untuk jadi Kota Sepeda di Indinesia. Perlan-pelan sepertinya mimpi sudah mulai tampak nyata dengan pembuatan halte untuk penyewaan sepeda atau Halte Smart Bike Sharing.

Halteu Smart Bike

Sebanyak 350 sepeda siap disebarkan ke 30 Halte Smart Bike yang tersebar di beberapa titik Kota Bandung. Walaupun belum beroperasi sempurna, tapi kamu sudah mulai bisa menemukan Halte Smart Bike Sharing ini di sekitar Jalan Riau, Jalan Dipatiukur, Taman Vanda, Jalan Wastukencana, Taman Pramuka dan masih pembangunan di titik lainnya.

Menurut informasi, sepeda-sepeda tersebut yang bisa mulai dinikmati pertengahan tahun 2017 ini nantinya akan disewakan dengan menggunakan “kartu pintar”. Tarif sewa sepeda ini juga murah kok, hanya Rp. 3.000,- saja per jam. Wah jadi ga sabar nih keliling Bandung naik sepeda.

Perpustakaan Mini di Dalam Agkot

Angkot atau angkutan kota yang ada di Kota Bandung ini banyak banget jumlahnya, hampir saingan deh sama jumlah jomblo yang ada di Bandung. Hehe.. Nah, untuk menarik minat masyarakat Bandung untuk naik angkot dan mengurangi tingkat kemacetan karena kendaraan pribadi, Pemerintah Kota Bandung memiliki inisiatif untuk menyediakan perpustakaan mini di dalam angkot.

Ide ini terinspirasi dari salah satu pengemudi angkot jurusan Soreang – Leuwi Panjang yang melengkapi bagian dalam angkotnya dengan rak buku yang berisi beberapa macam buku bacaan dan majalah. Lalu hal ini dikembangkan dan dijadikan salah satu rencana kerja Dinas Perhubungan Kota Bandung bekerjasama dengan Komunitas Rindu Menanti untuk dapat direalisasikan di tahun 2017 ini.

Perpustakaan Angkot

Sebagai pilot project-nya nih, angkot yang akan pertama disulap jadi perpustakaan mini adalah angkot jurusan Margahayu – Ledeng, alasannya karena angkot ini punya trayek yang cukup jauh sehingga penumpangnya bisa dengan santai membaca buku. Jika sukses, emndapat respon yang positif dan juga menarik minat banyak warga, maka fasilitas ini akan diterapkan disemua jurusan angkot di Kota Bandung. Yuk, kita naik angkot!

baca juga Supplier CCTV Bandung