https://www.bandungadvertiser.com – Pandemi nggak menjadi alasan untuk berdiam diri dengan kegiatan yang itu-itu saja selama di rumah. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan bakat, minat, serta potensi diri kita. Misalnya, dengan mencari hobi baru yang menghasilkan, bekerja paruh waktu secara online, hingga belajar bahasa baru.

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang meski sudah banyak digunakan, namun tidak semua bisa menguasai dengan baik.

Bahasa Inggris memiliki empat aspek untuk dikuasai, yakni listening atau mendengarkan, reading atau membaca, speaking atau berkomunikasi dan bercakap, serta kemampuan linguistik yang biasa diuji dengan tes grammar.

Nah, selama di rumah aja, kalian juga bisa kok mengembangkan kemampuan kalian dalam berbahasa Inggris terutama untuk dewasa . Penasaran gimana caranya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Beragam Metode untuk Belajar Bahasa Inggris

Ada beberapa cara simpel dan sangat mudah untuk dilakukan selama berada di rumah aja, untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Antara lain:

1. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Romeo, take me somewhere we can be alone
I’ll be waiting, all there’s left to do is run
You’ll be the Prince, and I’ll be the Princess
It’s a love story, baby, just say, ‘Yes’

Terdengar familiar dengan lirik lagu di atas? Yup, potongan lirik tersebut merupakan milik Taylor Swift yang berjudul Love Story.

Seiring perkembangan teknologi, kini kita bisa mendengarkan lagu siapapun dari manapun. Tidak ada lagi batasan geografis atau batasan waktu, dengan platform streaming musik online, kita bisa mendengarkan lagu dari musisi luar negeri dari dalam kamar kita sendiri.

Spotify, Joox, YouTube Music, Shazam dan berbagai platform streaming musik online bisa kita jadikan sarana belajar bahasa Inggris, loh. Dengan sering mendengarkan lirik lagu berbahasa Inggris, kita bisa menambah banyak kosakata serta melatih pendengaran kita terhadap pelafalan atau spelling dari kata berbahasa Inggris.

Terlebih, kini Spotify sudah disertai dengan fitur lirik yang memudahkan kita dalam mengerti sekaligus belajar bahasa Inggris melalui lagu-lagu yang kita dengarkan. Sembari mendengarkan lagu, kalian bisa juga menulis kata atau kalimat yang sulit untuk dipelajari lebih lanjut nantinya.

Selain mendengarkan musik, kita bisa sekaligus belajar dengan mudah dan menyenangkan.

2. Belajar Bahasa Inggris dari Film

Selain dari musik, kita ternyata juga bisa belajar bahasa Inggris dari film yang kita tonton. Mulai dari bahasa Inggris dengan struktur dan pemilihan kata yang mudah seperti yang ada di film anak-anak keluaran Disney dan Pixar, hingga kata dan kalimat bahasa Inggris dengan tingkat kesulitan yang lebih rumit melalui film-film bergenre action, science fiction, ataupun comedy romantic.

Ada tiga tahap yang bisa kalian lakukan untuk belajar bahasa Inggris melalui film. Tahap pertama, tonton film berbahasa Inggris menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Hal ini membantu kalian dalam mengetahui arti dari kata atau kalimat yang jarang kalian dengar.

Setelah itu, kalian bisa berpindah ke tahap dua. Yakni dengan menonton film berbahasa Inggris menggunakan subtitle berbahasa Inggris. Jika kalian sudah cukup mahir dengan tahap pertama, tahap kedua ini membantu kalian untuk lebih mahir mengerti bahasa Inggris dan menambah kosakata bahasa Inggris kalian.

Tahap kedua ini juga membantu kalian untuk menguasai reading, loh

Tahap terakhir, kalian bisa menonton film berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle. Dengan ini, kalian bisa meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris sekaligus menguji kemahiran kalian dalam mengerti bahasa Inggris.

Kalau kalian sudah bisa mencapai tahap ketiga ini, selamat! Kalian sudah terhitung mahir menguasai bahasa Inggris dengan baik!

baca juga

3. Belajar Bahasa Inggris dengan Game

Nah, untuk kalian para gamers, mulai sekarang ubah pengaturan bahasa permainan kalian menjadi bahasa Inggris.

Selain mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan dari memainkan game online, kalian juga bisa belajar bahasa Inggris dari sini, loh! Bahasa yang digunakan dalam permainan atau game online cenderung lebih mudah dimengerti dan dekat dengan percakapan sehari-hari.

Jadi, selain push rank, kalian juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dari sini.

4. Belajar Bahasa Inggris dari YouTube

Sama seperti belajar bahasa Inggris melalui film, kalian juga bisa loh meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dari aplikasi YouTube. Aplikasi berbagi video ini dilengkapi dengan fitur subtitle dengan berbagai bahasa, mulai bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan beberapa bahasa lainnya.

Kalian dapat menerapkan tiga tahap belajar bahasa Inggris melalui film pada aplikasi YouTube ini. Kelebihan disini, kalian bisa memilih topik apa yang ingin kalian pelajari melalui bahasa Inggris dengan memilih konten yang sesuai.

Misal, untuk menguasai bahasa Inggris dalam masak-memasak, kalian bisa mengintip konten dari chef-chef internasional seperti Gordon Ramsay. Untuk kalian yang ingin menguasai bahasa Inggris dalam bidang menggambar, kalian bisa mengikuti akun konten menggambar. Atau kalian ingin belajar percakapan yang kekinian? Kalian bisa mengintip konten Johnny’s Communication Center di YouTube.

5. Belajar Bahasa Inggris dari Buku

Cara klasik satu ini sudah pasti bisa meningkatkan kemampuan kalian dalam berbahasa Inggris. Baik dalam reading hingga speaking.

Dengan belajar melalui buku berbahasa Inggris, kalian bisa bebas memilih level bahasa Inggris yang sesuai dengan kemampuan kalian. Ada baiknya memilih buku berbahasa Inggris dengan tema yang lebih familiar untuk belajar bahasa Inggris dengan level mudah. Sedangkan untuk belajar bahasa Inggris yang lebih kompleks, kalian bisa memilih buku fiksi klasik hingga buku berisi kumpulan puisi dan sonnet.

6. Belajar Bahasa Inggris melalui Kursus Bahasa Asing

Cara selanjutnya yakni dengan belajar bersama kursus bahasa asing. Dengan banyaknya peminat dan kebutuhan akan penguasaan bahasa Inggris, penyedia jasa kursus bahasa Inggris di Indonesia juga terus meningkat setiap waktunya.

Dengan adanya wabah COVID-19, banyak lembaga kursus bahasa asing yang membanting setir dari kursus bahasa secara offline menjadi online. Dalam prosesnya, terdapat beberapa kendala yang ditemukan karena terbiasa dengan sistem tatap muka di dalam kelas.

Nah, untuk pilihan lainnya, kalian bisa belajar melalui Lister. Apa itu Lister?

Lister adalah salah satu penyedia jasa kursus bahasa asing online di Indonesia. Dengan slogannya One Stop Learning, kalian bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan dari rumah aja. Dengan Lister, kalian akan belajar bersama tutor atau pengajar berkualitas tinggi atau native speaker.

Sistem belajar mengajar di Lister sepenuhnya online melalui zoom meeting. Jadwalnya pun sangat fleksibel dan memudahkan calon muridnya. Lister akan menyesuaikan jam belajar mengajar dengan jadwal kegiatan sehari-hari kalian. Jadi, kalian bisa tetap belajar dan bekerja dengan tenang namun juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cepat bersama Lister.

Terdengar menyenangkan, kan? Untuk informasi lebih lengkap, kalian bisa mengunjungi website resmi Lister, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like