Belanja Asik di Pasar Baru Bandung

Categories: Bandung Tourism

Belanja di Kota Bandung memang ga ada habisnya deh. Banyak pilihan tempat belanja mulai dari mall, factory outlet, distro, sampai pasar. Nah, salah satunya adalah Pasar Baru Bandung. Disini kamu bisa belanja dengan harga yang murah banget dan bisa ditawar. Pasar Baru ini udah lengkap banget dan murah pula, bikin masik belanja kamu makin asik deh. J

Pasar Baru adalah salah satu pasar tertua di Kota Bandung. Berdiri sejak tahun 1842, sebagai pengganti dari Pasar Ciguriang di daerah Kepatihan yang terbakar akibat kerusuhan di tahun tersebut. Awalnya hanya berupa pasar tradisional di sisi Jalan Otto Iskandardinata, lalu kemudian di tahun 1902 mulai didirikan bangunan semi permanen dan mulai disebut sebagai Pasar Baru.

Belanja Asik di Pasar Baru Bandung
Belanja Asik di Pasar Baru Bandung

Beberapa kali dilakukan perombakan dan juga pernah dipindahkan sementara ke daerah Stasiun Bandung, sampai akhirnya di tahun 2001 berdiri bangunan permanen Pasar Baru Trade Centre.

Lokasinya yang strategis di Jalan Otto Iskandardinata bikin Pasar Baru ini jadi destinasi favorite untuk belanja. Akses menuju Pasar Baru juga gampang nih, selain dilewain banyak angkutan umum, pasar ini juga hanya berjarak 10 menit jalan kaki dari Stasiun Bandung.

Karena terkenal dengan harganya yang murah banget, banyak pengunjung dari luar kota bahkan luar negeri, yang kebanyakan warga Malaysia, belanja di Pasar Baru ini. Mereka sengaja datang ke Pasar Baru untuk membeli barang grosiran untuk kemudian dijual lagi di negaranya. Hampir setiap hari banyak bus yang berdatangan dengan rombongan wisatawan dari berbagai daerah. Wah… siap-siap keringetan nih. Hehehe.

Pasar Baru ini terbagi dua bagianm sisi kanan adalah Pasar Baru Trade Centre yang merupakan bangunan utama, dan sisi sebelah kiri adalah Pasar Baru Square dan Hotel yang merupakan bangunan baru.

Pasar Baru Trade Centre

Pasr Baru Trade Centre terdiri dari 7 lantai dan 2 lantai di basement. Ada ratusan kios di dalamnya dengan berbagai macam jenis pakaian jadi, aneka jenis kain, sprei dan bed cover, aksesoris, tas, sepatu dan masih banyak lagi. Biar kamu ga pusing ini dia rinciannya :

Lantai Basement 2 adalah pasar tradisional yang menjual macam-macam sayuran segar, daging dan ikan. Pasar ini buka dari jam 6 pagi sampai sekitar jam 12 siang biasanya sudah pada tutup.

Lantai Basement 1 dan lantai Dasar 1 menjual aneka baju batik mulai dari harga hanya Rp. 35.000,- aja. Lalu ada banyak kios grosir kaos oblong  yang ini biasanya nanti akan didistribusikan lagi ke Distro atau Factory Outlet. Di bagian tengah ada kios yang menjual perlengkapan shalat, kerudung dan leh-oleh Haji yang biasanya bakal penuh banget saat musim Haji. DI bagian sisi ada beberapa kios kosmetik yang harganya lebih murah daripada di mall. Dan di bagian depan banyak berjajar kios yang menjual oleh-oleh khas Bandung, seperti keripik tempe, sale pisang, kerupuk dan masih banyak lagi.

PASAR BARUClick HereSUASANA PASAR BARUClick HereBelanja Asik di Pasar Baru Bandung Click Here

Lantai Dasar 2 dan Lantai 1 adalah kios-kios yang menjual aneka pakaian casual, dari kemeja, jins, baju muslim, mukena, kerudung, beberapa kios tas dan sepatu, bed cover dan selimut. Kisaran harga di lantai ini mulai dari Rp.35.000,- saja. Kamu bisa beli eceran atau beli grosir. Lantai ini yang bisanya super penuh dan padat pengunjung daripada lantai lainnya.

Lantai 2 adalah surganya para pecinta kain. Hampir semua kios di lantai ini menjual aneka macam kain dari kain katun, kain batik, kain brokat untuk bahan kebaya, sampai kain-kain impor dari luar negeri. Kisaran harganya juga bervariasi mulai dari Rp.20.000,- per meternya bahkan sampai ada yang Rp.650.000,- per metermya. Selain kain juga ada kios penjual karpet.

Lantai 3, Lantai 4, dan Lantai 5 penuh dengan kios yang menjual pakaian untuk pria dan wanita bedanya adalah di lantai bagian atas ini pakaian yang dijual adalah dari butik-butik yang sudah cukup terkenal, jadi kisaran harganya pun agak sedikit mahal daripada kios yang dibawah. Model-modelnya pun lebih menarik dan unik khas butik. Selain pakaian casual ada juga kios perlengkapan bayi, baju anak, mainan, handbag dan tas kulit.

Lantai 6 adalah kios tas, koper, sepatu, dan tersedia food court dengan aneka pilihan makanan tradisional dan modern. Udah capek muter-muter bisa istirahan sambil nikmatin Es Campur Oyen atau Mie Kocok enak juga nih.

Lantai 7 adalah lantai paling digunakan untuk lahan parkir dan Masjid. Masjid Pasar Baru cukup luas dan bersih. Lalu yang menarik di Lantai 7 ini adalah pemandangannya yang asik banget karena dari sini kamu bisa lihat landscape kota Bandung. Wiih.. cakep deh!

Baca juga  WISATA EDUKASI YANG COCOK UNTUK SI BUAH HATI

Pasar Baru Square dan  Hotel

Pasar Baru Square ini letaknya ada di sebrang Pasar Baru Trace Centre. Bangunan yang baru diresmikan 2 tahun lalu ini memang masih belum seramai Pasar Baru Trace Centre. Pertokoan ini dibuat lebih modern dan tidak begitu luas. Aneka macam pakaian jadi dan berbagai jenis kain pun ada disini.

Satu hal lagi yang menarik lagi adalah fasilitas hotel persis di lantai atas namanya Pasar Baru Square Hotel. Hotel dengan gaya minimalis modern ini menawarkan fasilitas hotel setaraf bintang tiga. Pelayanan yang ramah, ruangan yang bersih dan nyaman semakin bikin betah deh liburan di Bandung.


Belanja Asik di Pasar Baru Bandung