bandungadvertiser.com  –  Jika selama ini Anda tahu bahwasanya game-game yang keren berasal dari pengembang yang ada di luar negeri, maka Anda wajib menambah pengetahuan tersebut dengan fakta bahwasanya ada cukup banyak game asli Indonesia yang juga dikenal oleh dunia.

Hal ini terjadi berkat bakat serta kreasi para anak muda di tanah air yang akhirnya bisa menciptakan game yang tidak hanya populer di Indonesia saja namun juga ramai dimainkan serta diperbincangkan oleh dunia. Nah, berikut ini adalah informasi mengenai beberapa game asli Indonesia yang berhasil mendunia, antara lain.

5 Nama Game Asli Indonesia yang Mendunia

Target Acquired

Target Acquired yang merupakan buatan dari TouchTen Games adalah game yang mengangkat karakter seorang protagonis bernama Yura Anders. Dalam game tersebut, Yura Anders diberi tugas untuk membasmi kriminal di Kota Nekomipolis yang dipimpin oleh sosok robot berbentuk tikus dan bernama Cammy.

Untuk memainkan Target Acquired ini, pemain hanya perlu menembak dan melompat saja karena karakter utamanya akan secara otomatis berlari. Dengan melompat, Yura bisa menghindari lubang yang ada di jalur yang dia lalui. Sementara untuk menembak, ini akan sangat membantu si karakter utama untuk menyerang musuh.

Ada banyak musuh yang akan ditemui dan harus dikalahkan oleh karakter utama. Pemain juga bisa memperkuat karakter utama ini dengan cara mengupgrade aneka perlengkapan Yura seperti weapon, armor dan lain-lain.

Dalam proses pengembangan Target Acquired ini, pihak TouchTen Games menggandeng Ryo Teruya mantan CEO Square Enix Smileworks dan Manami Matsumae. Kedua orang tersebut adalah orang besar di dunia game Jepang. Selain itu ada pula Eduardo Fabian yang sempat ikut dalam pengembangan Wanted: Weapons of Fate serta beberapa judul game lainnya.

Tahu Bulat

Selanjutnya ada game Tahu Bulat yang merupakan buatan dari Own Games. Game ini mengusung konsep Reality Game, yaitu aktifitas manusia dalam berjual beli di kehidupan sehari-hari. Tahu Bulat akan memberikan tugas kepada pemain untuk mengelola bisnis penjualan tahu bulat dengan manajemen yang sederhana.

Game ini adalah salah satu game yang menghibur dan menyenangkan, dimana setiap kali layar disentuh, maka suara rekaman khas dari penjual tahu bulat akan diperdengarkan. Dengan begini, pembeli akan mulai langsung berdatangan dan setiap hasil penjualannya juga akan ditampilkan di layar bagian atas.

Developer mengaku bahwasanya ide pembuatan game ini berasal dari meme tahu bulat juga yang sempat viral beberapa waktu lalu. Ide yang tak biasa ini kemudian ternyata berhasil mengantarkan Tahu Bulat menjadi yang nomor 1 di Top Free game Google Play Store dan mengalahkan Clash of Clans.

Kepopuleran yang berhasil diraih oleh Tahu Bulat ini kemudian membuat Own Game mengambil langkah baru, dimana developer tersebut menambahkan berbagai update yang menarik salah satunya adalah opsi Bahasa Inggris. Nah, karena hadir dalam Bahasa Inggris, kata Tahu Bulat yang menjadi nama game ini secara otomatis akan berganti juga menjadi Round Tofu.

Lagu yang diperdengarkan liriknya juga sudah diganti menjadi bahasa Inggris. Deskripsi serta teks yang ada di dalam game juga mengalami hal yang sama termasuk mata uangnya juga.

Monster Age

Monster Age juga menjadi salah satu game terbaik Indonesia yang berhasil mengudara di dunia. Game ini dikembangkan oleh Artlogic dan menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih oleh para pecinta game bergenre monster breeding. Konsep permainannya sendiri mirip seperti Pokemon Go, namun Monster Age ini tidak membutuhkan aktifitas yang menguras tenaga dan cocok untuk Anda yang suka berada di dalam rumah.

Game yang dibuat oleh pengembang lokal asal Surabaya ini menceritakan tentang Orchivia yang melakukan petualangan dengan mengumpulkan aneka jenis monster. Dia harus mencari monster terkuat dan harus mengalahkan penjahat yang bernama Rangkagni. Pertarungan yang ada di dalam game ini bisa berjalan secara otomatis sepenuhnya.

Monster Age juga merupakan salah satu game yang cukup murah hati dalam memberikan reward kepada para pemainnya. Ada berbagai kategori reward yang dapat diklaim oleh pemain dengan melalui gift, quest ataupun yang berasal dari level. Gift akan didapatkan oleh pemain yang terus melakukan log ini setiap hari.

Kemudian saat berhasil menyelesaikan suatu misi dalam quest yang telah disediakan, pemain juga akan diberikan imbalan. Misi tersebut cukup bervariasi seperti mencapai level tertentu, mengalahkan monster dan lain-lain. Bahkan dikatakan pula bahwa quest yang muncul juga selalu memperoleh update sehingga para pemainnya tidak akan mengalami yang namanya kehabisan misi.

 

Sage Fushion

Game dari Indonesia yang berhasil mendunia selanjutnya adalah Sage Fusion. Game ini adalah rancangan dari Yohan Alexander dan Yusdi Saliman serta seorang komposer musik yang bernama Tony Sugianto. Rancangan tersebut kemudian dikembangkan oleh Kidalang.

Sage Fushion adalah game yang mengkombinasikan visual novel, adventure dan RPG. Game ini bisa dikatakan sebagai game pertama yang dibesut oleh Kidalang namun sudah sukses menyedot perhatian dunia berkat gameplay-nya yang unik dan plot ceritanya juga bagus.

Sage Fusion ini menceritakan kisah Marlon dan pengawalnya yang bernama Alvonse. Mereka berdua harus menemui klien yang penting di sebuah kota di dunia masa depan. Dari sinilah pemain akan diajak untuk berpetualang dan berkenalan dengan sejumlah elemen cerita.

Game ini dilengkapi dengan background story dan percakapan yang jumlahnya cukup banyak. Dalam percakapannya itu juga terkadang diselipkan humor pintar yang sangat layak untuk Anda ikuti. Sistem navigasi yang ada di dalam Sage Fusion ini memakai sistem zone sehingga daerah yang menjadi latar game dibagi menjadi zona-zona yang lebih kecil.

Kesuksesan Sage Fusion ini telah membuat pihak pengembang merilis penerusnya, yakni Sage Fusion season 2 yang konon katanya berhasil menyabet hadiah utama dari Tizen App Challenge dengan total hadiah sebesar Rp 2,8 milyar.

Not A Simulator for Working (NSFW)

Nah, game terbaik Indonesia terakhir yang akan dibahas kali ini adalah Not A Simulator For Working yang merupakan besutan dari Game Changer Studio, sebuah pengembang game yang berasal dari Tangerang. Game Changer Studio membuat NSFW ini karena terinspirasi dari kebiasaan slacking.

Slacking itu sendiri adalah istilah yang biasa dipakai untuk menyebut kegiatan bermalas-malasan saat jam kerja. Sementara pelakunya sendiri disebut dengan slacker. Banyak yang menilai bahwa game ini sangat menarik dan cukup berbeda dari game simulasi yang lainnya karena sama sekali tidak berkaitan dengan strategi dan manajemen.

NSFW memuat unsur dewasa di dalamnya. Bila Anda tertarik untuk memainkan game ini, Anda akan menjadi seorang slacker yang mempunyai tugas utama untuk mencari hiburan saat jam kantor. Nama yang akan Anda sandang saat menjadi slacker di game ini adalah Stefan Liem. Dia berprofesi sebagai pegawai di sebuah kantor design grafis.

 

baca juga

Daftar 9 Game Xbox One Rilis 2019

Tahu Nggak? 8 Game Ini Dibuat Dari Kejadian Viral di Indonesia!

Bisnis Game Online PC, IOS, HP Android Viral Terbaik 2019 Daftar Gratis

 

NFSW akan menuntut Anda untuk ‘menonton’ video porno disela-sela kerja. Sembari menonton, Anda juga harus berjaga-jaga supaya teman kerja dan bos Anda tidak memergoki Anda saat menonton video tersebut.

Itulah deretan game dari Indonesia yang berhasil mendunia. Selain kelima game tersebut, sebenarnya masih ada beberapa game lain buatan Indonesia yang juga berhasil menyedot perhatian dunia. Jadi, Anda sudah memainkan game yang mana?

2 comments
  1. Sayang Game favoritku, Zombie Legends: Tap & Drag, tidak ada di daftar. Padahal gamenya bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like