Anda sudah mengetahui bisnis waralaba coffee shop lokal dari ulasan artikel sebelumnya. Informasi tersebut Anda bisa mulai membuat strategi pemasaran yang tepat untuk bisa bersaing dengan para pebisnis waralaba coffee shop yang sudah berpengalaman dan memiliki banyak cabang di mana-mana.

Namun, selain pebisnis waralaba coffee shop lokal, Anda juga perlu mempertimbangkan keberadaan pebisnis franchise coffee shop asing. Ada banyak pebisnis coffee shop asing yang memiliki jaringan kafe atau kedai kopi (coffeehouse chain) yang tersebar di berbagai negara. Salah satunya sudah disebutkan pada awal artikel ulasan bisnis waralaba coffee shop sebelumnya.

Berikut adalah ulasan singkat tentang bisnis jaringan coffee shop asing yang telah menyebar luas di tanah air.

Starbucks

Sebagai pecinta kopi sekaligus generasi millennial yang kekinian, Anda pasti tidak asing dengan coffee shop asal Amerika Serikat ini. Bisnis di bidang kedai kopi yang didirikan oleh Jerry Baldwin, Zev Siegl, dan Gordon Bowker ini telah tersebar hingga ke 61 negara di dunia dengan jumlah outlet terbanyak ada di Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Inggris, dan Cina.

Bisnis coffee shop ini berawal dari jasa pemanggang dan pengecer biji kopi sejak 1971. Kedai kopi Starbucks mulai dibuka pada 1990, sebagai hasil dari keberhasilan bisnis di bidang pemanggangan dan pengecer biji kopi. Untuk membuka kedai di luar Amerika Serikat, Starbucks Corporation berencana membuka cabang hingga 900 outlet sejak 2009.

Di Indonesia, perusahaan Starbucks Corporation ini dioperasikan oleh Mitra Adiperkasa. Menu yang ditawarkan oleh coffee shop yang memiliki lebih dari 200.000 karyawan ini, tidak hanya kopi. Anda bisa menikmati minuman panas dan dingin, salad, sandwich, kue kering, camilan, hingga bisa membeli biji kopi dan merchandise Starbucks.

Caffe Bene

Caffe Bene adalah franchise coffee shop yang berasal dari Korea Selatan yang didirikan pada 2008 oleh Kim Sun Kwon. Caffe Bene kali pertama membuka outlet luar negeri di New York pada 2012 dengan memperkenalkan produk minuman khas Korea Selatan. Setahun setelahnya, yakni pada 2013, Caffe Bene telah mencapai kesuksesan dengan memiliki 1000 gerai.

Dengan perkembangan yang sangat pesat tersebut, Caffe Bene berencana untuk memiliki 10.000 gerai pada 2020. Rencana tersebut perlahan diwujudkan dengan membuat strategi ekspansi di negara-negara dengan peluang pasar yang bagus seperti Cina.

Saat ini, franchise coffee shop milik Caffe Bene sudah menyebar luas, seperti Jepang, Kamboja, Filipina, Kuwait, Qatar, Arab Saudi, Bahrain, dan Indonesia. Jika Anda tertarik dengan franchise coffee shop asal Korea Selatan ini, Anda bisa berkunjung ke gerai mereka yang ada di Jakarta, Tangerang, dan Bandung.

Dunkin’ Donuts

Bagi Anda penggemar makanan pencuci mulut dan pastry, pasti akrab dengan Dunkin’ Donuts. Meski tidak menjadikan kopi sebagai menu utamanya, franchise Dunkin’ Donuts memiliki menu kopi yang digemari banyak orang.

Dunkin Donuts  didirikan oleh William Rosenberg di Quincy, Massachusetts pada 1950. Kini sudah ada 7000 restoran dan kios yang termasuk dalam jaringan franchise coffee shop Dunkin’ Donuts di lebih dari 35 negara.

Café sekaligus coffe shop ini bisa dengan mudah Anda temukan di pusat perbelanjaan hingga di sekitar fasilitas publik di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan banyak lainnya.

J.CO Donuts

Beberapa orang menganggap J.CO Donuts adalah Dunkin Donutsnya Indonesia. Dengan nama J.CO Donuts banyak orang yang tertipu karena menganggap franchise ini sebagai franchise milik asing. Faktanya, J.CO Donuts adalah franchise café yang didirikan oleh Johny Andrean pada Mei 2006.

Sesuai namanya, J.CO Donuts berfokus pada sajian donat. Namun, selain itu, J.CO Donuts juga memiliki menu sajian kopi yang tidak kalah populernya dengan kafe atau kedai kopi di tanah air. Terbukti, dengan banyaknya gerai J.CO Donuts yang tersebar luas di kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, J.CO Donuts menjadi salah satu franchise lokal yang berhasil di melebarkan sayap hingga ke luar Indonesia, yaitu di Malaysia, Filipina, Singapura, dan Tiongkok.

O’Coffee Club

Dari negara tetangga, ada franchise café yang menyediakan sajian kopi sebagai menu andalannya yakni O’Coffee Club atau yang populer dengan sebutan Coffee Club. Franchise safe yang berasal dari Singapura ini didirikan pada 1991.

O’Coffee Club telah membuka cabang di Malaysia dan Indonesia. Mereka menawarkan berbagai menu yang terdiri atas minuman panas dan dingin seperti kopi, teh, jus, smoothies, dan milks shake. Ada juga menu makanan, yaitu western food dan roasted food yang menjadi favorit banyak orang.

Secret Recipe

Franchise coffee shop ini berasal dari negara tetangga terdekat Indonesia yakni Malaysia. Didirikan pada 1997 oleh Tan Sri Dato steven Sim, Secret Recipe telah memiliki outlet di Indonesia, Singapura, Thailand, Brunei, Kamboja, Myanmar, Maladewa, Bangladesh, hingga Cina.

Di Malaysia, franchise cafe yang juga berfokus pada dessert dan makanan fuisine ini menjadi salah satu bisnis waralaba terbesar yang diakui kehalalannya oleh JAKIM (Jabatan Kemajuan Islam Malaysia). Di Indonesia, franchise Secret Recipe bisa Anda temukan di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

Masih ada banyak franchise coffee shop dan franchise café yang sudah meluas hingga ke berbagai negara. Jadi, jangan cepat bersimpulan jika hanya ada enam franchise yang menjadi saingan bisnis coffee shop Anda.

Jika Anda melakukan riset perkembangan bisnis coffee shop, Anda bisa menemukan lebih banyak franchise coffee shop maupun café yang berpotensi untuk menjadi franchise yang besar suatu saat nanti. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui franchise coffee shop dan café yang populer di luar negeri dan kemungkinan bisa masuk ke Indonesia.

Tidak mustahil, jika franchise coffee shop yang sudah diulas pada artikel sebelumnya, menjadi franchise yang setara kuatnya dengan franchise asing. Mengapa? Karena sebelum menjadi bisnis franchise, coffee shop atau café tersebut adalah bisnis perorangan yang dimulai dari lokasi tunggal di sebuah wilayah dan kemudian menyebar karena tingkat popularitasnya.

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan dan mengamati coffee shop lokal yang mulai menjamur seiring dengan meningkatnya popularitas kopi di Indonesia. Meski jumlahnya tidak sebanyak franchise coffee shop, kafe atau kedai kopi lokal lokal tersebut memiliki daya saing yang kuat dan berpotensi menjadi franchise di kemudian hari.

Dengan mengetahui coffee shop yang sedang populer karena digemari oleh para pecinta coffee shop, secara tidak langsung Anda juga bisa mengumpulkan ide untuk mengembangkan konsep coffee shop Anda dan menyusun strategi pemasaran yang tepat agar tidak kalah saing.

Tidak mudah untuk membuka coffee shop, bukan? Namun, bukan berarti Anda tidak memiliki kesempatan untuk berhasil di dunia bisnis coffee shop. Yang terpenting adalah, selalu ingat bahwa segala kesuksesan dimulai dari nol, dipertahankan dengan kerja keras, dan berkembang karena keberanian untuk menghadapi kegagalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like