7 WISATA SUNGAI DI BALI FAVORIT WISATAWAN

Categories: Bali's Update

bandungadvertiser.com-Ada banyak wisata yang dapat anda nikmati selama berada di Bali, salah satunya adalah wisata sungai. Ada beberapa sungai yang menjadi tujuan para wisatawan lokal maupun asing ketika berkunjung di Bali. Berikut ulasan selengkapnya.

 

  1. Sungai Telaga Waja

Salah satu lokasi favorit para wisatawan yang ingin menikmati wisata sungai adalag Sungai Telaga Waja. Berlokasi di daerah Muncan, Karangasem, anda dapat menempuh waktu selama 1,5 jam dari Kuta, Legian, maupun Seminyak untuk menjangkau tempat ini. Telaga Waja memiliki trek sepanjang 16 km yang dapat ditempuh kurang lebih 2,5 jam. Disini, anda dapat melakukan rafting bersama teman-teman seperjalanan dan tentunya akan dipandu oleh seorang profesional rafting. Jadi, tidak perlu khawatir ya! Telaga Waja memiliki air yang jernih, linkungan yang adem, dan air terjun setinggi 5 meter. Terdapat pula pemandangan sawah yang akan menambah sensasi perjalanan anda disini. Disini, anda juga dapat melakukan bungee jumping dan scuba diving. Harga yang ditawarkan yaitu 275 ribu sudah termasuk biaya jemput anda dari hotel.

sungai telaga wajaaa

  1. Sungai Ayung

Berbeda dengan Sungai Telaga Waja, Sungai Ayung memiliki arus yang tidak terlalu deras dan sedikit lebih pendek. Oleh karena itu, Sungai Ayung sedikit lebih aman untuk anak-anak, tapi tetap harus ditemani oleh orang tua ya! Berlokasi di desa Payangan, Ubud, anda bisa menempuh perjalanan selama 1 jam untuk sampai ditempat ini dari bandara Ngurah Rai. Disini, anda dapat melakukan aktivitas rafting. Trek yang ditawarkan sepanjang 13 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sungai Ayung menawarkan udara yang sejuk dan ukiran-ukiran di batu kali yang mencapai ratusan meter. Pastikan anda mengabadikan setiap momen jika melakukan aktivitas disini. Pemandangan yang ditawarkan sungguh sangat mendukung loh! Harga yang ditawarkan sedikit lebih murah dibandingkan dengan Telaga Waja, yakni 200 ribu rupiah.

sungai ayung

  1. Sungai Pakerisan

Ada lagi nih wisata sungai yang berbeda dengan wisata sungai lainnya yang telah disebutkan diatas, yaitu Tubing river. Berbeda dengan rafting yang dapat memuat 4 hingga 5 orang, tubing river justru hanya dapat memuat 1-2 orang saja. Jadi, kesan petualangannya lebih personal. Tubing river dapat dilakukan di Sungai Pakerisan yang berlokasi di daerah Tampaksiring, Gianyar. Disini, anda akan melewati sungai sepanjang 4,5 kilometer dan tentunya waktu yang dibutuhkan cukup singkat dibandingkan jika melakukan rafting. Sambil melakukan aktivitas tubing river, anda akan disuguhkan dengan suasana alam yang tenang dan arus sungai yang tidak terlalu deras. Hmm… Seru banget deh!

pakerisan

 

baca juga 12 BARANG YANG WAJIB DIBAWA KE BALI

 

  1. Sungai Melangit

Sungai lainnya yang juga dimanfaatkan sebagai objek wisata adalah Sungai Melangit. Sungai ini terletak di desa Bakas, Klungkung dan juga menjadi salah satu tempat favorit untuk melakukan rafting. Disini, anda dapat bermain rafting sambil menikmati suasana alam yang tenang dan udara yang sejuk, bebas dari polusi. Hampir sama dengan Sungai Ayung, Sungai Melangit memiliki arus yang tidak deras sehingga aman untuk mengajak anak-anak yang tentu saja tetap harus dapam pantauan orang tua dan bagi pemula. Di akhir aktivitas rafting (ujung sungai), anda akan disuguhkan dengan makanan sambil melihat Gajah yang ada disekitar lingkungan tersebut. Hmmm.. kebayang deh, betapa nikmatnya makanan yang masuk dikerongkongan sehabis melatih otot-otot badan, sambil nikmatin pemandangan alam dengan udara yang sejuk dan tenang. It’s So Nice!

sungai melangit

  1. Sungai Petanu

Lokasi lainnya yang juga dijadikan tempat untuk rafting adalah Sungai Petanu. Disini, anda akan menjumpai banyak bongkahan batu besar disepanjang rute yang akan mengganggu perjalanan rafting anda. Tapi tidak usah risau, anggap saja disitulah sensansi nya ketika melakukan rafting. Pemandangan yang ditawarkan disini juga hampir sama dengan sungai lainnya yang telah disebutkan diatas, yakni air yang jernih, udara segar, dan terdapat pula tebing yang curam.

baca juga LIBURAN ASIK DI GLAMPING LAKESIDE RANCABALI CIWIDEY

  1. Sungai Penet

Ada juga yang disebut dengan Sungai Penet. Disini, para turis lokal maupun asing sering melakukan aktivitas rafting. Udara yang segar dan air yang jernih tentu saja menjadi daya tarik untuk berlama-lama ditempat ini. Meski demikian, Sungai Penet tidak memiliki arus yang sangat deras sehingga sangat cocok bagi anda yang baru pertama kali akan mencoba sensasi duduk di atas boat rafting. Dengan demikian, dipastikan anda akan jauh lebih berani untuk berekspresi tanpa harus panik akan tenggelam karena arus. Adapun nilai plus yang menjadi daya tarik Sungai Penet adalah terdapatnya air terjun disepanjang Sungai Penet dan adanya goa alami. Wow… jangan sampai lewatkan tempat ini, Guys! Untuk Harganya, berkisar 225 ribu rupiah per orang.

  1. Sungai Unda

Satu lagi Sungai di Bali yang menawarkan para wisatawan untuk melakukan aktivitas rafting adalah Sungai Unda. Sungai ini terbilang baru dibuka untuk wisata arung jeram. Lokasinya sangat dekat dengan Sungai Telaga Waja dan telah mendapat perhatian dari pemerintah setempat untuk dijadikan objek wisata. Harga yang ditawarkan juga terbilang masih murah, yaitu 175 ribu per orang.

Bagi anda yang merasa bosan dengan aktivitas di Pantai dan ingin merasakan petualangan yang baru, maka ketujuh wisata sungai ini pastikan masuk dalam list liburan anda selama berada di Bali. Have a Nice Adventure, Guys!