Bdgadv – Mungkin bagi sebagian orang belajar bahasa asing kurang begitu menarik. Terlebih bahasa-bahasa yang tidak menjadi bahasa resmi yang wajib dipelajari di sekolah seperti halnya Bahasa Inggris.

Kebanyakan orang belajar Bahasa Inggris karena mungkin ada kewajiban harus lulus skor kualifikasi tertentu dalam Bahasa Inggris untuk mencapai sesuatu. Karena tidak bisa dipungkiri misalnya hampir semua jenjang pendidikan saat ini mewajibkan Bahasa Inggris.

Bahkan untuk masuk dan keluar universitas juga menjadikan Bahasa Inggris sebagai prasyarat kunci. Sehingga mau tidak mau orang harus belajar bahasa tersebut.

Namun bagaimana dengan bahasa-bahasa asing lainnya, seperti kursus Bahasa Jerman misalnya? Mungkin sebagian orang tidak tertarik bahkan enggan untuk belajar bahasa tersebut.

Meskipun memang jika dilihat dari kenyataan di atas, di Indonesia sendiri Bahasa Jerman kurang begitu populer dikalangan di instansi atau pendidikan formal dibandingkan Bahasa Inggris. Namun ternyata ketika melihat di Eropa, bahkan Bahasa Jerman adalah bahasa yang paling banyak digunakan.

Banyak negara yang bahkan menjadikan Bahasa Jerman sebagai bahasa ibu, bukan hanya sebagai bahasa kedua mereka. Dibandingkan dengan bahasa inggris yang hampir kebanyakan di dunia hanya dijadikan sebagai bahasa kedua, khususnya di negara-negara Eropa.

Hal ini mungkin bisa dijadikan cermin bagi masyarakat kita yang ingin belajar bahasa asing. Meskipun kita tidak bisa menolak bahasa inggris di pendidikan formal kita, namun Bahasa Jerman bisa dijadikan sebagai alasan lain untuk tertarik mempelajari bahasa asing.

Tentu negara-negara Eropa lebih berminat mempelajari dan menggunakan Bahasa Jerman sebagai bahasa ibu mereka bukan tanpa sebab.

Selain karena sebab historis yang panjang tentu juga ada sebab-sebab lain misalnya dalam konteks ekonomi, sosial, politik, teknologi, dan kebudayaan.

Bagi orang Indonesia siapa yang tidak kenal dengan B.J. Habibie yang menjadi pelopor pesawat nasional indonesia dan telah melahirkan banyak penemuan di bidang teknologi yang telah diakui dunia.

Sosok yang dijuluki sebagai Bapak Teknologi dan Kedirgantaraan Indonesia ini sebelumnya pernah menuntut ilmu di Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule (RWTH) Aachen, Jerman Barat, jurusan Konstruksi Pesawat Terbang pada tahun 1955.

B.J. Habibie meraih gelar Doktor-Ingeniur dengan predikat summa-cumlaude di Universitas tersebut. Selain itu, dirinya juga memiliki karir yang panjang dalam konteks teknologi kedirgantaraan di Jerman, yaitu kurang lebih 20 tahun.

Dirinya bahkan juga tercatat pernah menududuki jabatan Wakil Presiden perusahaan penerbangan Messerschmitt Bolkow-Blohm.

Mungkin bagi orang Indonesia khususnya yang sangat concern di bidang teknologi tidak ada yang tidak ingin menjadi seperti mantan Presiden Republik Indonesia ini.

Memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang cemerlang, jaringan yang luas, kontribusi yang besar dan diakui oleh masyarakat dunia, bahkan mencapai puncak karir politik dalam negeri sebagai Presiden pernah dicapai.

Tentu hal ini tidak bisa terlepaskan dengan penguasaannya terhadap bahasa asing, selain Bahasa Inggris beliau juga sangar mahir berbahasa Jerman. Hal ini menjadi suatu kemestian karena dirinya lama berkiprah, belajar dan berkarir di Jerman. Bahkan hampir semua tulisan ilmiahnya ditulis menggunakan Bahasa Jerman.

Tentu disini kita sudah bisa melihat pentingnya Bahasa Jerman. Bahasa yang mampu mengantarkan kita kepada pemahaman yang luas terkait dunia melalui temuan-temuan ilmiah berkaitan dengan teknologi dan berbagai keilmuan lain.

Balajar bahasa Jerman Dengan Lister.co.id

Tentu yang namanya belajar tidak bisa menjanjikan akan langsung bisa mahir dalam penggunaannya, dalam artian bersifat spontan. Semua butuh proses dan perlu berlatih sedikit demi sedikit.

Mungkin sedikit kita perlu tahu asal-usul Bahasa Jerman, sejarahnya seperti apa dan hal-hal lain yang mungkin sifatnya non teknis sebelum beranjak ke hal-hal lain.

Baru kemudian kita bisa mempelajari kosa kata, percakapan, tata bahasa, speaking dan juga listening atapun hal-hal lain yang dirasa penting dalam belajar bahasa tersebut.

Belajar kosa kata sangat penting karena hal ini dalam bahasa apapun adalah sebagai dasar kemampuan bahasa. Tanpa kemampuan ini orang tidak akan menguasai bahasa apapun termasuk Bahasa Jerman.

Penguasaan kosa kata terutama melalui bahasa yang sesuai dengan bahasa ibu kita akan sangat membantu dalam mempelajari Bahasa Jerman. Sebelum nanti ke arah pembelajaran tahap selanjutnya yaitu percakapan.

Percakapan ini dapat dipalajari dengan hal-hal yang sederhana terlebih dahulu misalnya melalui cara berkenalan, membuka percakapan sehari-hari seperti menyapa seseorang, menanyakan kabar, ataupun yang lainnya serta belajar bagaiman cara mencairkan suasana dengan Bahasa Jerman.

Hanya orang-orang yang sudah expert dalam berbahasa Jerman yang terbiasa dan juga sampai bisa membuat suasana menjadi cair. Tentu mencairkan suasana tidak hanya bisa disampaikan dalam segi bahasa lisan namun perlu menguasai bentuk ekspresi dan juga mimik yang sesuai.

Kita tahu bahwa setiap bahasa dan budaya memiliki ekspresi yang berbeda dalam menyampaikan sebuah pesan bahasa. Sehingga menyamakan antara ekspresi dengan bahasa lisan adalah suatu keahlian tersendiri dalam berbahasa. Dan ini tidak mudah.

Nah, sembari kita mempelajari percakapan ini kita bisa mengolah kemampuan bahasa inggris kita dengan berlatih secara intens menggunakan Bahasa Jerman dalam percakapan sehari-hari. Tentu itu perlu keahlian dalam listening dan speaking yang baik.

Semakin intensif kita dalam menggunakan Bahasa Jerman tentu akan membantu kita lebih mudah menguasai Bahasa tersebut.

Kemudian yang tidak kalah penting dalam belajar sebuah bahasa, tidak terkecuali Bahasa Jerman adalah mempelajari gramatika atau tata bahasanya.

Karena selain bisa bercakap-cakap dengan Bahasa Jerman, kita juga perlu memahami cara menulis suatu kosa kata tertentu dalam Bahasa Jerman dan juga cara pengucapannya.

Tentu masing-masing bahasa memiliki kekhasan tersendiri dalam pengucapan setiap hurufnya. Tanpa mengetahui itu kita tidak akan bisa mengucapkan sebuah kata dengan benar dalam Bahasa Jerman.

Ketika kita melihat ulasan di atas mungkin kita akan berpikir bahwa belajar Bahasa Jerman ternyata tidak jauh berbeda dengan belajar Bahasa asing lainnya. Dan kenyataannya memang demikian.

Namun dengan siapa kita akan belajar bahasa tersebut, sementara di sekolah formal kita mungkin sama sekali tidak akan menemukan pelajaran bahasa tersebut?

Nah, kita bisa mempercayakan tugas tersebut ke Lister.co.id. Platform ini bisa membantu kita untuk belajar Bahasa Jerman secara komprehensif meliputi pemahaman kosa kata, percakapan, tata bahasa dan juga speaking dan listening. Semua dalam satu paket pembelajaran.

Tentunya paket yang yang disediakan oleh Lister sangat beragam namun sangat terjangkau dan dijamin akan membuatmu ketagihan dalam belajar Bahasa Jerman.

Tenang saja, Pengajar di Lister sudah sangat terpercaya dan expert dibidangnya. Sehingga kita tidak perlu khawatir akan menghabiskan biaya yang percuma.

Mereka akan membimbing kita sampai kita bisa, yang penting selalu rajin saja dalam mengikuti proses belajar mengajar yang tentunya akan sangat menyenangkan. Ayo buruan bergabung, dan selangkan lebih maju untuk menjadi the next B.J Habibie !.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like